fbpx
Lifestyle

7 Olah Raga Mengecilkan Perut yang Wajib Dicoba

Olah raga mengecilkan perut, menjadi olahraga yang saat ini tengah digandrungi oleh para peminat olahraga. Dengan banyaknya kasus obesitas menjadikan olahraga dengan intensitas untuk mengecilkan perut menjadi sangat diminati oleh orang-orang.

Punya perut buncit memang menjadi kendala yang sangat mengganggu kebanyakan orang-orang. Selain melakukan diet ketat, dengan melaksanakan olahraga, hal ini merupakan langkah efektif dalam mengecilkan perut.

Pada dasarnya seseorang minimal wajib melaksanakan olahraga setidaknya 6 kali dalam seminggu dengan intensitas sedang. Olahraga kardio menjadi salah satu langkah efektif agar perut buncit bisa menghilang.

Dengan durasi berolahraga sekitar 30 menit maka bisa dipastikan perut yang awalnya buncit bisa segera menghilang. Lalu apa saja olahraga yang dapat membuat perut buncit segera kecil, simak ulasan berikut.

1. Melakukan Olahraga High Intensity Interval Training (HIIT)

High Intensity Interval Training merupakan salah satu olahraga yang dapat dilakukan untuk mengecilkan perut dengan sangat mudah. Banyak studi yang telah dilaksanakan, salah satunya oleh US National Library of Medicine.

Diungkapkan bahwa kegiatan HIIT sangatlah efektif dalam membuat perut buncit hilang dengan segera. Intensitas olahraga HIIT memang lah sangat berat dengan waktu olahraga serta bentuk aktivitas yang sangat intens menunjukkan bahwa olahraga yang satu ini dapat menghilangkan lemak yang menumpuk dengan segera.

Bentuk-bentuk olahraga yang satu ini ada beberapa macam, salah satunya adalah dengan melakukan bersepeda. Kegiatan bersepeda tentu merupakan salah satu kegiatan olahraga dengan intensitas kegiatan yang cukup tinggi.

Dengan melakukan kegiatan olahraga bersepeda dengan rutin maka hasilnya bisa dinikmati dengan segera. Perut yang tadinya buncit tentu akan menghilang dengan segera. Olahraga yang satu ini memfokuskan pada pembakaran lemak pada area perut kaki serta betis.

Selanjutnya adalah olahraga lari. Berlari menjadi salah satu olahraga yang membutuhkan kekuatan fisik serta keuletan yang sangat tinggi. Olahraga yang satu ini bisa dilakukan dimana saja dengan track yang Panjang atau pun track yang berulang.

Saat berlari seluruh anggota tubuh akan dipaksa untuk berkontraksi sehingga benar-benar membutuhkan ketegangan fisik yang luar biasa. Nah, olahraga yang satu ini menurut penelitian dianggap sangatlah ampuh untuk mengatasi perut buncit yang dialami oleh Sebagian orang.

Dengan intensitas Latihan yang rutin, olahraga lari dapat mempercepat menghilangkan perut buncit yang tentu menjadi kendala bagi Sebagian orang. Jenis kardio yang satu ini dapat membakar lemak dengan segera. 

2. Berenang

Berenang merupakan olahraga yang cukup cepat dalam melakukan pembakaran lemak. Olahraga renang sangat cepat menghilangkan lemak karena olahraga yang satu ini membutuhkan ekstra tenaga untuk mempercepat menghilangkan lemak.

Dengan berfokus pada pergerakan lengan, tangan, serta kaki, tentu saja olahraga yang satu ini akan dengan segera mengecilkan perut. Memang olahraga ini membuat Lelah lebih cepat, namun sadar atau tidaknya, olahraga yang satu ini tentu dapat menyegerakan perut buncit hilang dengan segera.

3. Olahraga Plank

Siapa bilang berdiam diri dengan posisi plank itu mudah ? kebanyakan orang akan terasa kepayahan jika melaksanakan plank. Olahraga ini berfokus pada tumpuan tangan, kontraksi otot perut serta paha. Olahraga yang satu berfokus pada pergerakan otot perut.

Selain itu pergerakan otot sekitar perut juga terlatih dengan segera. Aktivitas plank tentunya akan membakar lemak disekitar perut dengan segera sehingga aktivitas ini menjadi salah satu olahraga yang sangat efektif.

Posisi plank adalah seperti posisi saat push up dengan siku tangan menjadi tumpuan. Cobalah olahraga yang satu ini dengan intensitas waktu sekitar 1 menit. Untuk hasil maksimal lakukan olahraga yang satu ini dengan rutin baik sebelum maupun sesudah bangun tidur.

Untuk melakukan aktivitas yang satu ini dianjurkan dilakukan pada matras yoga agar tidak mencerai siku tangan. Saat melakukan plank, atur nafas secara perlahan. Tarik nafas sebagai langkah awal, kemudian angkat tubuh seperti pada posisi push up.

Sejajarkan tubuh dengan lengan dan lantai. Saat berada pada posisi plank, cobalah untuk menstabilkan tubuh agar tidak goyah atau pun jatuh. Lakukan dengan langkah per set. Dimana setiap durasi per set nya diawali mulai dari 15 detik, 30 detik, 1 menit dan seterusnya sampai tubuh benar-benar mampu stabil dalam pelaksanaannya.

4. Melakukan Olahraga Yoga

Olah raga mengecilkan perut yoga memang terlihat sederhana, namun siapa sangka bahwa olahraga yang satu ini menjadi  Olah raga mengecilkan perut yang efektif.   Untuk melakukan yoga dianjurkan dengan pengawasan dari seorang instruktur yoga. Hal ini untuk langkah pengawasan guna mencegah terjadinya cedera akibat salah gerakan.

Yoga memang menjadi salah satu langkah cepat untuk mengecilkan perut yang buncit. Dengan melakukan yoga, maka otot sekitar perut akan lebih mengalami kontraksi sehingga dapat dengan cepat mengalami penurunan volume perut. Sebagai olahraga dengan gerakan-gerakan tertentu yoga memang menjadi olahraga yang ringan namun efektif.

Gerakan-gerakan yoga dapat dimulai dengan yang sederhana terlebih dahulu.  Olah raga mengecilkan perut yang satu ini tidak membutuhkan ruangan yang besar atau pun tempat khusus. Hanya perlu matras yoga yang nyaman saat melakukan gerakan-gerakan yoga.

5. Standing Crunch Oblique

Olahraga yang satu ini memang termasuk kategori olahraga yang dikhususkan untuk bagian-bagian tertentu dalam tubuh. Olahraga yang satu ini memfokuskan pada bagian sisi sisi tubuh. Dengan gerakan yang satu ini, maka bagian sisi tubuh akan terlihat lebih kencang dan membakar lemak jauh lebih cepat.

Gerakan yang satu ini diawali dengan melaksanakan gerakan standing atau berdiri. Kemudian gunakan beban yang ringan terlebih dahulu mulai dari 2 hingga 4 kilogram.

Ini bertujuan untuk mengencangkan otot-otot sekitar lengan dan bagian sisi. Lalu mulailah dari tangan kiri hingga dapat menyentuh lantai, namun tetap untuk menjaga keseimbangan badan. Kemudian gantian dengan sisi lainnya lakukan secara perlahan.

6. Melakukan Gerakan Lying Leg Raise

Olah raga mengecilkan perut yang satu ini layaknya plank, namun dengan teknik yang berbeda. Yaitu dengan mengangkat kaki keatas lalu sambal berbaring menahan gerakan mengangkat kaki dengan durasi waktu 30 hingga 60 detik. Saat melakukan gerakan yang satu ini harus diusahakan agar kaki tidak menekuk sama sekali.

Inti dari gerakan yang satu ini adalah mengencangkan otot sekitar perut dan paha. Dengan melakukan gerakan ini, maka pembakaran lemak di perut akan terbakar lebih sempurna dan perut buncit pun akan hilang dengan segera.

7. Melakukan Bicycle Crunch

Bicycle Crunch merupakan gerakan seperti mengayuh sepeda dengan memanfaatkan kekuatan otot kaki serta kekencangan otot perut. Dengan gerakan ini maka pembakaran lemak di perut akan jauh lebih efektif dan lebih maksimal. Saat melakukan gerakan ini harus benar-benar sempurna agar hasilnya maksimal.

Gerakan yang satu ini memang agak susah jika dilakukan oleh pemula. Saat melakukan gerakan yang satu ini otot sekitar perut akan mengalami kontraksi lebih tinggi, sehingga akan terasa sakit setelah melakukan gerakan sekitar beberapa detik. Namun jika terus dilakukan maka otot perut akan terlatih dan perut buncit akan segera hilang.

Olah raga mengecilkan perut memang menjadi solusi cepat bagi siapa saja yang ingin mengecilkan perut dengan segera. Dengan gerakan-gerakan yang benar, maka hasilnya pun juga akan lebih efektif. Saat melakukan gerakan-gerakan tersebut pastikan melakukan dengan benar guna menghindari cedera. (BA)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button