fbpx
Bisnis

Sebelum Memulai Bisnis Online Kenali Dulu Tantangannya

Pengunjung Kumkel.com mungkin salah satu dari sekian banyak orang yang tertarik untuk memulai bisnis online karena bisnis ini memang memiliki daya tarik tersendiri.

Selain lebih mudah dalam memanage, bisnis online dapat dijalankan dimana saja dan kapan saja serta tidak butuh modal sebesar modal yang harus dikeluarkan untuk membuka bisnis offline.

Tapi jangan salah, bisnis online pun tidak semudah yang dibayangkan. Banyak tantangan dan risiko yang harus dihadapi. Tantangan dan risiko tersebut jika tidak diantisipasi sejak dini, bisa berdampak pada hancurnya usaha.

Itu sebabnya, bagi pengunjung Kumkel.com yang ingin memulai bisnis online, kenali terlebih dahulu tantangan yang akan dihadapi, agar Anda siap dan tahu cara mengatasinya.

Banyaknya Kompetitor

Jangan dikira bisnis online minim kompetitor. Malah sebaliknya, Anda akan menjumpai banyak kompetitor karena model bisnis ini memang sedang booming.

Selain itu, daya tarik dari bisnis online terutama dari sisi kepraktisan dan kemudahannya, membuat banyak orang berbondong-bondong mencoba peruntungan dengan menjalankan bisnis online. Terutama ibu rumah tangga yang ingin menambah penghasilan.

Itu sebabnya dalam memulai bisnis online kreatifitas dan inovasi sangat diperlukan, utamanya dari sisi pemasaran.

Jika produk yang Anda tawarkan unik dan berbeda dari kompetitor, persaingan tersebut kemungkinan tidak terlalu ketat, karena Anda dapat menguasai pasar.

Namun, jika produk yang Anda tawarkan sejenis dengan produk dari banyak kompetitor, dibutuhkan keuletan tersendiri untuk dapat menjualnya. Disinilah kemampuan Anda dalam menjual produk akan menemui tantangan.

Kreatifitas akan sangat menentukan dalam menaklukkan hati calon konsumen, seperti membuat sales letter yang menggoda, foto produk yang menarik, komunikasi intens melalui chatting serta strategi pemasaran yang lain.

Karakter Konsumen yang Beragam

Sama halnya dengan bisnis offline, pada bisnis online juga akan ditemukan berbagai macam karakter dari konsumen. Bedanya, jika pada bisnis offline kita berhadapan langsung dengan konsumen, sehingga dapat segera mengetahui karakternya, sedang pada bisnis online sebaliknya.

Komunikasi memang terjalin dengan calon konsumen melalui chatting, namun karena tidak berhadapan secara langsung membuat Anda sulit untuk mengetahui karakternya. Disinilah kerap muncul persoalan yang tidak diinginkan.

Banyak konsumen yang bertanya kesana-kemari sehingga menyita waktu namun ternyata tidak membeli. Ada juga konsumen yang sudah menyita waktu lalu tertarik dan memesan, tapi saat menemukan produk yang lebih menarik di online shop yang lain, dia mengabaikan pesanan tanpa pemberitahaan.

Itu sebabnya ketika memulai bisnis online Anda harus memahami karakter konsumen dan terus berusaha untuk mempelajari. Tujuannya agar dapat memberikan pelayanan terbaik sekaligus mengantisipasi apabila bertemu dengan calon konsumen yang tidak Anda kehendaki.

Kasus Penipuan

Bagi pelaku bisnis online, ancaman penipuan ini memang nyaris tidak ada, karena pembayaran sudah dilakukan oleh konsumen sebelum barang dikirim. Namun hal tersebut berbanding terbalik dengan yang dialami konsumen.

Kasus penipuan online kerapkali terjadi dan korbannya hampir selalu konsumen. Modusnya, konsumen tersebut biasanya mentransfer uang untuk membayar barang yang dia beli kepada pemilik toko online. Namun, barang yang dia beli tidak pernah dikirim dan uang yang ditransfer lenyap.

Meski penipuan tersebut tidak menimpah pelaku bisnis online yang sebenarnya, namun dampaknya tetap dirasakan, yaitu membuat banyak calon konsumen ragu untuk berbelanja secara  online.

Bagi Anda yang sedang memulai bisnis online, kemampuan untuk meyakinkan konsumen sangat diperlukan. Tanamkan kepercayaan kepada mereka bahwa Anda berniat untuk menjual produk dan bukan untuk menipu.

Caranya bisa berbagai macam, diantaranya dengan mencantumkan profil perusahaan secara lengkap mulai dari alamat yang jelas serta contact person yang bisa dihubungi, menampilan testimoni dari para konsumen dan berbagai cara yang lain.

Ancaman Hacker

Hacker menjadi ancaman yang paling menakutkan bagi pemilik online shop, karena dengan kemampuannya mengambil alih toko online Anda, membuatnya dapat berbuat semaunya terhadap online shop tersebut.

Seorang hacker bisa saja tanpa sepengetahuan Anda merubah data nomor rekening online shop, sehingga uang yang ditransfer pembeli tidak masuk ke rekening Anda melainkan ke rekening hacker.

Seorang hacker juga dapat dengan mudah merubah merubah foto produk Anda yang ada di online ship dengan foto produk miliknya.

Karena itu, saat memulai bisnis online, pastikan hosting yang Anda sewa untuk membangun online shop benar-benar aman dan dari perusahsaan yang kredibel. Selain itu Anda juga harus berhati-hati bersosial media dan berselancar di dunia maya, agar bisnis online Anda terhindar dari aksi pembajakan para hacker.

Demikian beberapa tantangan yang harus dipertimbangkan oleh mereka yang ingin memulai bisnis online. Jika merasa siap untuk menghadapi tantangan tersebut, segera take action! (ak)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button