fbpx
Travel

10 Tips Penting Bepergian Ke Luar Negeri

Ketiba tiba waktu liburan, kebanyakan orang hanya fokus memikirkan kemana mereka akan pergi dan bagaimana mereka bisa sampai ke destinasi tersebut. Namun, untuk memastikan bahwa Anda memiliki perjalanan yang aman dan menyenangkan, harus ada persiapan yang dilakukan sebelumnya.

Berikut ini adalah 10 tips penting yang dapat membantu Anda sebelum bepergian ke luar negeri :

passport-photo

1. Cek Paspor

Yang ini cukup jelas, untuk memasuki negara lain, Anda diharuskan memiliki paspor. Lakukan pengecekan pada paspor Anda, baik itu masa berlaku, ketersediaan halaman stempel, dan juga kondisinya. Buat salinannya untuk berjaga-jaga sewaktu dibutuhkan, disarankan untuk membuat salinan digital dan menyimpannya secara online atau dapat juga disimpan di laptop maupun smartphone Anda, ini merupakan beberapa hal penting yang kadang disepelekan.

passport-stamp

2. Pastikan Memiliki Visa yang Tepat

Selain Paspor, pengurusan visa yang tepat kadang dibutuhkan sebelum tiba di Negara tujuan. Cari tahu terlebih dahulu apa persyaratan visa yang dibutuhkan sebelum keberangkatan, sehingga bisa menyiapkan dokumen yang diperlukan nantinya. Misalnya, negara-negara seperti Kuba memerlukan visa khusus bagi pengunjung yang ingin bepergian ke negara mereka. Visa turis berlaku untuk traveler tunggal hingga 30 hari dan bukti tiket pulang juga harus disediakan.

3. Beritahu Teman dan Keluarga

Sebelum bepergian, memberitahu orang terdekat ke mana Anda akan pergi dapat membantu ketika mengalami kendala dan membutuhkan bantuan mereka. Anda bisa menggunakan media sosial untuk memperbarui lokasi atau bahkan memulai blog khusus yang menceritakan perjalanan Anda, sehingga dapat menjadi sarana untuk berbagi pengalaman.

4. Jangan Gaptek

Mengunjungi negara-negara yang bahasanya tidak mudah dimengerti terlebih karakter huruf yang berbeda dapat membuat Anda terlihat seperti orang kikuk.
Jika Anda tidak mengandalkan kemudahan teknologi yang telah tersedia melalui aplikasi smartphone, tentunya Anda bisa mengalami kesulitan dalam hal-hal sederhana seperti, memesan makanan, membaca penunjuk arah, menerjemahkan percakapan, dan lain-lain.

Untuk memudahkan aktivitas Anda di luar negeri, setidaknya Anda harus bisa menggunakan aplikasi-aplikasi yang dapat membantu saat bepergian.
Salah satu aplikasi tersebut yaitu, Google Translate Camera, berfungsi untuk menerjemahkan secara cepat tulisan yang telihat oleh kamera, cukup arahkan kamera Anda ke menu makanan, papan penunjuk arah, atau tulisan lainnya yang ingin anda terjemahkan.

5. Jangan Menggunakan Tas Pinggang

Copet a.k.a jambret a.k.a begal a.k.a maling tahu apa itu tas pinggang, menggunakan tas pinggang sama halnya dengan Anda meneriakkan “woi, lihat sini, saya turis yang bawa duit banyak” Semakin Anda berpenampilan biasa saja, maka semakin mudah Anda menghindari oknum-oknum nakal. Untuk mencegah copet atau sejenisnya, cobalah lebih peka dan berhati-hati terhadap bawaanmu, bukan malah tampil mencolok.

tas-pinggang

6. Gunakan Kartu Debit / Kredit

Bepergian dengan uang tunai dalam jumlah besar bukanlah ide yang bagus. Kartu debit / kredit bisa menjadi pilihan pembayaran alternatif yang tepat karena lebih praktis untuk digunakan. Pastikan kartu Anda akan berfungsi di luar negeri, jika menggunakan kartu kredit, Anda perlu menginformasikan kepada pihak bank sebelum bepergian. Jika tidak, mereka mungkin akan menonaktifkan kartu Anda ketika digunakan di negara lain.

7. Jangan Menukar Uang di Bandara

Hindari melakukan penukaran uang di bandara. Berdasarkan pengalaman, nilai tukar yang diberikan cenderung tidak sesuai atau akan berbeda jauh dari nilai tukar yang wajar.

8. Sediakan Adaptor yang Tepat untuk Perangkat Elektronik

Negara yang berbeda menggunakan adaptor yang berbeda, tidak ada salahnya untuk membeli adaptor yang tepat terlebih dahulu sebelum berangkat.

9. Verifikasi Asuransi Perjalanan dan Kesehatan Anda

Pastikan asuransi kesehatan Anda mencakup pertanggungan internasional. Jika tidak, diskusikan opsi untuk menambahkan perlindungan jangka pendek hanya selama durasi perjalanan Anda. Asuransi perjalanan akan memberikan perlindungan yang diperlukan saat melakukan klaim refund (pengembalian dana) nantinya, seperti penerbangan yang tertunda, pemesanan yang dibatalkan, dan lain-lain.

10. Bawa Snack

Hindari lapar ketika bepergian, terkadang membawa makanan ringan dapat membantu menahan lapar ketika sedang menunggu penerbangan atau disaat menentukan pilihan tempat makan.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close