FoodHealthHow To

Atasi Insomnia dengan 8 Vitamin dan Mineral Ini

Gangguan tidur atau insomnia bisa menjadi masalah penting dalam hidup seseorang. Anda bisa saja terjangkit penyakit lebih serius seperti tekanan darah tinggi, tingkat kecemasan tinggi, depresi, dan lain-lain. Ada baiknya Anda mengatur waktu istirahat dengan baik. Jika perlu konsumsi vitamin atasi insomnia serta menerapkan aturan yang mendukung hal lainnya. Berikut selengkapnya.

Daftar Vitamin Atasi Insomnia

Hal-hal umum seperti mematikan lampu kamar, mengurangi konsumsi kafein, dan mematikan ponsel sebelum tidur bisa mengatasi insomnia dengan mudah. Namun selain itu, Anda bisa juga mencoba asupan vitamin atasi insomnia secara rutin berikut:

1. Vitamin A

Siapa yang suka mengkonsumsi buah wortel? Anda wajib tahu bahwa wortel mengandung vitamin atasi insomnia lho! Makanan yang mengandung vitamin A lainnya adalah daging, telur, unggas, dan susu.

Vitamin A akan berperan mengatur fungsi otak, salah satunya adalah mengatur sinyal tidur. Namun, Anda juga tidak boleh mengkonsumsi vitamin A berlebihan hingga menyebabkan overdosis vitamin A yang berpeluang meningkatkan nyeri tulang, sakit kepala dan kerusakan hati.

2. Vitamin B-12

Vitamin atasi insomnia yang wajib Anda konsumsi secara rutin adalah vitamin B-12. Vitamin ini terdapat pada beberapa jenis makanan antara lain telur, kerang, daging unggas, dan susu. Anda juga bisa membeli suplemen yang bisa meningkatkan kualitas tidur di apotek.

Sebaiknya Anda tahu bahwa dosis vitamin B-12 yang bisa meningkatkan kualitas tidur adalah 1,5-3 mg saja per hari. Jadi, jangan sampai mengkonsumsi vitamin B-12 yang berlebihan ya!

3. Vitamin C

Mengkonsumsi asupan buah atau sayur yang mengandung vitamin C untuk menghilangkan masalah insomnia dalam hidup Anda. Selain jeruk, Anda bisa mengkonsumsi buah kiwi yang mengandung antioksidan dan serotonin efektif membantu Anda tidur lebih cepat.

4. Vitamin D

Insomnia memang masalah yang bisa menyebabkan mood dan kebugaran tubuh menjadi terganggu. Anda bisa saja menjadi pribadi yang kurang bersemangat serta malas meningkatkan produktivitas harian. Agar tidak menyebabkan masalah lebih serius, sebaiknya Anda segera mengkonsumsi vitamin atasi insomnia.

Vitamin D merupakan salah satu unsur penting yang bisa membantu Anda mengatasi gangguan tidur. Dapatkan vitamin D dari makanan alami seperti susu, ikan, dan jamur tiram. Pastikan juga Anda merupakan orang yang rajin berolahraga dan mendapatkan asupan sinar matahari yang cukup.

Porsi sinar matahari yang rutin bisa memberikan vitamin D yang baik bagi kesehatan tubuh Anda. Kalau memang Anda tipe orang yang lebih banyak beraktivitas harian di dalam ruangan, bisa membeli suplemen vitamin D di apotek dan toko obat.

5. Zat besi

Tidak hanya vitamin atasi insomnia saja, tubuh membutuhkan asupan mineral untuk meningkatkan kualitas tidur. Anda bisa mencoba mengkonsumsi makanan yang kaya mineral berupa zat besi. Dapatkan zat besi pada sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan lain-lain.

6. Kalium

Mineral yang efektif mengatasi gangguan tidur adalah kalium. Hal ini telah disebutkan dalam penelitian Jurnal Sleep. Anda bisa memasukkan menu makanan yang mengandung kalium untuk atasi insomnia. Kalium sendiri terdapat pada beberapa jenis makanan seperti jamur crimini, ikan salmon, kacang-kacangan, dan sayuran hijau. Nah, sudahkah Anda memasukkan menu makanan sehat setiap hari.

7. Kalsium

Vitamin atasi insomnia, mineral juga aktif membantu Anda menikmati tidur yang berkualitas lho! Salah satu mineral yang bisa mempengaruhi tidur sejak masuk siklus tidur mimpi atau REM adalah kalsium. Sebaiknya Anda mengecek kalsium yang dikonsumsi setiap hari kalau ingin terbebas dari gangguan susah tidur. Kalsium terdapat pada kale, ikan sarden, biji wijen, susu, mustard, dan lain-lain.

8. Omega 3

Sejak dahulu omega 3 merupakan unsur yang memerankan pengaturan tidur seseorang. Kalau Anda ingin memiliki kualitas tidur yang baik, sebaiknya rutin mengkonsumsi ikan yang mengandung omega 3. Pilih daging salmon yang kaya omega 3 untuk tidur lebih berkualitas. Toh, omega 3 sangat baik untuk meningkatkan fungsi otak Anda. Kalau enggan mengkonsumsi ikan, Anda bisa membeli suplemen omega 3 yang ada di apotek.

Apakah Anda masih sering mengalami masalah insomnia setiap hari? Yuk, atur pola makan Anda yang kaya vitamin atasi insomnia! Pilih makanan yang bergizi dengan kandungan vitamin dan mineral tinggi untuk hidup yang lebih sehat. Jangan lupa mengelola stress yang menjadi penyebab insomnia sering melanda. (pam)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close