fbpx
EntertainmentHow ToProductivityTekno

7 Tips Unik Meraih Sukses Jadi Youtuber

7 Tips Unik Meraih Sukses Jadi Youtuber – Dunia entertainment memang sudah sangat berkembang sekarang. Dulu, sarana hiburan hanya berasal dari televisi atau radio saja, tapi seiring perkembangan zaman, kedua benda elektronik itu sudah mulai tidak diminati lagi.

Masyarakat lebih memilih menonton berita atau berbagai konten yang ada di internet, khususnya Youtube. Karena kebiasaan itu, sebuah peluang emas bisa Anda manfaatkan untuk meraih kesuksesan lewat Youtube.

Pernah mendengar atau melihat artis dunia maya seperti Atta Halilintar ataupun Ria Ricis? kedua orang itu memang banyak dikenal karena kesuksesan mereka di Youtube.

Lantas apa yang harus  Anda lakukan agar bisa merajai dunia entertainment lewat youtube? Berikut 7 Tips Unik Meraih Sukses Jadi Youtuber bagi para pemula.

1. Buat Konsep yang Matang Sebelum Memulai

Salah satu tindakan yang paling penting saat Anda ingin terjun ke dunia entertainment lewat Youtube, yaitu memikirkan konsep dari channelnya. Apabila nama channel dan konten tidak sinergis atau bahkan bertolak belakang, terkadang malah membuat para penonton enggan mampir.

Maka memikirkan konsep hingga matang dan mantap sangat penting untuk kesuksesaan Anda menjadi kreator Youtube.

Memilih konten yang menjadi hobi Anda bisa menjadi alternatif terbaik dalam menentukan konsep channel. Saat ini, banyak bertebaran channel gaming  Youtube yang telah sukses mendulang rupiah, karena itu merupakan hobi, dan mereka sudah paham betul dengannya.

Sebaliknya apabila bersikeras menyajikan konten yang tidak menjadi passion Anda, itu malah tidak akan menarik penonton.

2. Buat Channel Yang Unik Dan Khas

Beberapa viewers atau penonton akan kembali kepada channel yang ia rasa nyaman di sana. Maka Anda berkewajiban untuk menciptakan branding terbaik untuk nama serta kontennya. Pemberian nama serta isi konten menjadi ujung tombak kesuksesan menjadi kreator Youtube. Menciptakan ciri khas tersendiri yang berbeda dari lainnya merupakan hal baik untuk channel Anda.

Pemilihan nama channel yang unik juga untuk menghindari terkenanya plagiat. Apabila channel Anda terindikasi plagiat, maka akan berakibat ke pendapatan, bahkan channel yang Anda miliki bisa dibanned.

Dunia entertainment di Youtube memang tidak berbeda jauh dengan yang ada di televisi. Hanya saja, banyak konten menarik setiap harinya dan tidak monoton.

3. Ciptakan Konten Segar Yang Berbeda Dan Unik

Dulu saya pernah melihat sebuah konten prank yang unik, dimana seorang laki-laki menggoda turis perempuan dengan bahasa asing. Pada tahun pertama, video itu hanya mendapatkan penonton ribuan. Tapi setelah viral, viewersnya bisa sampai jutaan.

Unik merupakan unsur penting agar konten Anda bisa menarik penonton datang terus menerus. Konten video yang segar dan berbeda dari lainnya sangat disukai oleh masyarakat, khususnya anak muda masa kini.

Sekarang Anda bahkan tidak perlu mengikuti casting untuk menjadi seorang artis. Cukup mempunyai channel dan memosting konten menarik. Bayaran menjadi Youtuber sukses juga hampir menyaingi para artis, tentu dengan jadwal yang lebih lenggang.

4. Miliki Peralatan Pendukung Terbaik Agar Optimal

Peralatan pendukung seperti kamera terbaik harus Anda miliki tentunya. Ini bertujuan agar video yang Anda dapatkan untuk konten bisa optimal. Semakin tinggi resolusi tangkap kamera, akan lebih baik. Karena para viewers Anda pasti akan nyaman menonton video dengan kualitas yang baik. 

Bahkan, apabila konten Anda masih belum matang, tapi menggunakan kamera yang baik, ini akan membantu mendorong konten untuk lebih menarik.

Lalu, jangan lupakan juga tentang gadget untuk mengedit video Anda. Seperti laptop atau komputer, pilihlah yang support untuk software editing. Karena beberapa aplikasi editing video memerlukan spesifikasi laptop atau komputer yang tinggi. Ini disesuaikan dengan hasil akhirnya.

Bagi Anda yang ingin menjadi Youtuber handal harus mulai melirik dan memahami gadget untuk melakukan editing.

5. Jangan Berpikir Hanya Dengan Satu Jalur

Menjadi Youtuber merupakan sebuah peluang emas yang bisa Anda manfaatkan. Potensi untuk menghasilkan rupiahnya memang tinggi.

Kebanyakan orang berpikir untuk menghasilkan uang dari Youtube hanya lewat adsense saja, padahal masih banyak kemungkinan lainnya. Contohnya saja lewat kerja sama dengan suatu brand, dan Anda memasarkan barangnya.

Bisa juga melalui meet and greet, apabila channel Anda sudah terkenal. Maksud dari meet and greet disini adalah untuk berbagi pengalaman serta tips dari perjalanan Anda nanti saat menjadi Youtuber.

Jadi jangan berpikir keuntungan dari menjadi Youtuber hanya adsense saja. Mulailah berpikir terbuka agar meningkatkan potensi pendapatan Anda.

6. Pantang Menyerah Sebelum Sukses

Terkadang, ada waktunya Anda down, atau gagal menarik viewers. Tapi itu bukan suatu alasan untuk menyerah. Jadikan hal ini sebagai sebuah dorongan agar Anda lebih baik kedepannya.

Bulatkan tekad untuk  meraih kesuksesan. Pada awalnya memang semua akan terasa sulit. Apalagi suatu hal yang belum pernah Anda kerjakan sebelumnya.

Tapi dengan berbagai kegagalan, kesuksesan akan semakin dekat untuk Anda gapai. Tidak mudah menyerah adalah hal penting yang harus Anda terapkan selama menekuni Youtube.

Seperti pepatah mengatakan, berakit-rakit ke hulu berenang-renang kemudian, bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian. Bayangkan kesuksesan didepan mata, maka semua kesulitan akan sirna.

7. Bangun Hubungan dengan Para Kreator Senior Agar Peluang Sukses Jadi Youtuber Semakin Besar

Membangun relasi memang sangat penting. Apalagi anda bisa mendapatkan berbagai keuntungan. Salah satunya bisa mendapatkan masukan kekurangan dan kelebihan yang harus ditambahkan ke dalam konten Anda.

Tentunya, kreator Senior sudah memahami dunia Youtube lebih dalam dari Anda. Untuk itu, mereka pasti mengetahui apa saja yang diperlukan agar video bisa lebih menarik.

Selain itu, juga berhubungan dengan para kreator lain bisa membuka cakrawala tentang konten yang lebih besar bagi Anda. Tentu para viewers atau subscribers Anda akan bosan dengan konten-konten yang sama.

Tapi apabila Anda sering berdiskusi dengan kreator lainnya, maka ide-ide kreatif yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya akan Anda dapatkan.

Dinamika menjadi Youtuber di dunia entertainment memang tidak mudah. Tapi itu bukan berarti tidak mungkin. Sebaliknya, sudah banyak kreator-kreator pemula yang sukses lewat Youtube.

Keadaan zaman sekarang menyebabkan 80%  orang lebih memilih menikmati konten yang ada di internet daripada tv ataupun radio. Kekuatan internet belum bisa dikalahkan untuk saat ini.

Untuk itu, Anda dituntut bisa memanfaatkan keuntungan ini agar dapat meraih kesuksesan. Jangan sampai malah Anda yang tergerus oleh kemajuan teknologi karena menolak memanfaatkannya.

Walaupun saingan menjadi Youtuber sekarang memang terbilang banyak, tapi begitupun penikmatnya kian bertambah setiap harinya. Berdasarkan perkembangan yang terjadi, jumlah kreator dan juga viewers akan selalu lebih banyak penonton.

Bila Anda bandingkan, biaya untuk menjadi seorang artis dengan menjadi youtuber akan sangat berbeda. Belum lagi tidak semua orang yang lulus casting akan langsung bermain film. Tapi, apabila Anda sudah terkenal di Youtube, akan lebih mudah untuk masuk tv.

Sampai sini saja pasti Anda sudah bisa memutuskan lebih menguntungkan yang mana. Itulah 7 Tips Unik Meraih Kesuksesan Menjadi Youtuber yang mungkin bisa Anda gunakan agar Anda bisa menjadi Youtuber terkenal.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close