fbpx
Artikel

Wajib Tahu! Inilah 4 Perbedaan Artikel dengan Makalah

Sebaiknya sesegera mungkin Anda tahu apa perbedaan artikel dengan makalah jika memang saat ini masih ada kebingungan dalam membedakan keduanya. Mengetahui perbedaan artikel dengan karya ilmiah tentu saja akan membantu Anda dalam membedakan keduanya. Kedepannya Anda lebih tahu apa yang harus dilakukan ketika Anda disuruh membuat artikel dan apa yang harus dilakukan ketika disuruh menulis makalah.

Keduanya memang berupa tulisan, namun ada perbedaan signifikan dari keduanya. Mulai dari gaya kepenulisan, tujuannya, bagaimana cara menyampaikan informasi, susunan, kepanjangan tulisan, dan masih banyak lagi aspek pembeda keduanya.

Terlebih Untuk Anda yang belum benar-benar mengerti apa sebenarnya artikel dan apa itu makalah. Di pembahasan ini Anda tak hanya akan menemukan info perbedaan artikel dengan makalah saja, melainkan juga definisi dari keduanya.

Pengertian Artikel dan Makalah

Artikel merupakan karangan faktual yang bisa dipublikasikan secara online maupun offline, dengan tujuan untuk menyampaikan suatu gagasan. Artikel bisa dibuat berdasarkan jenisnya dan seharusnya disesuaikan dengan tujuan yang dimiliki oleh penulis. Beberapa jenis artikel yang umum dan biasa dibuat adalah artikel deskripsi, narasi, dan persuasi. Jenis-jenis dari artikel ini memiliki tujuan yang berbeda-beda.

Perbedaan Artikel dengan Makalah
Perbedaan Artikel dengan Makalah dari Segi Pengertian

Sedangkan makalah merupakan tulisan yang berisi permasalahan yang berasal dari hasil studi ilmiah. Makalah akan lebih panjang jika dibandingkan dengan artikel, sebab bahasan di dalamnya harus benar-benar tertata, terstruktur, dan tersistematis. Masalah akan disajikan suatu makalah, kemudian akan diberi analisisnya hingga solusinya. 

Artikel bisa dibuat oleh siapa saja dengan tujuan apa saja. Sedangkan makalah hanya akan dibuat oleh orang tertentu yang memang memiliki inisiatif untuk mewujudkan sebuah tulisan yang sesuai dengan definisi makalah itu sendiri. Pembuatan makalah juga tidak bisa sembarangan, karena makalah seharusnya dibuat untuk mengisi forum ilmiah. 

Perbedaan Artikel dengan Makalah

Memahami apa saja perbedaan artikel dengan makalah akan lebih mudah jika sebelumnya telah dipaparkan sebuah tabel yang berisi perbedaan dari keduanya. Luangkan waktu untuk fokus terhadap beberapa perbedaan artikel dengan makalah di bawah ini, supaya Anda lebih memahami pembahasan selanjutnya. 

ArtikelMakalah
Tidak harus terdiri dari bab per babTerdiri dari bab per bab
Membahas topik atau tema tertentu, namun lebih berfokus pada analisis dan lebih bersifat se informatif mungkinMembahas topik atau tema tertentu
Sistematika penulisan tergantung yang menulis atau membuatSistematikanya telah diatur oleh pihak lain
Isi lebih pendekIsi lebih panjang
Tidak semua informasi harus memiliki sumber, sebab boleh juga diisi opini penulisSemua informasi harus bersumber dari sumber terpercaya atau ilmiah
Tidak ada abstrakAda abstrak
Ada kata kunciTidak ada kata kunci
Tidak memerlukan sampulMemerlukan sampul
Tidak harus disajikan dalam forum ilmiahDisajikan dalam forum ilmiah
Bisa dibuat dengan gaya bahasa formal maupun santaiHarus dibuat dengan gaya bahasa formal
Tabel perbedaan artikel dengan makalah

Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai perbedaan artikel dengan makalah.

1. Panjang Tulisan

Karena makalah harus berisi sebuah masalah dengan analisis dan solusinya, maka bisa dimaklumi bahwa makalah harus lebih panjang daripada artikel. Sedangkan untuk artikel sudah cukup berisi informasi saja atau kesatuan masalah dan solusinya. Apa yang harus dipaparkan pada artikel tidak harus sedetail makalah. 

Dalam makalah harus ada analisis-analisis yang mendukung kredibilitas dari informasi yang diberikan. Sedangkan untuk skala artikel, informasi yang ada di dalamnya bisa bersumber dari sumber yang kredibel juga bisa berisi opini dari penulis. Ini sangat disesuaikan dengan jenis artikel yang akan ditulis. 

2. Sistematika Penulisan

Sistematika kepenulisan pada artikel lebih bebas dibanding sistematika kepenulisan pada makalah. Tetap ada peraturan-peraturan untuk membuat artikel, hanya saja sistematikanya lebih sederhana. Makalah harus dibuat dengan sistematika kepenulisan yang telah ditentukan sebelumnya. Selalu saja sistematika penulisan pada makalah lebih ribet dibanding sistematika penulisan pembuatan artikel. 

Perbedaan Artikel dengan Makalah
Perbedaan Artikel dengan Makalah dari Sistematikanya

Sistematematika kepenulisan pada artikel bisa ditentukan sendiri oleh penulis, bisa juga ditentukan oleh pihak lain. Sedangkan untuk pembuatan makalah, sistematikanya sudah ditentukan oleh pihak lain dan penulis harus menyesuaikannya. 

3. Gaya Bahasa

Gaya bahasa yang digunakan untuk membuat artikel bisa gaya bahasa formal maupun nonformal. Bahkan kebanyakan artikel dibuat dengan gaya bahasa yang santai supaya lebih mudah dalam pendekatannya dengan membaca. Artikel dengan gaya bahasa yang santai juga bisa lebih komunikatif. 

Untuk membuat makalah tidak bisa diaplikasikan gaya bahasa non formal atau yang santai. Dari awal sampai akhir gaya bahasanya harus formal dan dengan EYD yang sesuai. 

4. Apa yang Ada Di Dalamnya

Sebagaimana yang telah ditulis dalam tabel di atas, apa yang ada di dalam artikel biasanya berupa informasi saja atau merupakan suatu masalah dengan solusinya. Untuk tulisan seperti makalah, harus berisi informasi yang sangat detail, mulai dari dasar teori, adanya masalah, analisisnya, bahasannya, dan kemudian solusinya. 

Susunan untuk membuat artikel umumnya hanya pembuka, isi, dan penutup saja. Lain cerita dengan tulisan ilmiah seperti makalah, akan dibutuhkan cover atau sampul di bagian depannya, daftar isi, kata pengantar, pembuka, isi, hasil, pembahasan, kesimpulan, dan lain sebagainya.

Perbedaan Artikel dengan Makalah
Perbedaan Artikel dengan Makalah dari Susunannya

Antara satu makalah dengan makalah lainnya bisa jadi memiliki susunan yang berbeda, sebab terkadang pihak yang membuat penulis harus membuat artikel memiliki kebijakan yang berbeda pula. Namun bisa dipastikan perbedaannya tidak banyak.

Ternyata artikel dan makalah adalah dua jenis tulisan yang sangat berbeda. Perbedaan artikel dengan makalah yang telah dipaparkan di atas sangat mudah untuk dipahami. Jika sudah mengetahui apa saja perbedaan artikel dengan makalah, maka tidak sulit lagi kedepannya untuk membuat salah satunya. (SR)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button