fbpx
BisnisHow ToProductivity

Cara Menghindari Berbagai Kesalahan Fatal Saat Berbisnis

Menghindari Berbagai Kesalahan Fatal Saat Berbisnis – Dalam setiap bisnis pasti akan ada suatu kesalahan yang dilakukan pebisnis. Belajar dari kesalahan yang telah dibuat memang penting untuk menghindari hal yang sama di kemudian hari. Tidak menyerah dalam menghadapi permasalahan yang dihadapi, selalu berfokus kepada solusi, dan tidak tenggelam dalam permasalahan adalah tindakan yang tepat.

Bisnis merupakan sebuah jiwa bagi para pengusaha. Untuk itu, selalu berpikir positif dalam menyikapi segala masalah. Pada faktanya memang masih banyak pengusaha yang melakukan kesalahan yang sama terus menerus, dan ini merupakan tindakan fatal bagi bisnis mereka. Anda bisa menghindari banyak kesalahan fatal dengan mengikuti tips berikut.

Miliki Motivasi Yang Tepat

Sebagaian orang memulai bisnis karena mereka percaya diri dengan kemampuan berkerja di tempat sebelumnya, contohnya seperti seorang manager yang memutuskan memulai karir baru dengan membuka bisnis. Tapi sayangnya, karena bisnis itu bukanlah passionnya, ia hanya mengandalkan sistem manajemen. Sangat kecil kemungkinan untuk bisnis seperti ini bisa berkembang dan bertahan.

Motivasi yang tepat merupakan titik awal kesuksesan menjalankan bisnis. Memulai bisnis bukan hanya berdasarkan ilmu yang Anda miliki, tetapi juga karena passion menjalankannya. Passion sendiri sangat berguna. Saat bisnis sedang dalam titik terendah, Anda akan tetap tegar dan tidak langsung menyerah. Sudah banyak pebisnis sukses karena mengikuti passionnya.

Lakukan Uji Coba Dan Konsultasi

Anda memiliki modal serta ide, lalu tanpa berpikir panjang mengeksekusi rencana membuka bisnis tanpa pertimbangan. Tindakan tidak bijak ini hanya akan membawa bisnis Anda ke dalam kegagalan. Lebih baiknya, Anda melakukan riset dulu tentang ide bisnis yang dimiliki, serta lakukan sharing bersama para pebisnis senior. Biasanya pebisnis senior akan senang bila diajak bediskusi.

Tentu saja itu akan membuahkan gagasan yang lebih baik serta Anda akan mendapatkan ide yang lebih matang. Terburu-buru malah akan membuat Anda kehabisan budget karena melakukan pengeluaran yang tidak diperlukan. Setelah berdiskusi dengan para pakar bisnis, Anda pasti akan mengetahui celah dari setiap langkahnya, sehingga dapat menghemat pengeluaran.

Rencanakan Biaya 1 Sampai 2 Tahun Kedepan

Sebagian pebisnis memang beruntung apabila bisa memulai dengan biaya yang berlebih, lantas bagaimana dengan yang kekurangan? Mereka cenderung melakukan kredit untuk menutupi biaya awal. Ini merupakan kesalahan klasik bagi pebisnis. Karena modal awal yang berasal dari kredit justru akan membuat bisnis Anda terbebani. Usahakan memiliki modal awal yang cukup untuk menjalankan bisnis 1 sampai 2 tahun kedepan.

Biaya yang dibutuhkan memang akan besar, tapi lebih baik menunggu daripada harus memaksakan lewat kredit. Beban bunga kredit akan sangat menyiksa Anda kedepannya, akibat terburuk adalah bisa menghilangkan fokus Anda untuk meraih keberhasilan. Cukup mengupulkan dana maksimal untuk 2 tahun kedepan dan Anda sudah siap untuk menjalankan bisnis.

Strategis Dalam Memasuki pasar

Setalah anda memahami cara melakukan riset pakar dan juga berdialog dengan senior, sekarang waktunya memasuki pasar. Dalam melakukan riset, Anda tidak boleh terlalu lama, karena kebutuhan pasar akan selalu berubah sesuai dengan tren yang berkembang setiap tahunnya. Strategi memasukan barang yang akan Anda pasarkan harus bertepatan dengan booming tren sehingga memudahkan kenaikan omset.

Kemahiran memanfaatkan celah akan sangat berguna pada fase ini. Anda memang tidak dituntut untuk cepat memasuki pasar, tapi juga jangan terlalu lama. Mengingat pesaing juga akan bergerak menyesuaikan pasar, Anda harus lebih cerdik. Berbisnis memang suatu hal yang unik di mana Anda harus belajar terus sampai tetap berada di puncak mengungguli yang lainnya.

Selalu Bercemin Dan Melatih Kekurangan

Anda akan menjadi pemimpin yang memiliki banyak karyawan apabila menjalankan bisnis. Jika Anda rasa masih banyak kekurangan didalam diri, tidak ada salahnya untuk bercermin agar bisa memperbaiki kekurangan tersebut. Semakin banyak Anda berintropeksi diri akan lebih baik. Tidak ada yang lebih memahami diri Anda sebaik Anda sendiri. Sebagian pemimpin yang gagal mengintropeksi diri sendiri menimbulkan ketidaknyamanan bagi bawahannya.

Apabila bawahan  tidak nyaman, maka service kepada costumer juga akan buruk, dan ini yang membuat beberapa bisnis hancur. Memimpin memang bukan sebuah pekerjaan yang mudah, mengatur banyak individu agar bisa berkerja menuju tujuan yang sama. Jangan berfokus kepada kesalahan bawahan Anda. Fokuslah kepada perbaikan diri Anda.

Menerima Masukan Dengan Sesuai Model Bisnis Anda

Menerima masukan dari berbagai pebisnis senior memang baik, tapi yang harus diingat adalah selalu meminta saran kepada pebisnis dengan model yang sama. Terlalu banyak menerima saran dari model yang berbeda akan berdampak kepada kegagalan. Karena masalah yang dihadapai serta jenis penyelsaian akan berbeda, sesuai dengan model bisnis apa yang Anda jalani.

Kembangkan hubungan dengan pebisnis yang memiliki model produk sama, atau paling tidak sejenis dengan Anda. Contohnya Anda akan lebih mendapatkan manfaat saat berhubungan dengan pebisnis makanan apabila hendak membuka sebuah cafe. Cerdas memanfaatkan waktu juga diperlukan untuk mengeksekusi masukan yang telah Anda terima agar tidak hanya menjadi rencana saja.

Tidak Terlalu Ambisius

Melakukan ekspansi merupakan impian semua pebisnis. Mengembangkan bisnis mereka agar memiliki banyak cabang serta jenis produk yang beragam. Tapi kenyataannya, tidak semudah itu untuk melakukan ekspansi. Banyak hal yang harus dipertimbangkan. Bisnis awal Anda bisa sukses karena baru skala kecil, sedangkan memulai ekspansi berbeda cerita, karena akan memulai perluasan cakupan bisnis.

Banyak sumber daya yang dibutuhkan serta riset lebih dalam mengenai pasar. Lagi-lagi jangan sampai terburu-buru, karena masalah ekspansi Anda juga harus mengeluarkan biaya yang tidak kecil. Ada beberapa kasus usaha yang awalnya sukses, karena terlalu ambisius mereka melakukan ekspansi tanpa berpikir panjang. Ternyata cabang baru dari bisnis itu tidak sukses dan kerugian yang didapatkan.

Bangun Jaringan Bisnis Yang Sehat Agar Menghindari Kesalahan Fatal Saat Berbisnis

Setiap bisnis pasti membutuhkan jaringan bisnis yang besar. Contohnya dalam sebuah toko pasti dibutuhkan banyak supplier untuk melengkapi barang-barang yang akan dijual didalamnya. Begitu juga bisnis Anda, perlu banyak jaringan agar bisa berjalan dengan baik. Hubungan yang dibuat juga harus bisa saling menguntungkan, jangan sampai hanya di satu pihak saja.

Kemampuan bernegosiasi Anda sangat diperlukan dalam tahap ini. Membangun hubungan kerjasama adalah jembatan menuju kesuksesan. Manfaatkan peluang yang tersedia selama menjalin kerjasama, apabila Anda merasa masih kurang memiliki kenalan, maka tidak ada salahnya mengikuti berbagai seminar bisnis. Di sana Anda bisa mendapatkan kenalan bisnis yang mungkin saja bisa menguntungkan.

Selalu berpikir terbuka, karena di era globalisasi memang membuka berbagai peluang bisnis dari berbagai faktor. Tidak percaya? contohnya saja game. Dulu game dianggap hanya sebuah hiburan, tapi sekarang bermain game bisa menjadi sebuah pekerjaan dengan penghasilan besar. Manfaat selalu melakukan riset pasar adalah bisa memanfaatkan celah untuk mengambil keuntungan besar dari tren yang sedang berlangsung.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close