FoodHealthHow ToLifestyle

8 Makanan Sehat Terbukti Dapat Menurunkan Berat Badan

Dalam artikel ini kamu akan mengenal beberapa makanan sehat yang terbukti efektif mengurangi berat badan.

Makanan yang kita konsumsi sangat berpengaruh terhadap kesehatan dan juga berat badan kita.

Jika kita lebih sering mengkonsumsi makanan tidak sehat seperti makanan instan (fast food), jangan berharap berat badan kita berkurang.

Hanya dengan diet dan mengkonsumsi makanan sehat yang dapat menjaga metabolisme tetap aktif untuk mengurangi berat badan berlebih.

Dengan penerapan teratur dalam program dietmu, impian untuk memiliki berat badan ideal dapat tercapai. Tentunya kesehatanmu juga tetap terjaga karena nutrisi yang terkandung dalam jenis-jenis makanan ini adalah nutrisi yang tepat untuk menjaga daya tahan tubuh.

8 makanan pilihan yang tepat untuk diterapkan dalam program dietmu :

1.  Telur

Banyak kontroversi terhadap jenis makanan satu ini, ada yang mengatakan konsumsi telur berlebihan dapat menyebabkan bisulan, ada juga yang mengatakan kadar kolesterol yang terkandung dalam telur berbahaya jika dikonsumsi secara rutin, namun menurut hasil penelitian modern yang telah dilakukan, diketahui bahwa telur mengandung lemak sehat yang efektif dan dianjurkan untuk menurunkan berat badan.

Bagi yang doyan makan, telur dikenal dapat memberikan rasa kenyang yang cukup lama, dan juga dapat disajikan dengan cara yang bervariasi. Bernutrisi baik dan enak untuk dikonsumsi, telur wajib untuk masuk daftar makanan dalam program dietmu.

2.  Buah-buahan

  • Alpukat

Bukan hanya memiliki rasa yang enak, alpukat juga diketahui memiliki nutrisi yang baik untuk menurunkan berat badan, diantaranya yaitu : Asam oleat, folat, kalium, dan serat yang sangat tinggi.

Penyajian alpukat pun tergolong mudah, alpukat bisa disajikan berupa jus maupun campuran dalam salad.

  • Buah Beri

Kaya akan serat, buah beri merupakan pilihan yang tepat untuk masuk dalam menu dietmu, baik itu blueberry, raspberry maupun stroberi.

  • Pisang

Mungkin buah yang satu ini bisa dikatakan sebagai salah satu buah terpopuler di dunia.

Kaya akan potasium dan magnesium, pisang sangat cocok sebagai pilihan menu dalam program dietmu. Buah pisang dapat membantu mengeliminasi kegemukan yang terjadi akibat air di dalam tubuh yang berlebihan.

  • Labu

Tak hanya pisang, buah labu juga kaya akan potasium. Buah yang identik dengan perayaan halloween ini diketahui dapat mencegah kegemukan jika dikonsumsi secara rutin. Tak hanya itu, buah labu juga mengandung antioksidan yang dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas.

3.  Ikan berminyak

Ikan berminyak adalah ikan yang dagingnya mengandung minyak. Umumnya, ikan yang memiliki daging berwarna merah kadar minyaknya dapat mencapai 30 persen dari massa daging, tergantung spesiesnya.

Diketahui, jenis ikan ini merupakan sumber vitamin A dan vitamin D, yang mana kedua vitamin tersebut larut dalam lemak.

Kandungan terpenting dalam jenis ikan ini adalah asam lemak omega 3 yang bermanfaat bagi kesehatan dan efektif menurunkan berat badan.

Contoh ikan berminyak adalah sarden, teri, salmon, dan makarel.

4.  Sayuran Hijau

Jika bicara mengenai makanan diet terefektif, sayuran hijau pastinya menempati posisi teratas. Hal ini dikarenakan sayuran memiliki kalori yang rendah, namun serat yang tinggi. Serat membawa banyak manfaat dalam sistem pencernaan dan dapat mengurangi nafsu makan.

Sayuran hijau kaya akan nutrisi, vitamin, mineral, dan antioksidan. Jenis-jenis sayuran hijau yang disarankan dapat membantu program dietmu diantaranya yaitu : bayam, kale, kubis, brokoli.

5.  Kentang

Yang harus diingat terlebih dahulu, kentang goreng tidaklah sehat. Saat digoreng, kentang akan menghasilkan kalori yang tinggi dan lemak jahat, namun bukan berarti kentang bukanlah makanan yang harus dihindari. Sebaliknya, kentang yang dimasak dengan cara direbus atau dikukus dapat menjadi menu pilihan tepat untuk diet.

Dengan proses penyajian seperti itu, kandungan potasium dan serat yang tinggi dalam kentang akan memberikan rasa kenyang yang lama dan membantu menurunkan berat badanmu.

6.  Biji-bijian

Tahukah kamu, biji-bijian sebagai makanan ringan juga patut diperhitungkan dalam menu dietmu. Biji-bijian kaya akan mineral, lemak baik, dan juga zinc yang efektif dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh, membantu pertumbuhan sel, serta mengurai karbohidrat.

Biji-bijian yang disarankan untuk membantu dietmu antara lain : Biji matahari, biji labu, biji rami (flaxseed), kinoa (quinoa), biji chia, dan biji sesame.

7.  Kacang-kacangan

Kacang yang dianjurkan untuk membantu menurunkan berat badan adalah jenis kacang yang dapat diolah sebagai sup, contohnya : kacang merah dan kacang hijau.

Dua jenis kacang ini merupakan sumber protein yang terbukti menjaga metabolisme tubuh tetap aktif.

Mengkonsumsi kacang merah dan kacang hijau tidak akan membuatmu bengkak (tembem), akan tetapi jika disertai dengan olahraga yang rutin, protein yang terkandung dalam dua jenis kacang ini dapat membantu pembentukan otot tubuhmu.

8.  Makanan Fermentasi

Makanan hasil fermentasi adalah bagian dari keanekaragaman budaya, sebagai contoh, masyarakat Korea mengkonsumsi kimchi dalam program diet mereka sehari-hari, sup miso yang merupakan makanan khas dari Jepang, dan sauerkraut yang berasal dari Eropa.

Lalu apa jenis makanan fermentasi negara Indonesia? tentunya kalian sudah tidak asing lagi dengan acar maupun tempe, kedua jenis makanan ini dapat dikatakan merupakan makanan fermentasi yang berasal dari Indonesia.

Jenis-jenis makanan fermentasi lainnya yaitu : keju, yogurt, dan teh kombucha.

Makanan fermentasi mengandung probiotik (bakteri baik) yang bekerja dalam saluran pencernaan manusia, probiotik juga efektif untuk menjaga metabolisme tubuh agar tetap aktif.

Jika metabolisme tubuh tetap aktif dan pencernaanmu lancar, maka dietmu akan berhasil.

Kesimpulan

Daftar makanan yang telah sebutkan di atas telah terbukti efektif dalam menurunkan berat badan jika dikonsumsi secara rutin. Seperti yang telah dijelaskan, penerapan makanan sehat ini dalam program dietmu tentunya sangat mudah dan lebih murah dibandingkan dengan suplemen-suplemen diet yang beredar di pasaran. Jangan lupa untuk mengimbanginya dengan minum air putih yang banyak agar hasil yang didapat bisa lebih optimal.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close