fbpx
Relationship

10 Tips Hubungan Langgeng Bagi Pasangan, Inilah Caranya!

Setiap pasangan di dunia ini pasti mendambakan hubungan langgeng yang kuat dan menguatkan. Hubungan langgeng bisa terjalin dengan berbagai faktor yang mempengaruhi. Ada beberapa tips hubungan langgeng juga yang bisa memberikan pemahaman agar para pasangan bisa saling mawas diri. 

Hubungan yang sudah dijalani merupakan suatu hal yang berharga dan sudah sejatinya dijaga dan dirawat sesama pasangan. Beberapa hal ini bisa menjadikan hubungan pasangan tetap bisa langgeng terutama bagi yang sudah menikah.

1. Tetapkan Visi Misi

Menentukan visi dan misi merupakan kunci awal pasangan dalam menetapkan hal yang sama. Tujuan dari sebuah hubungan adalah tujuan yang sama-sama membangun dan memberikan nilai luhur berumahtangga. Maka saat memulai hubungan lakukan penentuan visi dari sebuah hubungan itu seperti apa. 

Dan tetapkan misi ke depan sehingga dalam melangkah selanjutnya bisa terarah pada visi dan misi. Visi dan misi ini penting bagi pasangan yang sedang menjalin hubungan. Visi merupakan suatu hal yang dituju pada sebuah hubungan. 

Sementara misi lebih merujuk pada tahapan demi tahapan yang dilakukan untuk menuju tujuan tersebut. Sehingga dalam sebuah hubungan, visi dan misi merupakan cara untuk menentukan tujuan dan mencapai tahapan dari tujuan.

2. Utamakan Komunikasi Produktif

Tips hubungan langgeng yang kedua komunikasi produktif merupakan sebuah komunikasi yang dilakukan secara efektif dan efisien. Bukan tingkat seringnya melakukan komunikasi nanum tingkat produktivitas yang dilakukan dalam berkomunikasi. 

Sesama pasangan tentu memiliki ciri khas dalam berkomunikasi, caranya pun berbagai macam. Dalam mengutamakan komunikasi produktif harus memanfaatkan waktu luang sebagai sarana saling bercerita. 

Tidak harus bertatap muka secara langsung bisa via telepon atau chatting. Gunakan moment yang tepat untuk berkomunikasi pada pasangan agar efektif. Misalnya saat pasangan terlihat tenang dan bahagia, maka bisa memulai pembicaraan yang penting.

3. Bangun Tim Yang Solid

Tips hubungan langgeng dengan membangun tim yang solid merupakan suatu hal penting. Sebuah tim dibangun dengan memiliki visi dan misi yang sama dan melakukan secara bersama-sama. Sebuah hubungan layaknya sebuah tim yang dibangun berdasarkan visi dan misi. 

Sehingga kelanggengan akan tetap terjaga, dengan cara kembali pada visi dan misi yang sudah ditentukan. Setiap pasangan tentu memiliki karakter hubungan yang berbeda. Namun, jika dibangun atas dasar tim maka akan terasa lebih baik dan lebih ringan dalam melangkah serta menjalani hidup. 

Layaknya tim dalam sepakbola yang harus menentukan kemenangan dengan fokus pada bola. Maka seseorang yang menjalin hubungan harus bisa fokus pada satu hal dan bersama pasangannya untuk meraih tujuan bersama.

4. Respect Terhadap Pasangan

Bangun respect yang besar terhadap pasangan, berdasarkan penelitian yang dilakukan bahwa wanita lebih banyak berbicara dan ingin selalu di didengar. Sementara pria lebih banyak diam dan langsung bertindak serta tidak mudah menjadi pendengar. 

Hal ini yang perlu dipahami oleh kedua belah pihak, bahwa saling respect akan memberikan efek bahagia terhadap pasangan. Tanyakan terlebih dahulu apakah pasangan butuh didengarkan atau jadilah pendengar yang baik. 

Bagi wanita penting untuk tidak membawa perasaannya dan pahami pasangan prianya saat berdiam diri. Dengan saling respect maka kedua belah pihak tidak akan saling egois justru semakin memahami satu dan lainnya.

5. Konflik Sehat Itu Penting

Setiap pasangan pasti akan terjadi konflik, hal ini tentu wajar. Apalagi menyatukan dua hal berbeda dalam sebuah hubungan merupakan sesuatu yang tidak mudah dilakukan seketika. Butuh waktu untuk mengatasi konflik dan memahami konflik.

Namun, dengan cara yang baik konflik yang sehat ini bisa semakin menewaskan sebuah hubungan. Perbedaan inilah yang biasanya memunculkan konflik pada hubungan, namun jika dikomunikasikan dengan baik. 

Maka konflik akan selesai dengan sendirinya, setiap pasangan perlu memahami satu sama lain. Agar tips hubungan langgeng tetap terjaga selalu. Karena perjalanan hidup masih sangat panjang ke depan dan dibutuhkan pemahaman untuk meredam konflik.

6. Bangun Kepercayaan

Membangun kepercayaan sama halnya dengan membangun benteng kokoh dalam menjalin hubungan. Kepercayaan ini sangat tak ternilai harganya. Setiap pasangan tentu memiliki cara masing-masing dalam menunjukkan kepercayaan pada pasangannya. 

Sebuah nilai luhur dalam hubungan agar tetap awet dan terjaga. Jika kedua pasangan saling percaya maka segala masalah bisa teratasi dengan baik. Kepercayaan ini erat juga kaitannya dengan percaya pada Tuhan yang memberikan segala takdir bagi manusia. 

Seseorang yang sedang menjalin hubungan bisa memulainya dengan mempercayai pasangannya masing-masing. Bahwa semuanya bermuara pada satu kata, kesetiaan. Dengan begitu bahtera hubungan bisa menjadi lebih langgeng selamanya.

7. Beri Ruang Pada Pasangan

Masing-masing individu tentu memiliki ruang untuk bisa menyendiri dengan diri sendiri. Saat memiliki hubungan dengan seseorang apalagi sudah hubungan pernikahan. Maka sejatinya, masing-masing pasangan mampu memberikan ruang. 

Misalnya saja dengan membiarkan pasangannya menikmati hobinya. Berikan me time kepada pasangan agar memiliki waktu yang berkualitas untuk diri sendiri. 

Dengan begitu bisa menjaga kualitas diri dan kewarasan diri. Jangan sampai seseorang bersikap posesif dan memaksakan kehendaknya kepada pasangan. Hal ini akan berakibat tidak langgengnya suatu hubungan.

8. Berdiskusi

Lakukan diskusi dalam berbagai suasana, karena dengan berdiskusi bisa menciptakan tips hubungan langgeng. Diskusi ini bisa dilakukan mulai dari hal yang sepele hingga urusan penting. Misalnya saat menentukan warna cat tembok rumah, atau saat memilih dekorasi rumah.

Tentu setiap pasangan bisa mengawali hal hal tersebut dengan cara berdiskusi. Karena apapun keputusan yang diambil adalah keputusan dua orang dengan satu tujuan. Sehingga diskusi-diskusi yang dilakukan memberikan warna tersendiri untuk mengisi kehidupan dalam menjalin hubungan.

9. Pahami Bahasa Kasih Pasangan

Bahasa kasih ini penting, apa itu bahasa kasih?, yaitu sebuah bahasa dimana pasangan terlihat nyaman dengan hal tersebut. Contohnya, seorang pasangan bahagia saat diberi hadiah, maka bahasa kasihnya adalah pemberian hadiah. Ada juga yang suka dengan pujian, atau perhatian, misalnya dibantu dalam mengerjakan sesuatu.

Dengan mengolah rasa dan memahami bahasa kasih pasangan maka hubungan semakin baik. Sehingga pasangan saling mengerti dan memahami dalam menjalin hubungan secara langgeng. Inilah kenapa setiap pasangan perlu memahami pasangannya masing-masing, terutama ciri khas secara bahasa kasihnya.

10. Nikmati Tantangan Dan Hal Baru

Terkadang tantangan dan hal baru itu perlu dalam sebuah hubungan. Misalnya saja, pasangannya suka dengan naik gunung, sementara satunya tidak. Maka cobalah hal yang tidak disukai itu untuk dinikmati bersama, cobalah hal baru agar semakin mesra dan menjaga cinta.

Terkadang seseorang hanya melakukan hal yang disukainya saja dan tidak ingin mengambil resiko keluar dari zona nyaman. Maka menjawab tantangan dan hal baru bersama pasangan adalah salah satu cara keluar dari zona nyaman. Tentunya hubungan akan semakin terjaga dan langgeng karena menikmati tantangan bersama pasangan.

Dengan adanya beberapa tips hubungan langgeng bisa memberikan wawasan baru dan pemahaman pada setiap pasangan. Bahwa hubungan harus dibangun berdasarkan hal-hal penting dan didukung dengan berbagai macam cara positif. 

Sehingga kualitas hubungan pasangan yang sejati yaitu saling memberi dan menerima dengan cara yang baik. Saling memahami dan saling percaya untuk bersama-sama melangkah dan menjalani kehidupan lebih baik lagi. (BA)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button