fbpx
Health

Penting! Ini 12 Acuan New Normal dan Pengaruhnya Terhadap Masyarakat

New normal dan pengaruhnya terhadap masyarakat menjadi topik yang menarik diperbincangkan dan juga dipelajari oleh semua orang saat ini. New normal merupakan sebuah istilah yang dipakai pemerintah Indonesia untuk menyebut tatanan baru dalam masyarakat yang mengutamakan protokol kesehatan setelah mengalami krisis akibat pandemi COVID-19.

 Pandemi global akibat virus yang pertama kali ditemukan di negara China ini membuat negara-negara di dunia menghadapi krisis yang serius. Bagaimana dunia bisa menghadapi krisis ini? Seluruh dunia menempuh berbagai cara mulai dari menerapkan pola hidup bersih, sosial distancing hingga menutup akses agar dapat memerangi pandemi tersebut.

Di negara Indonesia sendiri, pola new normal dipilih sebagai langkah untuk mengatasi krisis akibat pandemi tersebut. Masyarakat mengalami perubahan tatanan kehidupan yang begitu drastis karena pandemi COVID-19 ini.

Hari demi hari, kasus semakin meningkat. Pihak pemerintah pun membatasi ruang gerak rakyat yang berdampak pada berbagai bidang. Seluruh bidang mulai dari tingkat desa, kabupaten, provinsi hingga nasional mengalami perubahan sistem pola kerja yang berbeda dari sebelumnya. Oleh karena itu, pemerintah menerapkan new normal agar masyarakat dapat beraktivitas seperti biasanya meski sedang menghadapi pandemi global.

New Normal, Sebuah Solusi atau Ancaman?

Pandemi COVID-19 yang tak kunjung reda membuat semua masyarakat harus bisa beradaptasi dengan keadaan jika ingin tetap bertahan hidup. Fase new normal yang dicanangkan oleh pemerintah berisi panduan yang wajib dilakukan oleh masyarakat agar bisa hidup berdampingan dengan COVID-19.

Sebagai masyarakat, kita tidak mungkin bisa mengusir keberadaan sebuah virus karena memang wujudnya tidak terlihat. Kita tidak tahu dimana letak virus ini dan kemana perginya. Untuk itu, di era new normal kita diharapkan mampu hidup berdampingan dengan virus ini.

Pertanyaannya, apakah strategi new normal sebuah pilihan yang tepat? Ataukah justru memicu terjadinya gelombang kedua COVID-19? Jawabannya ada dua, iya dan tidak. Penerapan new normal dapat menjadi sebuah solusi atas ketidakpastian kapan krisis pandemi ini akan mereda.

Masyarakat tidak mungkin terus menerus hanya diam di rumah dan menghentikan seluruh kegiatannya yang sangat berpengaruh terhadap lingkaran ekonomi negara.

Berdasarkan hal inilah pilihan new normal dianggap sebagai pilihan yang terbaik. Mau tidak mau, masyarakat harus bisa berdampingan dengan krisis pandemi yang ada. Panduan untuk melakukan new normal yang sudah ditentukan oleh pemerintah dapat dilaksanakan agar tetap hidup normal dan terhindar dari infeksi COVID-19 yang mudah menyebar pada siapa saja. Jadi pemerintah sudah siap dengan segala sesuatu yang dibutuhkan saat memberlakukan new normal di tengah masyarakat.

Bagaimana Tata Cara  dan Panduan New Normal?

Acuan New Normal dan Pengaruhnya Terhadap Masyarakat
12 Acuan New Normal dan Pengaruhnya Terhadap Masyarakat

Menurut Keputusan Menteri Kesehatan tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19, tata cara atau panduan untuk melakukan new normal adalah sebagai berikut:

  1. Pihak manajemen kerja agar senantiasa memantau perkembangan informasi tentang COVID-19 di wilayahnya secara berkala.
  2. Membentuk Tim Penanganan Covid-19 di tempat kerja.
  3. Pimpinan memberikan kebijakan dan prosedur untuk pekerja setiap ada kasus dicurigai Covid-19 untuk dilakukan pemantauan.
  4. Menghindari stigma tentang kasus positif COVID-19.
  5. Bekerja dari rumah (work from home).
  6. Melakukan pengukuran suhu di pintu masuk berbagai tempat kerja/ tempat umum.
  7. Wajib menggunakan masker selama perjalanan.
  8. Mengatur asupan nutrisi makanan untuk membantu mempertahankan daya tahan tubuh.
  9. Menjaga seluruh area bersih dan higienis.
  10.  Menyediakan sarana cuci tangan.
  11. Physical Distancing dalam semua aktifitas.
  12. Mengkampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

Panduan tersebut harus diterapkan dengan benar agar masyarakat dapat hidup dengan normal selama pandemi. Tak masalah apapun aktivitasnya, selama protokol kesehatan tetap dilakukan maka masyarakat akan aman dari COVID-19. Namun hal tersebut dapat mennjadi sebaliknya jika masyarakat tak mengindahkan protokol kesehatan selama masa new normal. Inilah yang akan menjadi ancaman baru jika panduan tersebut diabaikan.

Bayangkan saja jika masyarakat sudah diizinkan beraktivitas seperti biasa, namun mereka ternyata tidak melakukan sesuai dengan apa yang ditentukan. Apa yang terjadi? Masa new normal menjadi ancaman besar dalam memicu gelombang kedua persebaran COVID-19.

Pandemi yang belum berhenti, proses penyebaran virus yang cepat dan tidak adanya perlindungan diri dari masyarakat berkumpul menjadi satu. Maka dalam keadaan seperti ini, new normal yang awalnya solusi berubah menjadi ancaman.

New Normal dan Pengaruhnya Terhadap Masyarakat

Fase new normal memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap tatanan kehidupan masyarakat. Masyarakat harus bisa menyesuaikan diri dengan keadaan dunia yang masih dihantui krisis. Agar krisis yang terjadi tidak terus berlanjut, maka penerapan new normal merupakan suatu keharusan meski berpengaruh pada berbagai bidang seperti ekonomi, pendidikan, politik, sosial, budaya dan lainnya.

New Normal dan Pengaruhnya Terhadap Masyarakat
New Normal dan Pengaruhnya Terhadap Masyarakat

New normal dan pengaruhnya terhadap masyarakat paling besar terdapat dalam bidang ekonomi. Sejak awal masa pandemi, kegiatan ekonomi berhenti total yang membuat seluruh elemen masyarakat kelabakan dalam upaya bertahan hidup.

Meski sedang di masa sulit, ternyata keadaan ini dilihat sebagai kesempatan menggiurkan berbagai pihak. Para pelaku ekonomi tertentu berlomba-lomba menaikkan harga demi keuntungan yang besar. Sungguh tak beradab, ketika yang lain sedang kesusahan bertahan hidup, mereka justru semakin memeras. Untungnya, hal ini dapat segera diatasi oleh pemerintah dan harga kembali normal mengikuti fase new normal yang ada.

Dalam era new normal ini, kegiatan ekonomi perlahan mulai tumbuh kembali dengan berbagai penyesuaian. Penyesuaian ini dilakukan demi mematuhi aturan protokol kesehatan terkait berlangsungnya new normal seperti wajib memakai masker, jaga jarak dan menjaga kebersihan dalam setiap transaksi yang mereka lakukan. Jika tidak menerapkan protokol kesehatan, petugas akan membubarkan kegiatan tersebut.

Bidang-bidang yang Terdampak New Normal

Masyarakat mulai menata kehidupannya yang sebelumnya berantakan. Hal ini sangat dinantikan oleh sebagian besar masyarakat yang menggantungkan hidupnya pada penghasilan hariannya.

Meski pekerjaan belum seramai sebelumnya, para pedagang atau kuli harian mulai kembali mengais rezeki dengan berbagai cara. Bukan hanya ekonomi, ada banyak perubahan yang dirasakan masyarakat terkait penerapan new normal ini. Diantara perubahan tersebut dapat dilihat dalam tabel berikut ini.

Bidang TerdampakPengaruh
EkonomiMeningkatnya angka kemiskinan dan kriminalitas
Perubahan sistem kerja menjadi work from home
Aplikasi teknologi berbasis internet di berbagai sektor
Waktu kerja yang berubah bagi karyawan tua
Berkurangnya sebagian pendapatanPerdagangan beralih ke basis online
PendidikanPembelajaran melalui jarak jauh atau daring
Kebutuhan sarana dan prasarana untuk pembelajaran daring meningkat
Banyak peserta didik yang kesulitan memahami materi karena sulit melakukan pembelajaran tanpa tatap muka langsung
Sosial dan BudayaTimbul rasa curiga sesama warga karena khawatir tertular COVID-19
Toleransi kepada warga sekitar menurun akibat larangan untuk melakukan perkumpulan
Hilangnya gotong royong yang tinggi seperti tidak adanya gotong royong terhadap keluarga yang meninggal
Warga kurang bersosialisasi karena banyak berkegiatan di rumah dan jaga jarak
PolitikMenurunnya kepercayaan pada pemerintah
Rawan ditunggangi oleh kepentingan golongan tertentu
Banyak terjadi ketidakadilan karena hanya golongan atas yang berhak mendapat fasilitas sementara golongan bawah tidak
New Normal dan Pengaruhnya Terhadap Masyarakat

New normal dan pengaruhnya terhadap masyarakat membuat masyarakat harus mengubah cara pandangnya dalam bertindak. Memang tidak mudah mengubah pola hidup masyarakat menjadi lebih bersih. Namun jika masyarakat mempunyai kesadaran diri, maka strategi new normal menjadi cara terbaik yang diambil pemerintah dalam bertahan di tengah krisis pandemi ini. (SR)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button