fbpx
BisnisHow To

Tangkap Peluang Usaha Sampingan Lewat Trik Berikut Ini

Hampir bisa dipastikan mayoritas dari pengunjung Kumkel.com yang tertarik untuk membaca tulisan ini setelah melihat judul artikel adalah mereka yang sedang berusaha untuk memperoleh peluang usaha sampingan diluar aktifitas rutinnya, entah sebagai karyawan di sebuah instansi, pegawai perusahaan, buruh pabrik, mahasiwa, serta yang lain.

Tujuannya sudah barang tentu untuk bisa memperoleh tambahan penghasilan di luar gaji pokok guna memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari yang dari waktu ke waktu bukannya berkurang tapi malah semakin meningkat. Sementara untuk mereka yang masih berstatus mahasiswa, usaha sampingan bisa dipakai untuk meringankan beban orang tua sekaligus untuk belajar mencari uang.

Persoalannya, masih banyak pengunjung Kumkel.com yang merasa bingung, jenis usaha apa yang cocok untuk dijalankan dan tidak mengganggu tugas utama yang menjadi rutinitas sehari-hari.

Kebingungan yang seharusnya tidak perlu terjadi, karena peluang usaha sampingan sebenarnya bisa dicari dengan sangat mudah, sepanjang mau berusaha. Caranya adalah dengan memanfaatkan sumber daya yang ada di sekitar secara maksimal, guna mendapatkan ide-ide bisnis.

Berikut beberapa trik untuk menangkap peluang usaha sampingan yang ada di lingkungan sekitar.

Memanfaatkan IT.

Internet sebagaimana diketahui bersama merupakan gudangnya berbagai macam informasi. Cukup dengan memberdayakan search engine, siapapun akan dapat berburu berbagai macam informasi sesuai dengan yang dikehendaki, termasuk diantaranya berbagai peluang bisnis yang sesuai untuk dikerjakan.

Tentu saja peluang tersebut harus disesuaikan dengan minat, hobby, skill dan juga finansial yang dimiliki. Karena jika tidak diiringi dengan faktor-faktor tersebut, kemungkinan untuk bisa meraih sukses sangat kecil.

Di dunia maya juga banyak terdapat direktori bisnis yang dapat dijadikan ide bisnis yang bermanfaat. Dengan terus berburu informasi dan mengumpulkan berbagai referensi, besar kemungkinan akan muncul inspirasi usaha sampingan yang diharapkan.

Gali Informasi dari Berbagai Sumber

Pepatah mengatakan “Buku adalah gudangnya ilmu”. Sehingga disamping internet, buku juga dapat dijadikan gudang ide untuk menggali ide-ide peluang usaha sampingan. Cobalah berkunjung ke perpustakaan atau bermain ke toko buku, dan cari buku yang mengupas tentang dunia bisnis mulai dari bisnis berskala kecil, menengah hingga bisnis  besar.

Jangan pernah bosan untuk berkomunikasi dan bertukar pendapat dengan para pelaku bisnis meski bisnis yang mereka jalankan tidak sama dengan bisnis yang menarik minat Anda. Karena yang terpenting bukan jenis bisnis yang mereka geluti, tapi informasi yang terkait dengan cara mereka mengelola bisnis itulah yang harus dipelajari.

Perbanyak Sosialisasi

Bagi umat muslim, sosialisasi berarti rejeki, karena ada salah satu hadist yang berbunyi, “Barangsiapa suka diluaskan rejekinya dan ditangguhkan kematiannya, hendaklah ia menyambung silaturahim”. Istilah silaturahim dalam hadist tersebut identik dengan sosialisasi.

Sementara aktifitas sosialisasi itu sendiri, saat ini dapat dilakukan di dunia nyata dengan berkunjung ke rumah teman atau sanak saudara, berkumpul dengan komunitas serta yang lain, sedang sosialisasi di dunia maya bisa dilakukan dengan aktif memberikan tanggapan di media-media sosial, bergabung di grup-grup sosmed seperti grup messenger, Whatsapp dan sebagainya, aktif di situs-situs forum serta yang lain.

Dengan memperbanyak sosialisasi, semakin banyak pula informasi yang Anda peroleh, dan diantara sekian banyak informasi yang Anda serap tersebut, tidak menutup kemungkinan salah satunya adalah informasi tentang peluang bisnis.

Pilih Jenis Usaha yang Sesuai

Karena usaha yang akan Anda jalani adalah usaha sampingan, maka pilihlah jenis usaha yang tidak menggangu pekerjaan utama. Jika hal ini diabaikan, bukan tidak mungkin pekerjaan utama akan berantakan, sementara usaha sampingan yang Anda tekuni belum tentu memberikan hasil yang maksimal.

Tidak ada jenis usaha yang sulit untuk dikerjakan jika kita sudah mendapatkan ide, dan usaha tersebut sesuai dengan hobi, minat, skill serta modal untuk mengerjakan bisnis sampingan tersebut.

Bahkan, bukan tidak mungkin usaha sampingan yang Anda jalankan tersebut bisa mendatangkan keuntungan finansial yang lebih besar dibandingkan pekerjaan utama. Karena itu, jangan pernah bosan untuk terus menggali ide dan informasi guna mendapatkan peluang usaha sampingan yang bisa dijalankan di tengah-tengah kesibukan dalam mengerjakan tugas-tugas pokok. (ak)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button