fbpx
Artikel

Yang Perlu Diperhatikan Saat Mendekorasi Hunian Menjadi Rumah Idaman

Kumkel.com – Setiap orang memiliki cara tersediri untuk mendekorasi huniannya menjadi rumah idaman. Rumah idaman setiap orang tentunya berbeda – beda.

Beberapa dari mereka menginginkan rumah dengan pajangan mewah. Ada pula yang lebih menyukai rumah sederhana dengan hiasan unik dan jadul.

Tapi, yang terpenting dari sebuah rumah adalah kenyamananya. Asal hunian itu nyaman, maka siapapun akan senang menempatinya. Fasilitas rumah juga menyumbang banyak untuk membuat hunian semakin nyaman ditempati.

Dekorasi Hunian Menjadi Rumah Idaman

Rumah idaman adalah rumah yang memiliki fasilitas yang baik dan adem saat di tempati. Berikut ini adalah hal – hal yang penting dalam mendekorasi hunian menjadi rumah idaman.

Ventilasi

ventilasi rumah idaman

Kenyamanan di dalam rumah tak lepas dari keluar masuknya udara secara teratur dalam hunian. Ventilasi udara sangat berperan penting untuk membuat rumah menjadi nyaman dan adem.

Jika tidak ada ventilasi rumah, maka rumah akan terasa pengap dan panas. Umumnya, rumah hanya dipasang jendela kaca yang tidak dapat dibuka sewaktu – waktu. Hal ini hanya akan membuat rumah menjadi panas, karena sinar matahari masuk, sedangkan udara tidak dapat masuk.

Maka akan lebih baik jika setiap ruangan diberi celah udara agar lebih menyegarkan udara dalam ruangan. Jika tidak, maka bisa gunakan pendingin udara agar lebih segar udaranya.

Taman

Taman merupakan salah satu fasilitas yang sering dihiraukan oleh banyak orang. Padahal dengan adanya taman, rumah kita akan terasa lebih segar dan mempermudah sirkulasi udara juga..

Namun, beberapa orang kurang menyukai taman karena perawatannya cukup sulit. Satu lahan taman bisa membutuhkan waktu berjam – jam untuk perawatannya. Sedangkan jika kita tidak memiliki taman, maka kita tidak memiliki sumber oksigen yang masuk ke ruangan rumah.

Taman tak perlu besar, cukup 1 x 1 meter sudah cukup. Anda bisa menanam bunga di dalam pot agar terlihat enak dipandang. Buah – buahan seperti jeruk madu, tomat, cabai dan lainnya juga dapat ditanam di taman anda.

Semakin taman memiliki aneka warna, maka semakin indah juga dipandang. Jangan salah, taman ini dapat meredam stress pada manusia.

Warna – warna yang cerah dari tanaman yang anda rawat akan membuat mata anda lebih fresh.

Kolam Ikan

Jangan remehkan hal satu ini, karena meskipun sering dianggap tidak memiliki fungsi, tetapi kolam ikan didepan rumah akan membuat cantik rumah anda. Hampir sama dengan taman,  kolam ikan yang berisi ikan aneka warna juga membuat kepenatan anda hilang.

Kolam ikan juga harus dirawat sebaik mungkin. Pasalnya, jika kolam tersebut tidak dibersihkan secara teratur, maka akan mengeluarkan bau tak sedap. Bau ini membuat rumah kurang nyaman.

Maka, lebih baik satu minggu sekali anda harus menguras kolam ikan anda agar tetap bersih. Ventilasi air juga harus diperhatikan, karena ikan akan mati jika air tidak ada lubang keluar masuknya air. Ikan akan mengkonsumsi air kotor, sehingga di dalam kolam harus ada ventilasi air.

Kolam Renang

Kolam renang sebenarnya sulit untuk diaplikasikan pada hunian yang memiliki luas tanah terbatas. Namun, di negara maju kolam renang kini tak harus memakan banyak tempat.

Pasalnya kolam renang dapat di buat melingkar atau setengah lingkaran menempel ditembok. Hal ini karena kolam renang difungsikan untuk berkumpul dengan keluarga inti seperti anak, suami atau pasangan.

Umumnya, kolam renang ini di peruntukan bagi mereka yang ingin menikmati keromantisan dalam hubungan.

Tapi jika rumah anda cukup luas, bisa juga membuat kolam renang yang luas seperti pada umumnya. Fungsi kolam renang selain menghilangkan kepenatan tentunnya juga sebagai tempat berkumpul dengan sanak saudara.

Ruang Wardrobe

wardrobe rumah idaman

Pada umumnya, ruangan satu ini akan menyatu pada kamar. Padahal harusnya ruangan ini harus memiliki tempat tersendiri. Pasalnya, kamar akan terasa panas jika terlalu banyak barang.

Selain itu baju, tas,dan sepatu akan turun kualitasnya jika ditempatkan di tempat yang sempit. Umumnya, tas akan mudah menjamur jika diletakan pada ruangan yang sempit. Maka akan lebih baik jika ruangan ini terpisah dari kamar pribadi.  

Itulah tips dari kami, semoga dapat menambahkan inspirasi untuk hunian anda.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button