ArtikelHow ToLifestyle

Musim Hujan? Berikut Tips Mengatasi Banjir!

Kumkel.com – Banjir salah satu fenomena yang sudah sering terjadi di Indonesia terutama di kisaran DKI Jakarta karena hujan.

Sebenarnnya  bukan hanya di sekitaran DKI Jakarta saja tetapi daerah Jawa dan lainnya juga mengalami banjir meskipun tidak separah kota Jakarta.

Banjir terjadi karena kurangnya media air terserap oleh tumbuhan sehingga bisa terjadi banjir dan tanah longsor. Selain itu, banjir juga sering terjadi akibat penyumbatan air yang ada di sungai – sungai perkotaan.

Biasanya mereka akan membuang sampah kesungai ini juga yang menyebabkan airt meluap.

Bukan hanya di sungai saja sih, tetapi seperti selokan juga salah satu sarana yang sering di gunakan untuk membuang sampah sehingga air tersumbat.

Di pedesaan kecil juga sering terjadi banjir hanya saja media kurang meliput. Akhir – akhr ini di wilayah Pemalang hingga Pekalongan sering terjadi banjir.

Hal ini tak jauh dari dampak masyarakat yang kurang sadar akan membuang sampah dengan benar. Faktanya orang akan lebih menyukai membuag sampah di sungai dan selokan sehingga membuat air meluap kepemukiman warga.

TIPS MENAGTASI BANJIR

Sayangnya jika di pedesaan mungkin tidak se ekstrim di Jakarta karena masih ada pohon untuk menyerap air.

Namun, di wilayah seperti Pekalongan, Banjir sering kali terjadi apalagi saat terjadinya hujan. Bahkan air bisa surut hingga satu minggu dan berbulan – bulan akibatnya jalan lebih tinggi daripada pemukiman warga.

Selain itu, penyebab lainnya karena terjadinya penyumbatan air dari sampah dan limbah.

Kesadaran masyarakat sangat di  butuhkan dalam menangani banjir. Hal ini karena masyarakat sendiri yang sebenarnya memberi sumbangan terbesar untuk terjadinya banjir.

Selain itu, Pemerintah Daerah dan Pemerintah Kota juga harus memfasilitasi pembuangan sampah dan pengelolaan sampah itu sendiri.

Umumnya PEMDA dan PEMKOT hanya memfasilitasi tempat pembuangannya saja tanpa ada solusi untuk mengelola sampah tersebut. Hal ini yang membuat masyarakat bingung mau kemana sampah – sampah tersebut di tiadakan.

Harus ada upaya dari kedua pihak untuk berdiskusi memberikan jalan yang terbaik untuk masalah sampah sehingga tidak menyebabkan banjir.

Upaya Penanggulangan Banjir

Lalu bagaimana jika kita ingin menanggulangi banjir? Banjir ini salah satu fenomena yang sulit untuk di tuntaskan.

Namun, kita sebagai manusia tentunya harus bisa mencegah terjadinya banjir. Berikut ini cara mencegah terjadinya banjir diantaranya :

1. Posisi Rumah Lebih Tinggi Dari Jalan

Banjir ini sangat membahayakan jika sudah masuk ke dalam rumah – rumah warga. Pasalnya banjir akan membawa partikel dari selokan, sampah dan lainnya memenuhi pemukiman warga.

Selain itu, banjir juga bisa mengakibatkan pencemaran penyakit karena bakteri yang di bawa oleh air saat banjir.

Nah untuk menanggulangi terjadinya banjir masuk kedalam rumah. Maka salah satu jalannya adalah dengan anda membuat rumah yang lebih tinggi daripada jalan raya. Model rumah yang naik sebenarnya sudah sering ada tapi kurang di budayakan.

TIPS MENAGTASI BANJIR

Kebanyakan rumah akan seperantara dengan tingginya jalan  raya. Hal ini bisa menyebabkan rumah anda semakin  mudah kemasukan air saat  banjir.

2. Tidak Membuang Sampah Di Perairan

Sebenarnya ini sih yang paling penting, pasalnya membuang sampah di peraiaran hanya akan membuat air tersumbat sehingga menyebabkan banjir.

Biasakan mengolah sampah plastik untu di gunakan kembali. Pasalnya sampah ini paling susah untuk di uraikan sehingga alabgkah lebih baik jika penggunaannya di kurangi lagi.

Namun, jika anda tidak bisa mengurangi sampah plastik tersebut anda bisa membakarnya sehingga plastik akan menjadi partikel uap.

Pastikan jika di bakar juga di tempat yang aman, sehingga tidak terjadi perluasan api. Plastik yangdi bakar harus di pastikan hingga habis tak berabu.

Sampah yang bukan plastik bisa anda pisahkan dan gunakan kembal sebagai pupuk kompos. Hal ini sudah sering di lakukan oleh banyak orang di pedesaan dengan menggunakan sampah makanan sebagai pupuk kompos.

3. Menanam Pohon Didepan Rumah

Di dalam proses fotosintetis tanaman tentu memerlukan air. Nah, saat hujan maka air akan di serap tanaman melalui akar.

TIPS MENAGTASI BANJIR

Namun, bagaimana jika tidak ada tanaman? Nah. Jika halaman depan rumah anda sempit maka anda bisa menggunakan tanaman rumahan untuk di tanam di sekitaran rumah.

Hal ini sedikit mengupayakan agar air bisa di serap oleh tanaman.

Jika anda memiliki pohon di depan rumah maka jangan sekali – kali anda tebang. Jika anda ingin memberikan tampilan yang bagus untuk pohon anda maka pangkas saja ranting yang mati.

Hal ini bisa membuat pohon anda semakin mudah untuk berkembang.

4. Membuat Tanggulan Di Sekitaran Sungai

Hal ini sih sering kita jumpai ya di daerah – daerah perkotaan maupun desa. Namun, jika di sungai anda tidak memiliki tanggulan maka lebih baik diadakan. Jika terdapat tanggulan di belantaran sungai maka saat air naik, tentu meminimalisir terjadinya banjir.

Banjir di sekitaran sungai sering kali terjadi akibat air meluap tanpa adanya tanggulan. Selain itu, disekitaran sungai sudag jarang di temukan tanaman atau pohon.  Maka air akan kebingungan arah kemana dirinya akan diserap.

Oh ya, buat anda yang saat ini masih tinggal di pemukiman sungai mending pindah saja. Pasalnya barangkali sungai meluap dan masuk kerumah anda. Hal ini sering terjadi di pemukiman kota terutaman di Jakarta.

Namun, jika saat ini anda sudah terlanjur terkena banjir maka alangkah lebih baik jika anda bisa menyelamatkan diri dan harta benda.

Tips Saat Terkena Banjir

Nah, selain tips diantas mungkin hanya berguna untuk pencegahan saja. Namun, saat banjir kami juga memiliki tips nih. Berikut ini adalah tips saat anda terkena banjir :

1. Waspada

Banjir ini salah satu bencana yang di awali dari hujan, maka alangkah lebih baik saat hujan anda tidak terlelap tidur. Pasalnya di takutkan saat hujan malah anda tertidur jadi tidak menyadari air sudah masuk ke dalam rumah.

Jika hujan sudah di rasa terlalu deras lebih baik anda waspada, hingga saat air sudah naik keteras. Maka ambil lah beberapa dokumen penting untuk di amankan ke tempat yang lebih tinggi. Dokumen aset lain yang lebih penting mending di amankan terlebih dahulu.

2. Jangan Panik

Jangan panik jika air sudah mulai masuk ke dalam, mending anda naik kepermukaan yang lebih tinggi entah itu masih di lingkup rumah atau tempat yang sudah di sediakan.

Jika banjir sudah lebih dari satu meter lebih baik anda mengungsi ke tempat yang sudah di sediakan oleh tim keamanan. Namun tetap jangan lupa aset selalu di amankan di tempat yang aman ya.

3. Bersihkan Rumah

Saat banjir sudah mulai surut anda langsung bergegas untuk membersihkan rumah. Pasalnuya air banjir tak selamanya air bersih sehingga bisa saja membawa partikel bakteri, belum lagi hewan lainya.

Itu saja beberapa tips yang berguna untuk anda dalam mengatasi banjir semoga bisa bermanfaat. (YM)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close