fbpx
Travel

Pesona Keindahan Pantai di Lombok

Tidak hanya indah, tapi sangat menakjubkan! Kalimat itulah yang paling pantas untuk menggambarkan pesona keindahan Pantai di Lombok. Tidak heran jika para turis yang dulu menjadikan Bali sebagai tujuan utama saat berkunjung ke Indonesia, kini mulai melirik sejumlah pantai yang ada di Lombok.

Sebab di tempat ini mereka tidak hanya dimanjakan oleh keindahan alamnya yang luar biasa, tapi juga dipenuhi segala fasilitas yang mereka butuhkan, seiring dengan keseriusan dari pemerintah Nusa Tenggara Barat dalam mengelola industri pariwisata yang ada di wilayah mereka.

Lombok sebagai tempat yang eksotik untuk berwisata, sebenarnya tidak hanya menyuguhkan panorama pantai dan keindahan taman lautnya saja, tapi juga wisata alam pegunungan, danau, wisata budaya, serta wisata sejarah karena peninggalan kerajaan Sasak yang ada di sini masih dapat dinikmati hingga sekarang.

Namun, pesona pantai di Lombok memang tidak dapat dipungkiri merupakan magnet paling kuat untuk menyedot  para turis dari berbagai belahan dunia. Berikut beberapa pantai yang ada di Lombok dengan pemandangan yang akan membuat pembaca Kumkel.com terkagum oleh pesona keindahannya.

Senggigi

Resor terbesar yang ada di Lombok ini adalah kota pelabuhan yang menghadap langsung ke pantai. Secara administratif Senggigi masuk wilayah kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat. Di sinilah pusat keramaian Pulau Lombok, sehingga apapun yang dibutuhkan para wisatawan, dapat dengan mudah dijumpai di sini, mulai dari resor, hotel berbagai kelas, operator tour, persewaan mobil, spa, pusat hiburan, toko cenderamata, serta yang lainnya.

Bagi para wisatawan yang akan berkunjung ke 3 pulau Gili-gili, yakni Gili Trawangan, GIli Meno dan Gili Air, harus singgah ke Sengggii terlebih dahulu, karena kota pelabuhan ini merupakan sati-satunya tempat transit menuju ketiga pulau tersebut. Itu pula salah satu alasan yang membuat Senggigi tidak pernah sepi dari wisatawan.

Sebagai tempat wisata, laut Senggigi memang tidak begitu jernih dan pasirnya juga tidak seputih pasir yang ada di Gili Trawangan. Namun sunset yang disuguhkannya, luar biasa indah dengan latar belakang gunung Agung yang ada di Pulau Bali. Pantai Senggigi juga  memiliki kontur yang tergolong landai, sehingga aman bagi anak-anak yang ingin bermain air laut di pinggiran pantai.

Menyusuri pantai Senggigi yang panjangnya sekitar 30 km, merupakan aktifitas yang sangat menarik, karena selain dapat menikmati pemandangan di sepanjang pantai yang menawan, juga akan membawa kita ke Pura Batu Bolong, sebuah pur yanga cukup unik karena dibangun di atas karang yang terdapat di pinggir pantai. Pura Batu Bolong menurut legenda setempat dulu merupakan pura yang dipakai untuk pemujaan dengan memberikan persembahan atau tumbal seorang wanita untuk dijadikan makanan ikan hiu.

Pantai Lakey

Pantai Lakey adalah salah satu pantai di Lombok yang tersohor di dunia sebagai kawasan surfing yang unik dan terbaik. Pantai yang terdapat di kecamatan Hu’u, kabupaten Dompu ini banyak dikunjungi wisatawan dari Australia, Amerika Serikat, Amerika Selatan dan dari penjuru dunia lainnya yang tujuan utamanya adalah untuk berselancar.

Dikatakan unik, karena ombak yang dimilikinya memiliki arah sapuan ke kiri, tidak sebagaimana umumnya yang menyapu ke kanan, sehingga banyak yang mengistilahkan ombak yang ada di pantai ini adalah ombak kidal.

Terdapat 4 jenis ombak yang ada di Lakey, yakni Lakey Peak, Cobble Stones, Lakey Pipe, serta Periscope. Diantara keempat jenis ombak tersebut, yang paling menantang adalah Lakey Peak, karena menghadirkan ombak yang datang dari kanan dan kiri secara bersamaan. Pada bagian kiri membentuk terowongan panjang, sedang ombak di bagian kanan berbentuk gulungan yang sempurna untuk dipakai berselancar.

Dengan angin laut yang hampir selalu berhembus kencang, Lakey sangat ideal untuk dipakai beraktifitas surfing, wind surfing maupun kite surfing. Selain itu, keindahan pantainya yang luar biasa, membuat para penggila surfing ketagihan untuk selalu datang ke pantai ini setiap kali ada kesempatan.

Gili Nanggu

Keindahan pulau yang memiliki luas 12,5 hektar ini, membuat Gili Nanggu mendapat sebutan  “The Paradise Island”. Pulau yang berada di kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat ini memang dibungkus dengan pemandangan alam yang elok yang akan memanjakan mata siapapun yang berkunjung ke tempat ini.

Menjadi lebih menyenangkan, karena suasana yang tenang akan dirasarakan oleh para wisatawan, sebab tidak ada satupun para pedagang yang ada di sini. Sebab GIli Nanggu merupakan pulau pribadi yang hanya ditempati oleh manajemen dan staf resort.

Gili-gili

Inilah primadona pantai di Lombok yang keindahannya semakin dikenal oleh para wisatawan dari mancanegara. Lautnya yang biru dan jernih berhias karang-karang koral tropis, dan pantainya yang berpasir putih menyuguhkan pemandangan yang sangat luar biasa indah.

Pesona Keindahan Pantai di Lombok Image 002Meski ribuan turis asing setiap harinya mengunjungi tiga pulau yang ada di Gili-gili, yakni Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air, namun suasana di tempat ini jauh dari kesan bising, karena steril dari mobil maupun motor. Sebagai pengganti sarana transportasi, tersedia sepeda yang dapat disewa dengan muda serta angkutan khas pulau ini, yakni Cidomo yang ditarik oleh kuda.

Itulah beberapa pantai di Lombok yang bakal memanjakan mata pembaca Kumkel.com karena memiliki keindahan luar biasa dan tidak kalah dari pantai-pantai yang ada di Pulau Dewata. (ak)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close