fbpx
ArtikelProductivity

Tips dan Cara Menulis Artikel yang Menarik Semua Pembaca

Jika Anda mencari bagaimana cara menulis artikel yang menarik maka sudah tepat jika yang jadi acuan adalah beberapa informasi yang akan Anda baca ini. Akan disajikan apa saja tips yang bisa diaplikasikan untuk mewujudkan artikel yang menarik. Tips-tips yang diberikan telah dibuat sesederhana mungkin namun sangat mendukung untuk mewujudkan artikel yang menarik untuk dibaca.

Membuat artikel dari cara menulis artikel yang menarik sebenarnya tak sulit, apalagi jika sebelumnya Anda sudah pernah membuatnya. Untuk Anda yang belum pernah sama sekali, mungkin akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk menyelesaikannya. Dan hal ini pun sebenarnya sangat bisa dimaklumi.

Tujuan pembuatan artikel adalah untuk memberikan informasi kepada pembaca, bisa informasi berupa deskripsi, narasi, hingga persuasi. Jika informasi yang disampaikan tidak terlalu dikuasai oleh penulis maka penulis harus mau melakukan riset terlebih dahulu supaya yang disampaikan valid.

Sebelum membahas bagaimana cara menulis artikel yang menarik akan dibahas info lebih umum sebelumnya, yaitu untuk membuat artikel itu sendiri.

Urutan Cara Menulis Artikel Pada Umumnya

Keinginan mewujudkan artikel yang menarik diwujudkan dengan mengerti bagaimana cara menulis artikel yang benar terlebih dahulu. Supaya Anda bisa mempelajarinya, berikut adalah urutan cara untuk menulis artikel pada umumnya.

1. Menentukan Tema

Menentukan tema adalah langkah paling awal dalam membuat artikel. Jika di awal tidak ada tema, maka agaknya akan sulit membuat artikel itu sendiri. Sebab Abda belum mengetahui secara pasti apa yang akan disampaikan dalam artikel tersebut dan apa tujuan Anda menulis artikel.

Cara Menulis Artikel yang Menarik
Menentukan Tema Sebagai Awal Penerapan Cara Menulis Artikel yang Menarik

Benar sekali, artikel ditulis oleh penulis dengan tujuan. Apakah tujuannya sebagai informasi pembaca, mengajak pembaca melakukan sesuatu, mendeskripsikan suatu hal supaya pembaca mengerti, dan lain sebagainya.

Artikel yang Anda buat bisa berupa artikel apa saja. tema apapun bisa-bisa saja untuk dibahas. Namun mostly penulis artikel akan menulis artikel sesuai dengan bidang yang dikuasainya.

2. Membuat Kerangka

Untuk memudahkan proses membuat artikel, cara selanjutnya adalah untuk membuat kerangka artikel. Perlu diketahui bahwa artikel disusun dari tiga bagian, yaitu pembuka, isi, dan penutup.

Di kerangka ini Anda bisa membuat kerangka atau kalimat yang ingin Anda sampaikan pada pembaca, bisa juga berupa highlight dari artikel yang akan dibuat. Sedangkan untuk membuat kerangka bagian isi, bisa ditulis poin-poin apa saja yang akan dibahas pada artikel tersebut. Sama halnya di bagian penutup, biasanya berisi kesimpulan dari seluruh bahasan dalam artikel.

3. Menulis Artikel

Jika kerangka sudah buat, maka saatnya eksekusi, tulislah artikel sesuai dengan kerangka. Usahaan untuk fokus ketika menulis artikel supaya bahasan tidak meluber kemana-mana. Pastikan juga berapa kata yang akan ditulis untuk memudahkan pembagian bagian pembuka, isi, dan penutup.

4. Mengecek dan Melakukan Perbaikan

Setelah artikel selesai dibuat, maka selanjutnya untuk mengecek supaya artikel dalam keadaan sesempurna mungkin ketika dikumpulkan. Cek apakah di sana ada salah tulis, salah kata, atau kata-kata yang terasa aneh bila dibaca.

Cara Menulis Artikel yang Menarik
Pengeditan Adalah Langkah Penting Sebagai Penerapan Cara Menulis Artikel yang Menarik

Membaca ulang artikel yang telah dibuat sangat memudahkan penulis menilai tulisannya sendiri. Ini bisa disebut sebagai self editing yang akan sangat membantu. Jika ditemui kesalahan maka segera saja lakukan perbaikan.

Tips Supaya Artikel yang Dibuat Menarik

Setelah membahas bagaimana cara umum untuk membuat artikel, kini masuklah dalam bahasan cara menulis artikel yang menarik. Apa yang akan dibahas ini disajikan dalam poin-poin supaya Anda bisa memilih tips mana yang relate untuk diaplikasikan.

1. Menambahkan Hasil Riset

Artikel memang bukanlah laporan ilmiah, bukan juga laporan hasil penelitian. Anda tidak perlu memasukkan banyak hasil riset dari awal sampai akhir di dalam artikel. Namun untuk artikel yang sifatnya informatif atau berita, akan lebih baik jika di dalamnya ada sumber kredibel.

Menambahkan info berupa hasil penelitian akan membuat kredibilitas informasi yang disampaikan meningkat. Ini masuk dalam salah satu cara menulis artikel yang menarik yang sebaiknya Anda pahami.

2. Menambahkan Gambar yang Mendukung

Tambahkan gambar yang mendukung supaya artikel lebih menarik. Apalagi untuk artikel yang berisi bukan pembahasan awam, pasti ada pembaca yang akan kesulitan menelaah apa yang ditulis oleh penulis artikel.

Cara Menulis Artikel yang Menarik
Cara Menulis Artikel yang Menarik Dengan Menambah Gambar

Supaya semakin banyak orang memahami apa yang ditulis oleh penulis, maka disarankan untuk menambahkan gambar. Tentu saja gambar yang dipilih harus ada kaitannya dengan apa yang dibahas.

3. Memberikan Pertanyaan Pada Pembaca

Cara menulis artikel yang menarik selanjutnya adalah untuk memberikan pertanyaan pada pembaca. Misalnya seperti pertanyaan-pertanyaan;

“Tahukah Anda bahwa produk .. bisa … ?”

“Bagaimana kabar Anda?”

“Pasti Anda juga menyetujui bahwa …”

Adanya pertanyaan membuat pembaca lebih dekat dengan penulis. Jika sudah demikian, maka pembaca lebih bisa menarik informasi yang ingin disampaikan oleh penulis.

4. Membuatnya Lebih Pendek Namun Padat

Salah satu ciri artikel yang menarik adalah artikel yang pendek, namun isinya padat. Jika dibandingkan dengan artikel panjang dan kurang berbobot isinya, maka jelas artikel yang seperti inilah yang lebih baik. Anda pun pasti menyetujuinya.

Maka dari itu, tips atau cara menulis artikel yang menarik selanjutnya adalah untuk mewujudkan artikel yang sependek mungkin namun tetap berbobot. Nilai lebih artikel yang seperti ini adalah memberikan kemungkinan lebih besar untuk bisa dibaca semua orang. Ya, masih berlaku opini bahwa artikel yang lebih pendek lebih menarik untuk dibaca.

Jika artikel dibuat pendek, ditambah lagi isinya informatif, maka pembaca bisa merasa puas dengan artikel tersebut. Tidak berlaku jika memang apa yang ingin disampaikan di artikel ada banyak hal. Jika tidak mungkin untuk mewujudkan artikel yang pendek maka jangan dipaksakan, buat sepadat dan seinformatif mungkin saja.

Akan dijabarkan apa saja cara menulis artikel yang menarik dalam bentuk tabel, berikut tabelnya.

IndikatorCiri
JudulSebaiknya bersifat membuat pembaca tertarik dan ada headline yang clickbait
Impresi pembacaInformasi bisa melekat di pikiran pembaca
KredibilitasDidukung dengan adanya hasil riset
VisualDidukung dengan tambahan gambar
Panjang artikelSebaiknya pendek namun padat informasi
Indikator dan Ciri Artikel Menarik

Apakah cara menulis artikel yang menarik di atas mudah untuk dipahami? Besar kemungkinannnya Anda menjawab tips-tips di atas memang mudah untuk dipahami. Kedepannya ketika Anda menulis artikel, aplikasikan tips-tips di atas. (SR)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button