fbpx
Travel

Mendekap Salju di Korea

Untuk yang tinggal di wilayah tropis seperti Indonesia, akhir tahun merupakan kesempatan yang bisa digunakan untuk merasakan musim dingin di negara lain. Negara-negara di Eropa bisa menjadi pilihan, namun kali ini Anda juga harus merasakan bagaimana indahnya nuansa musim dingin di Korea.

Musim dingin di Korea berlangsung mulai November hingga Maret. Musim dingin di Korea juga menjadi salah satu musim dingin dengan suhu paling rendah, sebanding dengan musim dingin di Rusia, atau Mongolia.

Setiap daerah di Korea memang memiliki tingkat dingin yang bervariasi. Daerah-daerah di utara akan semakin dingin, sedangkan daerah di selatan bisa tidak terlalu dingin. Di Seoul, Paju, dan daerah-daerah yang memang berada di utara, sudah menjadi hal biasa jika temperatur di sana bisa serendah -15 hingga -20 derajat celsius.

Gangwondo, tempat di mana Olimpiade Pyeongchang diadakan menjadi lokasi paling dingin di Korea. Jadi ketika Anda ingin berlibur ke Korea, harus dipahami jika musim dingin di Korea bisa sangat dingin dan Anda pun harus mempersiapkan perlengkapan yang bisa melindungi Anda dari suhu dingin tersebut.

Perlengkapan sandan yang perlu disiapkan diantaranya inner Heattech, sweater, dan jaket insulated. Heattech legging juga bisa Anda pakai untuk melindungi bagian bawah Anda, lengkap dengan kaus kaki tebal, dan sepatu boot waterproof. Terakhir untuk melindungi leher, sebaiknya Anda juga membawa syal.

Lalu setelah Anda siap, apa saja yang bisa Anda lakukan setibanya di Korea saat musim dingin?

Berikut ini adalah kegiatan-kegiatan yang bisa Anda lakukan, untuk mendapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan selama musim dingin di Korea.

Anda bisa makan-makan! Korea memang terkenal dengan wisata kulinernya yang beragam. Namun jika Anda datang di musim dingin, kudapan yang harus Anda coba adalah sup atau hotpot. Selalu cari makanan dengan akhiran guk (국), tang (탕), dan jjigae (찌개), karena itu merupakan bahasa Korea untuk sup atau hotpot.

Salah satu hotpot favorit yang bisa menghangatkan Anda dari dalam adalah Bbyeodagwitang (뼈다귀탕). Bbyeodagwitang merupakan sup daging babi yang dicampur dengan berbagai macam saus dan sayuran. Cita rasa yang dihadirkan sup ini adalah pedas dan gurih.

Korea juga terkenal dengan kudapan pinggir jalannya yang menghangatkan hati. Makanan-makanan ini bisa ditemukan di mana saja di Korea. Anda bisa memakannya menggunakan tangan, menggunakan stik, atau di mangkuk. Tetapi jika Anda ingin merasakan yang terbaik, Anda bisa datang ke Pasar Tongin dan Pasar Gwangjang.

Kudapan favorit di Korea diantaranya adalah, Chi-maek (ayam goreng Korea), Tokkebi (corn dog goreng), Hotteok (sejenis pancake yang diisi dengan sirup), dan Gyeran Bbang (egg muffin). Anda juga bisa merasakan kudapan lain seperti Odeng (sejenis otak-otak ikan yang disajikan dengan kaldu) dan Samgyetang (sup ayam gingseng).

Jika Anda telah puas menghangatkan hati dan perut Anda, kini giliran mendatangi tempat-tempat favorit di Korea yang bisa dihabiskan selama musim dingin. Anda bisa bermain ice-skating di tempat-tempat seperti Lotte World, Seoul Plaza, dan Onemount Snow Park.

Jika Anda bosan bermain ­ice-skating, Anda bisa coba merasakan sensasi mendaki gunung di Korea. Sebenarnya kegiatan mendaki gunung di Korea bukan kegiatan yang hanya bisa dilakukan di musim dingin. Tetapi saya bisa katakan mendaki gunung di musim dingin akan memberikan pengalaman yang berbeda. Lokasi pendakian favorit adalah Jogyesan, Daedunsan, dan Deogyusan. Anda bisa mencapainya melalui Seoul.

Setelah Anda sudah puas beraktivitas dan ingin merelaksasikan diri, Anda bisa pergi ke jjimjilbang, pemandiam air panas umum khas Korea yang berukuran besar. Anda bisa menemukan jjimjilbang hampir di seluruh tempat di Korea. Pemandian ini membagi kolam laki-laki dan perempuan secara terpisah. Tidak hanya itu fasilitas yang diberikan diantaranya bak mandi air panas, sauna, meja pijit, dan ruang tidur.

Terakhir kurang lengkap rasanya jika Anda tidak mengunjungi tempat-tempat bersejarah di Korea seperti kuil-kuil dan istana. Sudah banyak orang yang merekomendasikan untuk menyambangi tempat-tempat tersebut di waktu musim dingin karena pemandangan bisa berkali-kali lipat lebih indah berkat salju. (fa)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close