fbpx
BisnisHow To

Tips Investasi Emas, Bagaimana Memilih Emas?

Investasi emas adalah salah satu cara investasi yang paling aman. Hal ini disebabkan karena melakukan investasi emas tidak akan pernah membuat anda rugi karena nilainya selalu mengikuti angka inflasi. Untuk anda yang ingin tahu layanan investasi emas yang aman untuk dilakukan, berikut ini adalah beberapa informasi menarik yang telah disediakan kumkel.com, mengenai jenis emas serta kelebihan dan kekurangannya, untuk memudahkan bagaimana memilih investasi emas yang cocok untuk anda.

Investasi emas perhiasan

Investasi emas perhiasan adalah salah satu investasi yang paling murah untuk dilakukan. Hal ini disebabkan karena juga beli emas perhiasan memang dapat dengan mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu datang ke toko emas dan membeli perhiasan yang anda inginkan. Keuntungan melakukan investasi emas perhiasan adalah anda bisa menggunakan emas tersebut pada saat proses investasi terutama untuk acara-acara penting. Kekurangannya, ketika anda menjual kembali emas perhiasan anda, anda akan dikenai denda atau potongan harga. Ini adalah kekurangannya. Saat ini sudah ada banyak sekali jenis emas yang memiliki nilai investasi yang tinggi karena jumlah karatnya tinggi, akan tetapi ada juga emas yang memiliki harga yang murah. Oleh karena itu, bagi anda yang ingin melakukan investasi emas tapi memiliki modal yang kecil melakukan investasi emas perhiasan bisa sangat membantu bagi anda.

Investasi emas batang

Selain melakukan investasi emas perhiasan, investasi emas juga bisa dilakukan dengan cara melakukan investasi emas batangan. Investasi emas batangan memiliki banyak keuntungan dibandingkan melakukan investasi emas dengan bentuk perhiasan. Investasi emas memiliki kelebihan dari segi nilai investasinya, untuk melakukan investasi emas anda akan membutuhkan cukup banyak biaya. Karena harganya mahal, maka bentuk dari emas ini lebih kecil sehingga lebih mudah untuk disimpan.

Selain itu, ketika anda akan menjual emas yang sudah anda investasikan, maka anda tidak akan mendapatkan potongan. Nilai dari emas batangan juga sama selalu naik seperti emas perhiasan seusai dengan nilai inflasi. Hal inilah yang menyebabkan banyak orang menyukai jenis investasi ini. Bagi anda yang ingin melakukan investasi emas batangan anda juga bisa melakukannya dengan mudah saat ini. Pasalnya saat ini anda bisa membeli emas batangan untuk di investasi bahkan secara online.

Karena sudah bisa dibeli di mana-mana. Investasi emas juga dapat menjadi makin mudah karena anda bisa membelinya dengan cara buka tabungan emas. Dengan buka tabungan emas ini anda bisa membeli emas dengan cara yang mirip dengan cara mencicilnya sehingga suatu saat anda bisa membeli emas batangan penuh.

Investasi tambang emas

Cara lain untuk melakukan investasi emas adalah dengan berinvestasi pada perusahaan yang melakukan penambahan emas. Salah satu perusahaan penambang emas yang ada di Indonesia adalah perusahaan tambang emas Freeport. Saat ini perusahaan tambang emas Freeport sahamnya adalah sebagian besar milik Indonesia. Hal ini menyebabkan Indonesia memiliki kendali yang cukup baik terhadap tambang emas dan keuntungannya. Ya, ketika anda melakukan investasi emas pada perusahaan tambang emas pasti akan lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan melakukan investasi emas langsung. Akan tetapi meski lebih banyak keuntungannya resikonya juga sama besar. Ya dalam dunia investasi memang ada ilmu bahwa risiko dan juga keuntungan berbanding lurus. Di mana ada keuntungan besar, maka ada resiko besar yang menanti anda.

investasi-emas-bagaimana-memilih-emas

Cara memilih investasi emas

Dari penjelasan diatas, kita sudah bisa melihat mengenai apa saja jenis-jenis investasi emas yang bisa dilakukan dan juga kelebihan serta kekurangannya. Setelah melihat secara langsung kelebihan dan kekurangan macam-macam investasi ini, maka anda bisa memilih dengan lebih mudah bukan? Jika anda ingin investasi emas yang lebih minim resiko, maka melakukan investasi emas batangan atau investasi emas perhiasan akan lebih menguntungkan untuk dilakukan. Tapi cara ini akan membuat anda mendapatkan keuntungan dalam waktu yang lama jika terjadi inflasi. Akan tetapi jika anda ingin keuntungan yang cepat anda bisa melakukan investasi emas langsung ke saham perusahaan tambang emas. Hal ini akan membantu anda mendapatkan return yang cepat dan besar tapi juga membuat anda harus menghadapi risiko.  (pcn)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button