fbpx
Bisnis

Panduan Memilih Bisnis Waralaba

Memilih bisnis waralaba merupakan cara yang paling tepat bagi para pebisnis pemula, karena modal yang dibutuhkan relatif ringan dan keterbatasan skill dapat diatasi lewat training yang diberikan si pemilik waralaba. Itu sebabnya, tidak ada alasan bagi siapapun untuk takut dalam berbisnis, meskipun dengan modal dan ketrampilan yang terbatas.

Pengertian dari waralaba sendiri di dalam bahasa Inggris disebut franchising, sedang dalam bahasa Prancis disebut franchise yang artinya hak atau kebebasan. Sehingga secara sederhana dapat diartikan bahwa maksud dari bisnis waralaba adalah kita diberi hak dan kebebasan didalam menjual sebuah produk atau jasa tertentu sesuai dengan syaratdan aturan yang telah disepakati bersama.

Secara terperinci, AFI (Asosiasi Franchise Indonesia) mengistilahkan waralaba sebagai sistem pendistribusian barang atau jasa kepada para pelanggan akhir lewat pemberian hak dari pemilik waralaba untuk menggunakan nama, merek, sistem, prosedur serta cara yang telah ditentukan dan dalam jangka waktu yang sesuai dengan kesepakatan dari kedua belah pihak.

Berbagai keunggulan yang menyertai waralaba, membuat jenis bisnis yang satu ini dalam beberapa tahun terakhir menjadi booming, utamanya di Indonesia. Hal tersebut menjadikan bisnis waralaba dengan berbagai jenis banyak bermunculan dalam beberapa tahun terakhir.

Banyaknya brand waralaba yang bermunculan tersebut, di satu sisi merupakan suatu keuntungan, karena seseorang yang tertarik untuk menggeluti bisnis yang satu ini mempunyai banyak pilihan dalam memilih bisnis waralaba yang diinginkan.

Namun, di sisi lain juga menimbulkan rasa bingung dan bimbang tentang waralaba jenis apa yang paling pas untuk dipilih, sebab setiap merek waralaba memiliki keunggulan sekaligus kekurangan.

Agar tidak salah dalam memilih jenis waralaba yang akan ditekuni diantara berbagai macam bisnis waralaba terbaru yang bisa dipilih, artikel kumkel.com kali ini akan memberikan beberapa tips yang harus diperhatikan.

Pilih Bisnis Waralaba yang Paling Mudah Dijalankan

Sebagai pebisnis pemula yang masih awam dalam menjalankan aktifitas bisnis, langkah terbaik adalah memilih jenis bisnis yang tidak benyak menyita waktu, tenaga dan pikiran, serta praktis dan mudah dijalankan.

Jika sejak awal dalam menjalankan bisnis, Anda sudah dihadapkan dengan persoalan sulitnya mengelola bisnis tersebut, maka hampir bisa dipastikan pada masa-masa yang akan datang bisnis tersebut akan sulit untuk berkembang.

Cari Tempat yang Representatif dan Aman

Tempat yang representatif, nyaman dan aman sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan bisnis, termasuk dalam mendatangkan para customer. Sebab lingkungan yang menjadi lokasi bisnis juga merupakan salah satu faktor yang menjadi bahan pertimbangan bagi mereka dalam memilih produk atau jasa sebagaimana yang mereka butuhkan. Pemilihan lokasi bisnis ini juga harus mempertimbangkan kemudahan akses dan keterjangkauan.

Pilih Waralaba yang Memiliki Banyak Konsumen

Diantara sekian banyak bisnis waralaba terbaru, pilih waralaba yang telah memiliki banyak konsumen dan menjangkau semua kategori umur, salah satu contoh adalah waralaba makanan dan minuman dengan harga yang relatif terjangkau. Memilih bisnis waralaba yang pangsa pasarnya terbatas membuat risiko rugi akan lebih besar.

Harga Produk yang Terjangkau

Sebelum membuka usaha waralaba, perhatikan terlebih dahulu daya beli konsumen di lingkungan sekitar tempat bisnis tersebut akan dibuka, dan pastikan seberapa besar kemampuan masyarakat dalam membeli sebuah produk atau jasa. Sebab, faktor harga juga sangat menentukan keberhasilan dari sebuah bisnis yang akan dirintis. Menjadi lebih aman jika harga dari produk atau layanan dari franchise yang Anda kelola harganya relatif murah dan dapat dijangkau oleh semua kalangan.

Pilih Waralaba dengan Pelayanan yang Terbaik

Kepercayaan pelanggan sangat penting untuk kelangsungan bisnis ke depan, karena sekali saja masyarakat diciderai dengan produk atau jasa yang mengecewakan, maka selamanya tidak akan memanfaatkan produk atau jasa tersebut. Untuk itu, diantara sekian banyak bisnis waralaba terbaru, pilih waralaba yang memberikan pelayanan terbaik dan garansi terhadap produk atau  jasa yang dijual.

Demikian tips yang bisa dijadikan panduan oleh pembaca kumkel.com dalam memilih bisnis waralaba. Perhatikan dan praktikkan tips tersebut, karena kunci awal dari kesuksesan dalam menjalankan bisnis franchise adalah kejelian dalam memilih bisnis waralaba. (ak)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button