fbpx
Bisnis

Rincian Modal Usaha Laundry Koin dan Kelebihan Usahanya

Berbicara tentang laundry koin mungkin jadi teringat akan salah satu film dari Mr. Bean yang sedang mencuci pakaiannya. Benar, usaha laundry koin memang sudah sangat biasa di luar negeri. Namun, di dalam negeri, usaha laundry koin ini belum cukup dikenal. Tertarik untuk membuka usaha laundry koin, berikut rincian modal usaha laundry koin dan kelebihannya.

Rincian Modal Usaha Laundry Koin

Sebelum memulai usaha laundry koin, tentunya menyusun rincian modal usaha yang dibutuhkan untuk usaha adalah hal yang utama. Berikut ini beberapa rincian modal usaha laundry koin, terbagi menurut bagian-bagian yang utama saja.

1. Biaya Peralatan

Salah satu rincian untuk modal usaha laundry koin adalah menyiapkan modal yang digunakan sebagai aset usaha. Aset usaha laundry koin membutuhkan beberapa peralatan yang tidak sedikit, mulai dari mesin cuci, papan setrika, hingga alat lain seperti timbangan. Masing-masing peralatan ini disebut sebagai sebuah aset yang tidak akan habis dalam waktu cepat.

Kualitas aset sangat penting untuk kelancaran usaha laundry koin. Oleh sebab itu, jangan pernah membeli aset-aset untuk kegiatan usaha laundry secara asal-asalan. Meski membutuhkan biaya modal awal yang lebih besar, tetapi karena awet, aset-aset itu dapat menghemat modal secara keseluruhan. Dengan kualitas yang terbaik pada aset-aset tersebut akan menghemat modal yang harus dikeluarkan untuk biaya servis atau penggantian aset.

2. Biaya Perlengkapan

Selain berupa aset-aset yang berjangka waktu lama, usaha laundry koin juga membutuhkan modal untuk membeli beberapa perlengkapan. Di antara perlengkapan yang termasuk dalam modal usaha laundry koin adalah deterjen atau sabun, pemutih, pelembut, hingga plastik untuk membungkus.

Biaya perlengkapan ini dikategorikan sebagai biaya modal yang harus dikeluarkan secara rutin dan berkaitan langsung dengan operasional. Dalam perincian modal ini, perlengkapan dalam usaha laundry ini merupakan bahan-bahan yang bisa cepat habis, sehingga harus ada perencanaan pengeluaran atas biaya ini secara rutin.

3. Pengeluaran Listrik, Air, dan Sewa Tempat

Selain biaya untuk modal peralatan dan perlengkapan, jangan lupakan pula modal yang harus dikeluarkan untuk aspek-aspek penunjang usaha laundry koin. Aspek penunjang dalam usaha laundry ini antara lain biaya listrik, air, dan sewa tempat. Biaya listrik dan air tidak perlu dijelaskan lebih lanjut karena sudah sangat mudah dipahami.

Khusus untuk sewa tempat, modal yang dikeluarkan cukup besar. Apalagi usaha laundry koin ini membutuhkan tempat yang cukup luas. Sehingga modal usaha laundry koin yang dibutuhkan untuk sewa tempat ini perlu dipikirkan matang-matang. Namun, keuntungan dari usaha laundry koin adalah tidak membutuhkan karyawan, sehingga komponen modal untuk gaji karyawan bisa ditiadakan.

Kelebihan Usaha Laundry Koin

Usaha laundry koin ini masih belum banyak dijumpai di Indonesia. Masyarakat biasanya memanfaatkan usaha laundry kiloan yang sudah menjamur. Oleh sebab itu, perlu edukasi tambahan untuk mengenalkan usaha laundry koin ini. Namun jangan takut, usaha laundry koin juga bisa memiliki kelebihan-kelebihan seperti berikut ini:

1. Belum Banyak Pesaing

Dibandingkan dengan usaha laundry kiloan yang sudah menjamur, belum banyak orang yang membuka usaha laundry koin di Indonesia. Dilihat dari satu sisi, perlu adanya edukasi tambahan untuk mengenalkan usaha laundry koin ini agar masyarakat menjadi tertarik. Namun disisi lain, karena masih sedikit orang yang membuka usaha ini, maka pesaing dalam usaha ini juga masih sedikit.

Sedikitnya pesaing ini tentu memberikan keuntungan. Tidak ada pesaing ini bisa membuat pengusaha dapat memonopoli usaha laundry koin ini. Tanpa persaingan tentu dapat membuat siapapun yang membuka usaha laundry koin ini bisa meraup keuntungan yang sebesar-besarnya.

2. Bisnis yang Simpel

Kelebihan lain dalam usaha laundry koin ini adalah karena merupakan proses bisnis yang sangat simpel. Usaha laundry koin menggunakan sistem self service sehingga dapat berjalan hanya dengan membeli mesin cuci dan berbagai perlengkapan kerjanya. Usaha laundry koin ini bahkan bisa dijalankan oleh satu atau dua orang yang membantu untuk operasional laundry.

Sebagai pelaku operasional laundry koin juga tidak memerlukan tenaga untuk melakukan setrika yang melelahkan. Cukup duduk saja untuk memantau pelanggan yang melakukan pekerjaannya sendiri, sudah cukup untuk mendatangkan keuntungan yang berlipat dari usaha laundry koin. Lain halnya dengan usaha laundry kiloan yang melelahkan karena masih harus melakukan kegiatan mencuci dan menyetrika.

3. Usaha yang Bertahan Lama

Usaha laundry koin ini tergolong ke dalam jenis usaha yang dapat bertahan lama. Alasannya, karena tentu saja setiap manusia membutuhkan pakaian bersih untuk keperluan sehari-hari mereka. Selama kebutuhan manusia akan pakaian bersih tetap ada, maka usaha laundry koin ini akan tetap dibutuhkan oleh manusia.

Oleh sebab itu, usaha laundry koin ini sangat menjanjikan karena tidak akan pernah usang dimakan zaman. Usaha laundry koin tidak akan pernah mati karena selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Bahkan ketika perekonomian sedang tidak stabil sekalipun, usaha laundry koin tidak akan pernah tergoyahkan. Sehingga bisa menjadi investasi dan peluang usaha yang sangat menjanjikan.

4. Perputaran Uang Lebih Cepat

Target pasar dari usaha laundry koin ini adalah orang-orang yang membutuhkan pakaian bersih dalam waktu singkat. Proses operasional yang mudah dan singkat menjadi keunggulan dari usaha laundry koin sehingga akan ada banyak orang yang menggunakan jasa ini. Orang akan dengan cepat silih berganti untuk memanfaatkan jasa laundry ini karena prosesnya yang cepat.

Semakin cepat orang berganti sama artinya dengan semakin banyak orang yang menggunakan jasa laundry ini. Karena semakin banyak orang yang menggunakan jasa laundry ini, maka perputaran uang dalam usaha laundry koin juga menjadi cepat. Dengan begitu, sehingga pengusaha laundry koin ini bisa balik modal dengan waktu yang lebih cepat.

Apalagi ditunjang dengan lokasi yang strategis, seperti kawasan perkantoran, apartemen, atau hotel yang banyak diisi oleh orang-orang dengan tingkat kesibukan tinggi. Bukan tidak mungkin dalam kurun waktu singkat, usaha laundry koin ini bisa balik modal dan memberikan keuntungan berlipat.

5. Proses Cepat, Aman, dan Minim Komplain

Risiko dari laundry kiloan yang sering ditemui adalah tertukarnya pakaian antara pelanggan satu dengan pelanggan lainnya. Tertukarnya pakaian ini sering menjadi komplain yang diutarakan pelanggannya. Namun, hal ini tidak akan ditemui dalam usaha laundry koin yang menggunakan sistem self service.

Sistem self service dalam usaha laundry koin ini membuat proses mencuci menjadi cepat, minim resiko tertukarnya pakaian pelanggan, dan tentu saja akan meminimalisir komplain akibat hal tersebut. Sistem ini juga banyak disukai oleh orang-orang yang memiliki tingkat kesibukan tinggi karena prosesnya yang cepat untuk mendapatkan pakaian yang bersih.

Modal usaha laundry koin yang relatif lebih kecil dibanding dengan usaha laundry kiloan tentu membuat usaha ini cukup menjanjikan. Proses yang cepat dan aman juga menjadi kelebihan lain dalam usaha laundry koin ini. Bukan tidak mungkin usaha laundry koin ini dapat memberikan keuntungan yang cukup tinggi. (BA)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button