fbpx
Health

7 Penyebab Kanker Serviks dan Jenisnya yang Penting Untuk Diketahui Wanita

Kanker serviks adalah salah satu jenis penyakit yang umumnya dialami oleh seorang wanita. Hal ini karena kanker ini menyerang bagian leher rahim yang membuat pertumbuhan sel-sel yang berada pada leher rahim tidak terkendali. Penyebab kanker serviks umumnya beragam tergantung dari kebiasaan manusia sehingga perlu diulas lebih lanjut.

Apa Itu Kanker Serviks Atau Kanker Leher Rahim?

Kanker serviks atau yang lazim disebut kanker leher rahim adalah jenis kanker yang biasanya menyerang wanita. Penyakit ini terjadi ketika perkembangan sel-sel yang ada pada mulut rahim tidak lagi terkontrol. Sel-sel tersebut umumnya berkembang sangat pesat tanpa bisa dikendalikan lagi yang pada akhirnya menimbulkan tumor pada serviks.

Tumor adalah penyebab kanker serviks yang paling umum dijumpai. Leher rahim yang bentuknya menyerupai tabung ini menjadi penghubung antara rahim dan vagina. Kanker serviks adalah penyakit yang tidak terlalu nampak gejalanya, sehingga pada tingkat awal masih banyak wanita yang tidak memperhatikan.  Namun jika dibiarkan, penyakit ini bisa berkembang lebih parah.

Jenis Kanker Serviks

Mengetahui sekilas mengenai pengertian kanker leher rahim serta penyebab kanker serviks awal, sebaiknya ketahui juga jenis-jenisnya. Umumnya kanker leher rahim memiliki dua jenis yang sangat berbahaya dan patut untuk diwaspadai. Selain itu, wanita lebih rentan terhadap kanker serviks ini sebaiknya rutin melakukan pengecekan di rumah sakit untuk mengetahui kondisi tubuh.

Jenis yang pertama yakni Squamous Cell Carcinoma yang menyerang pada bagian dinding luar dari rahim wanita. Kanker ini kemudian berkembang dan menyerang bagian vagina yang membuat fungsi vagina mengalami kerusakan. Kedua ada Adenocarcinoma yang awalnya menyerang dinding kanal serviks, tepatnya pada sel glandular.

Penyebab Kanker Serviks Pada Wanita

Kanker memang merupakan salah satu penyakit yang ditakuti banyak orang, khususnya wanita. Selain kanker payudara yang umumnya menyerang wanita, kanker serviks juga merupakan penyakit yang banyak menyerang wanita. Ada banyak penyebab kanker serviks muncul pada seorang wanita yang tentunya membahayakan tubuh dan nyawanya, sehingga perlu diulas lebih rinci berikut ini.

1. Sex yang Tidak Sehat

Sex adalah hal yang sah dan dibolehkan bagi pasangan suami istri, namun kini fenomena sex bebas banyak dijumpai. Kebiasaan seperti ini memiliki potensi besar untuk menimbulkan penyakit kanker serviks pada wanita. Sex bebas dimana seseorang akan berganti-ganti pasangan merupakan penyumbang terbesar penularan virus penyebab kanker serviks yang dialami wanita.

Penularan virus akan semakin besar ketika pasangan yang melakukan sex bebas tanpa menggunakan alat kontrasepsi apapun. Rahim yang cukup sensitive tentu saja akan cepat terpengaruh dengan adanya virus-virus tersebut hingga menimbulkan kanker serviks. Semakin banyak seseorang melakukan sex bebas, maka semakin besar pula resiko terkena kanker leher rahim.

2. Sex Terlalu Dini

Tidak hanya sex bebas yang merupakan kegiatan sex yang tidak sehat, sex terlalu dini juga beresiko menimbulkan kanker serviks. Usia yang terlalu muda dan melakukan sex yang tidak sehat memungkinkan seorang wanita memiliki resiko tinggi mengalami kanker leher rahim. Human Papilloma Virus (HPV) sangat ganas menyerang alat reproduksi pada usia muda.

Pada usia muda, organ-organ reproduksi dapat dikatakan sangat rentan karena kondisinya yang belum matang. Melakukan sex sehat terlalu dini hanya akan membuat peluang mengalami kanker leher rahim semakin besar. Untuk itu, hindari sex tidak sehat pada usia muda karena bisa mengancam kesehatan dan nyawa.

3. Hamil Muda

Sex usia dini tentu saja memiliki potensi besar bagi seorang wanita untuk mengalami kehamilan. Namun yang perlu diperhatikan oleh seorang wanita adalah hamil di usia terlalu muda dapat menimbulkan berbagai resiko penyakit. Usia yang menjadi patokan adalah usia 17 tahun, dimana mereka yang mengalami kehamilan di bawah usia tersebut lebih rentan.

Resiko terkena kanker serviks pada wanita yang hamil di bawah usia 17 tahun ini bahkan 2 kali lebih besar. Beberapa literature menyebutkan bahwa kehamilan pertama bagi seorang wanita di usia muda sangat berpotensi menimbulkan kanker leher rahim yang membahayakan. Kehamilan tidak terhitung saat mengalami keguguran.

4. Penggunaan Pil KB Berkepanjangan

Penyebab kanker serviks muncul pada wanita juga disebabkan oleh penggunaan pil KB yang berkepanjangan. Pil KB memang menjadi alternatif pilihan bagi para wanita atau pasangan yang ingin menunda memiliki keturunan. Namun, terlepas dari fungsinya untuk menunda keturunan, alat kontrasepsi ini juga membahayakan kesehatan sang wanita juga apalagi konsumsi yang berkepanjangan.

Tidak banyak wanita yang menyadari bahwa penggunaan pil KB memiliki pengaruh besar terhadap fungsi rahim. Bahkan, penggunaan yang terlalu lama bisa membuat seorang wanita mengalami resiko terkena kanker leher rahim atau serviks. Semakin banyak dan semakin lama seseorang mengkonsumsi pil KB maka resiko kanker serviks semakin besar pula.

5. Area Vital yang Kurang Terjaga Kebersihannya

Kebersihan tubuh memang menjadi hal yang penting terutama bagian organ intim pada wanita. Organ kewanitaan yang tertutup dan cenderung lembab membuat bakteri dan virus mudah berkembang biak. Untuk itu, kebersihan area vital harus selalu diperhatikan dan dijaga kebersihannya untuk mencegah perkembangan virus yang bisa saja menimbulkan penyakit.

Area vital yang tidak dibersihkan dengan baik memiliki resiko besar untuk mendatangkan penyakit seperti kanker serviks. Mulai dari penggunaan pakaian hingga pemilihan sabun dan tata cara pembersihan harus diketahui dengan baik. Bagaimanapun, area vital merupakan area yang sensitif dan harus dijaga sebaik mungkin agar tidak ada penyakit yang timbul.

6. Kebiasaan Merokok

Merokok yang lebih identik dengan pria ini ternyata juga banyak dilakukan oleh para wanita. Untuk wanita yang sering melakukan kebiasaan ini, perhatikan bahwa mereka yang merokok memiliki resiko tinggi mengalami kanker serviks. Jangankan mereka yang merokok, para wanita yang tidak merokok dan sering terpapar asap rokok pun beresiko mengalami kanker serviks.

Penyebab kanker serviks pada orang-orang yang merokok adalah zat kimia yang ada pada rokok dan disebarkan melalui asap. Asap ini hinggap di paru-paru dan tersebar melalui aliran darah hingga merusak sel pada leher rahim. Kerusakan sel tersebut memicu timbulnya kanker leher rahim pada wanita.

7. Keturunan

Penyebab terakhir yang memicu munculnya kanker serviks pada wanita adalah gen keluarga. Tidak dapat dipungkiri, gen berpengaruh besar dalam penularan kanker serviks pada wanita. Keluarga yang memiliki riwayat mengalami kanker serviks, keturunannya akan lebih beresiko mengalami kanker serviks ini.

Resiko terkena kanker serviks melalui riwayat penyakit keluarga memang cukup besar. Namun dengan penanganan dini, ini bisa saja disembuhkan sehingga mereka tidak perlu lagi mengalami hal tersebut. Keturunan yang memiliki kanker serviks lebih beresiko terkena penyakit ini dibanding mereka yang tidak memiliki riwayat penyakit tersebut.

Nah itulah ulasan singkat mengenai pengertian hingga penyebab kanker serviks pada pembahasan kali ini. Menjaga kebersihan diri serta menjauhkan diri dari segala hal yang buruk seperti perilaku sex tidak sehat adalah jalan terbaik untuk menjauhkan diri dari kanker serviks. (BA)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button