fbpx
Bisnis

Macam-Macam Usaha Perdagangan Prospektif di Masa Mendatang

Setiap hari, ada usaha perdagangan yang muncul dan berkembang. Mereka yang berani mencoba, mampu memanajemen resiko dengan baik, serta pintar menaklukkan peluang cenderung akan meraih kesuksesan dalam berdagang.

Yang perlu disorot, semua dimulai dari niat yang kuat. Tanpa adanya keinginan untuk melangkah dalam ranah usaha perdagangan, maka tidak akan ada perkembangan signifikan.

Dewasa ini, usaha perdagangan tidak hanya didominasi oleh orang dewasa, melainkan para anak muda pun juga sudah mulai memanfaatkan peluangnya. Dengan ide kreatif disertai perencanaan yang matang, bukan hal yang mustahil keberhasilan usaha ada di depan mata.

Bahkan, tidak perlu modal yang besar untuk mengembangkan bisnis yang telah dipilih. Sebetulnya, bukan masalah besar kecilnya modal yang menjadi penentu kemajuan, tetapi kuatnya tidaknya tekad yang akan mempengaruhi kesuksesan usaha.

Agar usaha perdagangan lebih terstruktur, maka sebaiknya Anda mengetahui seluk beluknya. Berupa pengertian, jenis, contoh, dan lainnya yang terkait. Selain itu, juga bisa dijadikan referensi pembelajaran mengenai kewirausahaan. Ulasan mengenai hal tersebut akan dibahas secara tuntas dalam artikel ini.

Definisi Usaha Perdagangan

Definisi Usaha Perdagangan
Definisi Usaha Perdagangan

Usaha yang dibangun harus fokus pada bidang tertentu. Sebelum menekuni mendalam, Anda harus mengetahui konsep yang mendasari. Konsep seperti apa, yakni gambaran mengenai sebuah usaha. Hal ini dimaksudkan agar usaha terarah dan terstruktur. Selain itu, juga dapat ditentukan bagaimana arah yang akan diambil di masa depan. Dengan kata lain, mau dibawa kemana usaha Anda.

Secara umum, usaha perdagangan merupakan kegiatan di bidang perdagangan. Perdagangan berarti melibatkan jual beli di dalamnya. Lebih khusus, dalam perdagangan pasti ada mobilitas produk dari tangan penjual ke tangan pembeli. Mulanya, produk tersebut ditawarkan oleh penjual, sedangkan permintaan datang dari pembeli.

Kini, sudah adanya kecanggihan di bidang jual beli. Berbagai inovasi baru telah merambah dunia perdagangan. Sekarang, transaksi jual beli barang bisa dilakukan secara online. Banyak marketplace yang menawarkan media untuk jual beli online. Jadi, Anda tidak memerlukan sebuah toko atau lapak untuk berdagang. Pastinya hal ini lebih menguntungkan pemilik usaha.

Macam-Macam Usaha Perdagangan

Macam-Macam Usaha Perdagangan
Macam-Macam Usaha Perdagangan

Tujuan dilakukannya perdagangan adalah untuk mendapatkan keuntungan. Keuntungan ini berupa kelebihan yang diperoleh dari harga jual dikurangi total biaya produksi. Untuk mendapatkan keuntungan, maka biaya produksi harus dipilih yang paling efisien. Cara mencapainya yakni dengan fokus pada golongan usaha yang dikerjakan.

Untuk mengoptimalkan usaha perdagangan Anda, langkah awal yang harus dilewati yaitu dengan mengetahui jenisnya. Berikut akan dijelaskan dalam bentuk tabel:

Berdasarkan Media Penjualan

NoJenisPenjelasan
1Online MarketingPenjualan barang melalui media online, sehingga memerlukan koneksi internet.
2Tatap MukaDilakukan secara langsung. Ada pertemuan tatap muka antara penjual dan pembeli.
3Pihak KetigaProdusen menggunakan jasa pihak ketiga dalam menjual produknya.

Berdasarkan Produk yang Ditawarkan

NoJenisPenjelasan
1Bidang JasaPenjual menawarkan jasa dalam dagangannya. Misal, jasa cuci sepatu, laundry, fotokopi, dan lain-lain.
2Bidang BarangProduk yang ditawarkan berupa barang. Bisa berupa makanan, baju, sepatu, dan sebagainya.

Berdasarkan Kepemilikan Modal yang Digunakan

NoJenisPenjelasan
1MandiriModal berawal dari uang sendiri, yang kemudian dikembangkan agar bisa kembali.
2GabunganAsal modal dari gabungan. Dalam hal ini, berarti usaha yang dibentuk berupa kerja sama mitra.
3PinjamanModal didapatkan dari pinjaman, seperti kredit bank.

Berdasarkan Luas Sasaran yang Akan Dijangkau

NoJenisPenjelasan
1DesaHanya melingkupi sampai ke daerah desa.
2Kota dan ProvinsiTransaksi hingga ke kota dan provinsi.
3NasionalMenjangkau antar lintas pulau ke ranah nasional dalam negara.
4InternasionalPerdagangan sampai ke luar negeri.

Tahapan Dalam Usaha

Agar bisnis yang dibangun bisa berjalan sukses sesuai dengan yang dikehendaki, ada beberapa langkah-langkah yang harus dilalui, yaitu:

NoTahapanKegiatanTujuan
1Riset PasarMengolah data sesuai keadaan nyata di masyarakat. Menentukan minat pasar.Mendapatkan data yang akurat mengenai seberapa besar produk yang akan ditawarkan diminati masyarakat.
2PerencanaanMelakukan analisis SWOT. Merencanakan semua yang berkaitan dengan produk, mulai dari produksi hingga pemasaran.Membuat usaha menjadi sistematis, tanpa ada benturan.Ide menjadi matang dan rinci.Proses usaha menjadi benar.
3Pengelolaan KeuanganMenyusun arus keuangan yang dijalani usaha Anda. Mencatat setiap transaksi.Mengetahui laba yang dihasilkan.Bisa untuk merencanakan kebijakan di masa mendatang.
4Menentukan Jenis BisnisMerumuskan bentuk usaha seperti apa yang ditekuni. Menyusun struktur dari bisnis yang dijalankan.Usaha bisa berlangsung dalam waktu yang lama.Menjadi fokus dalam bidang yang digeluti.
5Daftarkan UsahaMendaftarkan bisnis sesuai ketentuan yang ada.Diakui secara resmi.Menghindari kesamaan nama dengan bisnis orang lain.
6Peroleh Lisensi dan Izin UsahaMeneliti langkah-langkahnya.Lengkapi semua dengan baik.Tidak ada unsur ilegal dalam usaha.
7Tentukan Sistem Keuangan Dalam Siklus AkuntansiMengelola anggaran yang digunakan.Menetapkan harga jual.Mengajukan pajak.Keuangan yang dibuat dalam usaha menjadi teratur dan jelas arus keluar masuknya.

Analisis SWOT

Analisis SWOT merupakan aktivitas menganalisis produk yang akan dijual secara luas. Tujuan melakukan kegiatan ini adalah untuk memaksimalkan kelebihan produk serta meminimalisir kekurangannya. Berikut uraian setiap unsur dari SWOT:

StrengthKekuatanKekuatan berupa kelebihan produk. Selain produk, juga bisa kekuatan dari perusahaan yang bersangkutan. Misal, rasa produk sangat digemari konsumen.
WeaknessKelemahanBerasal dari dalam, sama halnya dengan kekuatan (strength). Harus dicarikan solusi. Misal, bentuk produk yang kurang fleksibel.
OpportunityPeluangHal yang bisa membuat produk semakin berkembang. Misal, produk sangat dibutuhkan ketika musim hujan.
ThreatAncamanBerupa hal yang mengancam pemasaran produk dan keberlangsungan usaha. Misal, produk kurang trend dan harga yang ditawarkan pesaing lebih rendah.

Keberadaan online shop bisa membuat biaya produksi semakin efisien. Sebab, para businessman tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa tempat dagang maupun membangunnya sendiri.

Dalam promosi pun demikian. Saat ini, sudah banyak sosial media yang dapat dimanfaatkan untuk mengenalkan produk kepada publik. Seperti penggunaan instagram dan whatsapp. Sekali lagi, biaya produksi menjadi dapat ditekan, karena tidak perlu mencetak brosur iklan.

Usaha Perdagangan
Analisis SWOT

Yang perlu diperhatikan dalam usaha perdagangan, sebaiknya produk dikemas seindah mungkin untuk menarik calon konsumen. Biasanya, tampilan luar yang baik bisa mengundang konsumen menjadi pelanggan tetap.

Namun, harus dipastikan pula bahwa bukan hanya luarnya yang berkualitas, melainkan kualitas produk pun memang terjamin baik. Dalam melakukan promosi online pun demikian. Desain yang diterapkan harus bisa menarik minat warganet.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button