fbpx
Artikel

Norma Dalam Kehidupan Sehari-Hari Berdasarkan Jenisnya

Adanya norma dalam kehidupan membuat tata pergaulan manusia menjadi tertib.Contoh norma juga banyak sekali dan sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Sebab, pada dasarnya masyarakat tidak bisa terlepas dari sebuah aturan.

Tanpa adanya ketentuan yang berlaku, kekacauan tidak bisa terhindarkan. Akibatnya, kehidupan manusia jauh dari kata teratur. Pastinya tidak ada yang nyaman hidup dalam keadaan yang demikian.

Dalam berlalu lintas misalnya. Apabila tidak ada ketentuan yang mengatur, antara pengemudi yang satu dengan yang lain bisa saling tabrakan. Lebih dari itu, arus lalu lintas menjadi sangat sulit untuk dikendalikan.

Bahkan, mungkin untuk menyeberang jalan raya saja sangat sulit. Pada akhirnya, justru membahayakan nyawa masing-masing. Oleh karena itu, ada petunjuk di jalan.

Pengertian Norma Dalam Kehidupan

Pengertian Norma Dalam Kehidupan
Dalah Kehidupan di Masyarakat, Dibutuhkan Norma

Kedudukan manusia sebagai makhluk sosial membuat mereka tidak bisa hidup sendiri, tetapi selalu bergantung dengan orang lain. Kondisi yang seperti ini menuntun mereka untuk terus berinteraksi guna menjalin hubungan baik dengan orang lain. Interaksi-interaksi yang terjadi mengantarkan manusia untuk selalu berkelompok. Kelompok itulah yang kemudian menjelma menjadi sebuah masyarakat.

Masyarakat merupakan kelompok manusia yang berada di wilayah-wilayah tertentu. Ada tiga faktor penting yang mendorong kehidupan masyarakat tercipta, yaitu hasrat manusia untuk memenuhi kebutuhan ekonomis, membela diri, dan mengadakan keturunan. Dalam kesatuan kehidupan ini, lalu muncul sebuah norma dalam kehidupan yang berasal dari kebiasaan masyarakat pemiliknya.

Norma dalam kehidupan adalah suatu kaidah sosial dalam masyarakat. Wujudnya berupa ketentuan yang mengatur tingkah laku dalam pergaulan hidup manusia. Petunjuk itu kemudian menjadi sebuah pedoman yang ditaati keberadaannya. Tujuan utamanya yaitu untuk menjaga keseimbangan manusia dalam masyarakat.

Hal ini menunjukkan bahwa setiap orang memang memiliki kepentingannya masing-masing. Eksistensi  norma berfungsi untuk menjaga agar kepentingan manusia satu dengan yang lain tidak saling bertabrakan. Selain itu, juga menyadarkan manusia apabila orang lain pun mempunyai kepentingan yang harus dihargai. Karena itu, manusia tidak boleh egois dengan memaksakan kepentingannya sendiri.

Tanpa adanya norma, setiap manusia akan memaksakan kepentingannya masing-masing. Misal, tanpa adanya aturan dalam berumah tangga, maka A merasa ia bisa memainkan radio hingga tengah malam dengan keras. Padahal, hal itu mengganggu waktu istirahat tetangganya.

Jenis Norma Dalam Kehidupan

Untuk memudahkan pemahaman mengenai jenis norma dalam kehidupan, berikut akan disajikan tabel mengenai pembagian norma, beserta kelengkapan lain yang terkait.

Jenis NormaAgamaKesopananHukumKesusilaan
SumberTuhan Yang Maha Esa.Pergaulan masyarakat tertentu yang diukur berdasarkan kepantasan, kebiasaan, dan kepatutan dalam masyarakat.Peraturan perundang-undangan tertentu.Suara hati manusia.
IsiPerintah, larangan, anjuran.Pedoman berperilaku dan bersikap dalam kehidupan bersama.Hak dan kewajiban manusia di depan hukum yang mengikat dan mengaturnya.Bisikan suara batin dalam diri manusia yang diakui oleh setiap orang dan digunakan untuk mengatur perbuatannya.
TujuanMengatur kewajiban-kewajiban manusia kepada Tuhan.Menciptakan ketertiban perilaku dalam masyarakat.Menghindari jatuhnya korban, mendorong terciptanya ketertiban, dan mewujudkan keadilan dalam masyarakat.Agar manusia bisa menjadi manusia yang sempurna.Memelihara ketertiban manusia dalam bermasyarakat.  
SasaranDitujukan pada batin manusia.Ditujukan kepada perbuatan lahiriah (terlihat).Semua orang dalam setiap negaraDitujukan kepada sikap manusia.
SanksiBerasal dari Tuhan.Dari luar individu, berupa cemoohan dan celaan dari sekitar.Ancaman hukuman sesuai peraturan hukum yang berlaku.Berasal dari diri sendiri, berupa penyesalan, dan sebagainya.
Jenis Norma Dalam Kehidupan

Penjelasan Lebih Lanjut Mengenai Norma Dalam Kehidupan

Secara lebih rinci, penjelasan dari masing-masing norma akan dipaparkan melalui tabel di bawah ini, yaitu:

NoJenis NormaPenjelasan
1Norma AgamaPeraturan-peraturan hidup yang bersumber dari Tuhan yang merupakan tuntunan untuk hidup ke jalan yang benar. Keberadaan norma ini diakui oleh para pemeluk agama. Norma ini memiliki nilai fundamental yang mewarnai kaidah sosial lainnya, yaitu kesusilaan, kesopanan, dan hukum.
2Norma KesusilaanPedoman hidup dalam pergaulan manusia yang bersifat universal dan dapat diterima oleh seluruh manusia. 
3Norma KesopananDiikuti dan ditaati sebagai petunjuk yang mengatur pergaulan hidup antara manusia satu dengan yang lain di lingkungannya.
4Norma HukumSejumlah peraturan yang dibuat secara resmi oleh lembaga yang berwenang (penguasa negara) yang mengikat setiap orang di dalamnya dan berlakunya norma ini bisa dipaksakan serta dipertahankan.
Penjelasan Lebih Lanjut Mengenai Norma Dalam Kehidupan

Perbedaan Mendasar Antara Norma Hukum dan Norma Kesopanan

Norma Dalam Kehidupan
Bahkan Di Jalan Raya Sekalipun, Dibutuhakn Norma Kesopanan dan Aturan Lalu Lintas

Apabila dilihat dengan sekilas, tidak ada perbedaan yang sangat mencolok dari norma hukum dan norma kesopanan. Tujuan, sasaran, dan isi dari kedua norma ini adalah sama. Lalu, apa yang membedakan keduanya?

Perbedaannya terletak pada isi dan sifat masing-masing kaidah tersebut. Adanya norma hukum bersifat mengikat dan memaksa. Sedangkan norma kesopanan tidak bisa menuntut seluruh masyarakat untuk mengikutinya. Sebab, sifat dari kaidah kesopanan adalah khusus, hanya berlaku bagi kelompok tertentu.

Kedua norma ini pun memiliki isi yang berbeda. Norma hukum mengandung hak dan kewajiban, sedangkan norma kesopanan hanya berisi tentang kewajiban yang harus dilakukan.

Contoh Norma Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Agar lebih jelas mengenai seperti apa saja contoh norma yang ada dalam kehidupan manusia, berikut akan disajikan contohnya dalam perbuatan konkrit masyarakat.

Jenis NormaContoh
Norma AgamaPerintah untuk beribadah sesuai agama dan kepercayaan.Larangan untuk menyakiti sesama manusia, seperti memfitnah orang lain.Anjuran untuk berbuat baik, misalnya berbagi.
Norma KesusilaanBisikan hati untuk tidak mencuri, tidak berbohong, meminta maaf ketika melakukan kesalahan, dan berterima kasih setelah ditolong.
Norma KesopananTidak membuang ludah di sembarang tempat.Perempuan sebaiknya tidak pulang larut malam.Berpakaian dengan sopan, menutup bagian tubuh.Tidak sombong dengan yang lain.
Norma HukumLarangan untuk membunuh.Hak untuk mendapatkan keadilan.Hak persamaan di depan hukum.Larangan mengambil barang milik orang lain.
Contoh Norma Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Sebagai informasi untuk Anda, pada mulanya suatu norma berasal dari kebiasaan masyarakat. Kebiasaan tersebut kemudian menjelma menjadi kuat dengan dipatuhi berdasarkan tolak ukur tertentu. Pada fase selanjutnya, kebiasaan tersebut akan menjadi pegangan dalam kehidupan. Inilah yang disebut sebagai norma.

Paparan mengenai norma dan contohnya dimaksudkan agar dalam bermasyarakat, manusia bisa memasyarakatkan diri. Artinya, tidak semena-mena dan memaksakan kehendaknya sendiri. Sebagai pandangan hidup yang mengatur secara universal, Indonesia pun telah memiliki Pancasila. Dalam arti khusus, norma merupakan pengamalan dari nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Contoh Norma Dalam Kehidupan Sehari-Hari
Contoh Norma Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Penjelasan-penjelasan berkaitan dengan norma yang telah diuraikan di atas sekaligus bisa menjadi sarana untuk menyederhanakan pemahaman bagi siswa yang masih kesusahan dalam mempelajari materi norma dalam kehidupan. Berbentuk ringkasan yang singkat tetapi padat isinya, diharapkan bisa dengan mudah dimengerti. Setelah paham, maka mereka dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button