fbpx
EntertainmentHow To

4 Tips membeli gitar akustik

Tips membeli gitar akustik tentunya sangat dibutuhkan bagi para pemula, karena pemilihan gitar yang tepat akan sangat membantu kamu dalam mempercepat proses belajar bermain gitar.

Gitar akustik sendiri dengan fungsinya sebagai alat musik sebenarnya tidak dibedakan secara khusus antara gitar akustik untuk pemula dengan gitar akustik untuk mereka yang sudah profesional. Namun demikian, ada detail khusus yang terdapat pada gitar yang perlu diperhatikan oleh para pemula karena terkait dengan kemudahan dalam memainkannya.

Berikut tips membeli gitar akustik bagi pembaca Kumkel yang baru belajar bermain gitar, sebagai bahan rujukan sebelum berkunjung ke toko alat-alat musik:

Ukuran Body dan Bahan

Jenis gitar akustik yang cocok untuk pemula sangat bergantung dari ukuran bodynya, karena gitar akustik sendiri memiliki berbagai macam ukuran, mulai dari yang kecil, sedang hingga yang berukuran besar. Body gitar sendiri juga dilengkapi dengan cutaway, yakni lekukan pada body serta leher yang fungsinya selain mempercantik juga membantu gitaris dalam memainkan nada tinggi karena memiliki jangkauan fret yang tinggi.

Sedang untuk bahan pembuat gitar akustik, terdiri atas 3 macam, yakni: all laminated yang keseluruhannya terbuat dari bahan triplek, laminated with solid yang merupakan perpaduan bahan kayu dan triplek, serta all solid yang keseluruhan body gitar terbuat dari bahan kayu.

Gitar akustik untuk pemula sebaiknya memiliki ukuran body yang pas dengan postur gitaris dan dengan cutway yang juga pas saat digunakan. Sedang untuk bahan pembuatnya, sebaiknya dipilih yang all solid, karena bahan yang full kayu meskipun bobotnya sedikit lebih berat, namun suara yang disuguhkannya lebih bagus. Hal ini sangat membantu gitaris pemula yang pada umumnya belum terlalu peka terhadap nada. 

Neck Gitar

Leher gitar atau yang biasa disebut neck adalah sisi yang memanjang lurus yang terdiri atas fret-fret. Jenis gitar akustik yang cocok untuk pemula adalah gitar yang necknya dilengkapi dengan besi penyanggah. Fungsi dari besi penyanggah tersebut selain untuk memperkokoh leher gitar agar tidak mudah bengkok, juga untuk memberi kenyamanan saat dimainkan.

Terkait dengan neck, gitar akustik untuk pemula sebaiknya memiliki leher gitar yang pas saat digenggam oleh gitaris. Jangan memilih neck yang terlalu lebar maupun terlalu sempit, karena kemampuan gerak telapak tangan dan jemari di atas neck masih belum selincah mereka yang profesional.

Fret Gitar

Tips membeli gitar akustik bagi pemula yang lainnya adalah dengan memperhatikan fret gitar. Fret adalah grip di sepanjang neck berupa strip kawat berjajar yang diatur dengan jarak interval tertentu. Pilihlah gitar yang menggunakan fret berbahan stainless steel, sebab selain awet, nada yang dihasilkan juga lebih bagus.

Tuning Peg

Tuning peg adalah alat untuk menyetem atau menyetel nada senar gitar. Karena fungsinya untuk menyetel nada, maka saat membeli harus benar-benar teliti dan harus dicoba, apakah tuning peg tersebut benar-benar berfungsi sebagaimana yang diharapkan. Sebab adakalanya tuning peg ini tidak berfungsi dengan baik, sehingga saat dilakukan penyeteman, sulit sekali untuk memperoleh nada yang diharapkan. 

Jenis gitar akustik yang cocok untuk pemula adalah yang tuning pegnya terbuat dari bahan stainless steel, karena selain tidak mudah berkarat dan mengkilat, juga lebih mudah dipegang dan dioperasikan saat akan melakukan penyeteman.  

Demikian beberapa Tips membeli gitar akustik bagi pembaca Kumkel yang masih pemula guna membantu mempercepat proses belajar bermain gitar. (ak)

 

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close