ArtikelEntertainmentHealth

Tak Hanya Ria Irawan? Deretan Artis Tutup Usia Akibat Kanker

Kumkel.com –  Kabar duka tengah menimpa jagat pertelevisian. Tepat tanggal 6 Januari 2020 Aktris legendaris Indonesia Ria Irawan yang sekaligus seorang survivor kanker kini telah menutup usia. 

Jagat raya di gegerkan dengan wafatnya Ria Irawan. Beliau di kenal sebagai akrtis yang paling rendah hati, tidak sombong dan selalu ceria.

suami ria irawan

Beliau semasa hidupnya selalu bersemangat meskipun dirinya terkena penyakit kanker. Dirinya bahkan sering berkata bahwa dirinya bisa makan apa saja yang di inginkannya meskipun mengidap penyakit kanker.

Pasalnya beliau berfikir bahwa kemoterapi yang di lakukannya kurun waktu tertentu tidak akan membuat penyakit kankernya menjalar kemana bahkan hilang.

Namun, ada kalanya manusia merasa lelah dengan keadaan yang di deritannya.

Kini Ria Irawan sudah tidak merasa sakit lagi karena tuhan telah membebaskan penyakitnya. Kini Ria Irawan yang ceria tidak dapat melenggang lagi di Televisi.

Deretan Artis Terkena Penyakit Kanker

Beberapa publik figur menghembuskan nafas akibat penyait kanker.  Inilah beberapa artis yang mengidap penyakit kanker hingga merenggut nyawanya, di antaranya :

1. Julia Perez

Siapa yang tidak mengenal artis multitalen Julia Perez yang akrab di kenal dengan nama Jupe. Julia Perez dikenal dengan berbagai talentannya dengan kontroversinya yang sering mengisi layar pertelevisian.

Dirinya menghembuskan nafas untuk selama – lamanya setelah beberapa tahun mengidap penyakit kanker.

2. Olga Syahputra

Siapa yang tidak mengenal Olga, komedian dengan sejuta talenta. Sehingga dirinya sering mendapatkan nominasi komedian terfavorit.

Kekayaannya bahkan pada waktu itu menempati posisi wahid sebagai aktor terkaya. Selain itu, banyak artis – artis yang berhasil dia orbitkan hingga adiknyapun kini sudah terkenal.

Namun, Olga Syahputra kakak dari Billy Syahputra ini menghembuskan nafas untuk terakhir kalinya karena terserang penyakit kanker.

3. Agung Herkules

Artis perawakan besar ini juga semasa hidupnya sangat terkenal. Pasalnya dirinya memiliki badan yang kekar dengan lengan yang besar sehingga siapapun tentu akan merasa kagum dengan tubuh kotak – kotaknya.

Pembawa lagu “Astuti” ini telah menghembuskan nafasnya karena penyakit kanker yang di deritanya.

Sungguh ironi jika kita mendengar penyakit ini. Penyakit kanker ini salah satu penyakit yang susah untuk di sembuhkan. Bahkan hingga sekarang masih belum ada obatnya.

Tak mengenal usia, ya begitulah penyakit ini menyerang. Bahkan bukan hanya kita yang dewasa saja yang terkena.

Namun, anak kecilpun ikut terkena juga seperti anak perempuan dari penyanyi cilik Denada yang juga mengidap penyakit kanker.

Hingga saat ini dirinya masih berusaha keras untuk menyelamatkan anaknya hingga belanggang ke singapur untuk menemukan dokter terbaik.

Selain Ria Irawan, surviror lainnya adalah Penyanyi tampan Vidi Aldiano. Siapa yang tidak mengenal penyanyi tampan Vidi Aldiano? Tentu kalian juga sering mendengarkan karyanya.

Vidi Aldiano baru – baru ini juga di kabarkan telah mengidap penyakit kanker hingga saat ini dirinya di rawat di rumah sakit Singapura.

Siapa sangka penyanyi sekelas Vidi dapat terkena penyakit kanker. Pasalnya dirinya di ketahui memiliki gaya hidup sehat dan terlihat ceria.

Penyakit kanker ini memang tak mengenal jenis kelamin. Siapapun akan terkena baik lelaki ataupun perempuan.

Penyakit ini juga bisa menyerang orang yang yang terlihat memiliki gaya hidup sehat seperti Agung Herkules.

Padahal jika kita melihat Agung Herkules tentu dari tekstur badannya dirinya terlihat sangat menjaga pola makan apalagi atletik.

Waspadai Penyakit Kanker

Lalu bagaimana cara kita agar penyakit kanker dapat di hindari? Apa penyebabb dari penyakit kanker itu?

Penyebab Kanker

ria irawan dan suami

Penyebab kanker yang utama adalah karena genetik atau keturunan. Orang ynag memiliki riwayat penyakit kanker bisa menurunkan penyakit itu kepada anaknya atau keturunannya

Selain genetik juga ada beberapa penyebabnya diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Merokok
  2. Paparan radiasi atau zat kimia
  3. Penyakit hepatitis
  4. Paparan hormon kadar tinggi
  5. Obesitas
  6. Tidak banyak gerak
  7. Peradangan dalam jangka panjang
  8. HIV

Gejala Kanker

Sebenarnya kanker ini bisa terdeteksi sejak dini tentu dengan melihat gejala – gejalanya. Adapun beberapa gejala kanker adalah sebagai berikut :

  1. Muncul benjolan
  2. Nyeri pada tubuh
  3. Cepat letih
  4. Berat badan turun drastis
  5. Batuk kronis
  6. Sering demam
  7. Pendarahan secara spontan

Itulaha beberapa gejala kanker yang harus anda deteksi semenjak dini. Sebenarnya gejala kanker ini sangat umum untuk menjurus ke penyakit lain. Maka dari itu akan lebih baik jika kita selalu check up ke dokter.

Diagnosis Kanker

Dokter akan melakukan serangkaian metode untuk mendeteksi anda ataukah ada kanker di tubuh anda.

Beberapa deteksi kanker yang biasanya dokter lakukan yakni tes laboratorium. Dimana tes laboratorium ini mendeteksi urine dan darah pasien yang berfungsi untuk mendeteksi penyakit yang ada di dalam tubuh.

Kemudian tes pencitraan, tes ini meliputi dengan rontgen, CT Scan, USG dan lainnnya untuk mengetahui kondisi asli keadaan tubuh pasiennya.

Langkah terakhir adalah Biopsi, dimana langkah ini dokter biasanya akan mengambil sedikit sample di dalam tubuh yang sudah terduga terkena kanker. Langkah ini termasuk langkah yang paling akurat.

Kanker ini akan terdeteksi setelah melakukan beberapa tes tersebut. Nah, kanker juga memiliki tingkatan yakni stadium 1, 2, 3, 4. Semakin tinggi stadiumny atentu gejalanya akan terlihat makin parah.

Pengobatan

Kanker ini suatu penyakit yang sangat sulit untuk di sembuhkan. Namun, sebagai manusia kita harus tetap berikhtiar agar penyakit yang kita hadapi cepat hilang.

Pengobatan kanker ini cukup menguras uang karena jika kita mengidap penyakit tersebut harus melakukan berbagai rangkaian pengobatan.

Inilah beberapa pengobatan kanker yang harus anda lakukan di antaranya sebagai berikut :

  1. Kemoterapi

Jika kita melihat kembali beberapa artis yang terkena kanker termasuk Ria Irawan tentu kita akan melihat beliau berjuang untuk menyembuhkan kankernya. Beliau kerap kali melakukan kemoterapi. Inilah pengobatan yang sering di lakukan oleh penderita kanker. Kemoterapi ini di lakukan dengan memberikan obat untuk menghancurkan sel kanker.

  • Operasi

Metode ini dilakukan dengan cara memangkas jaringan sel kanker.

  • Radioterapi

Metode ini menggunakan radiasi untuk membunuh sel kanker di dalam tubuh. Umumnya ada 2 jenis Radioterapi yakni dengan cara radioterapi eksternal dan brakiterapi.

  • Transpalansi sumsum tulang

Metode ini untuk mengganti sumsum tulang pasien untuk membebaskan sel kanker.

  • Imunoterapi

Ini merupakan terapi biologis untuk membangkitkan sistem imun untuk menghilangkan kanker.

  • Terapi hormon

Terapi ini umumnya untuk para penderita kanker payudara atau prostas yang disebabkan oleh hormon.

  • Targeted drug therapy

Metode ini dengan menggunakan obat – obatan untuk mengurangi serangan kanker.

Itulah beberapa hal yang kita sajikan mengenai kanker. Semoga dengan meninggalnya survivor kanker Ria Irawan kita semua bisa lebih giat lagi dalam menjaga kesehatan. (YM)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close