fbpx
Entertainment

Macam Macam Tari Daerah di Indonesia Dari 37 Provinsi

Mengetahui macam tari daerah yang ada di Indonesia secara langsung membuat kita lebih mengenal kebudayaan dan kekayaan budaya nusantara. Kebudayaan dan warisan budaya di Indonesia memang banyak wujudnya, yang mana salah satu bentuknya adalah tarian daerah.

Kebudayaan Nusantara Dibuktikan Dari Macam Tari Daerah

Ada banyak sekali macam tari daerah di Indonesia. mulai dari Sabang sampai Merauke, hampir semuanya memiliki tarian daerah masing-masing. Malahan, banyak daerah yang memiliki lebih dari satu tarian khas daerah.

Setiap tarian daerah memiliki fungsi dan ditampilkan untuk berbagai kebutuhan. Ada yang digunakan untuk pemujaan roh, mengiringi upacara kematian, sambutan tamu, hingga digunakan untuk sekedar hiburan saja. Setiap tarian juga memiliki asal mula yang berbeda-beda, ada yang sudah ada sejak zaman kerajaan, dan juga ada yang merupakan hasil dari kreasi pada seniman.

Kebudayaan Nusantara Dibuktikan Dari Macam Tari Daerah
Kebudayaan Nusantara Dibuktikan Dari Macam Tari Daerah

Karena setiap tarian memiliki makna dan fungsi yang berbeda, wajar saja jika properti dan kostum yang digunakan pun akan berbeda-beda. Ada yang menggunakan pakaian tertutup dari atas sampai kaki, juga ada yang dihias dengan tanaman. Untuk properti, bisa digunakan berbagai benda yang mendukung gerakan dan makna dari tarian yang ditarikan.

Berikut adalah beberapa macam tari daerah yang ada di Indonesia yang telah dikelompokkan berdasarkan fungsinya. Nantinya juga akan disuguhkan tabel yang berisi daftar tari daerah di Indonesia dan disertai dengan asalnya.

Tari Daerah Sakral Untuk Upacara Kematian, Pemujaan Roh, dan Lainnya

Saking beragamnya kebudayaan yang ada di Indonesia, ada beberapa tari yang bersifat sakral. Tari-tari yang bersifat sakral ada yang digunakan untuk memuja roh, untuk mengiringi upacara kematian, hingga digunakan sebagai bentuk rasa syukur. Berikut adalah beberapa tari tersebut.

Tari Pa Gelu

Macam tari daerah yang satu ini berasal dari Toraja. Menurut teori, masyarakat di tanah Toraja melakukan tari untuk mengekspresikan perasaan mereka. Sebagaimana tari Pa Gelu, ditarikan saat upacara pemakaman sebagai bentuk rasa duka cita sekaligus penghormatan kepada orang yang meninggal.

Tari yang ditarikan oleh para remaja di sana ini juga berfungsi sebagai penyemangat untuk roh yang telah meninggal ketika menuju akhirat.

Tari Radab Rahayu

Tari daerah yang berasal dari Banjarmasin ini dulunya digunakan untuk acara kematian, acara pernikahan, perayaan kehamilan, dan acara-acara penting lainnya. Namun seiring bertambahnya waktu, tarian ini juga digunakan untuk hiburan.

Tari Musyoh

Masyarakat Papua meyakini bahwa jika ada seseorang yang meninggal dunia karena kecelakaan, maka rohnya tidak akan tenang. Supaya roh yang meninggalkan dunia bisa tenang, beberapa masyarakat di sana akan menarikan tari Musyoh.

Tari Margapati

Tari Margapati adalah tari salah satu macam tari daerah dari Bali yang menceritakan tentang perjalanna kematian. Tari ini lahir pada tahun 1942 dan menggambarkan perjalanan hidup wanita yang salah arah.

Tari Daerah Untuk Sambutan Tamu

Selain tari yang bersifat sakral dan digunakan untuk kegiatan kerohanian, juga ada tari yang berfungsi sebagai sambutan. Bisa itu digunakan untuk menyambut tamu kenegaraan, tamu penting dari luar daerah asal tari tersebut, atau untuk sambutan para tamu ketika seseorang mengadakan acara.

Tari Bheruji Doll

Tari yang ditarikan oleh 5 sampai 8 penari ini berasal dari Bengkulu. Para penarinya akan menari dengan kostum dan kain songket warna cerah yang khas. Banyak acara-acara penting yang diadakan di Bengkulu menunjukkan pementasan tari Beruji Doll ini.

Tari Pendet

Macam Macam Tari Daerah di Indonesia Dari 37 Provinsi Image 003

Tari Pendet dari Bali sebenarnya merupakan tari yang menggambarkan turunnya Dewa-Dewa ke bumi. Namun, fungsi dari tarian ini juga digunakan sebagai sambutan pada tamu dalam acara-acara penting di Bali.

Tari Selamat Datang

Memiliki gerakan yang unik dan energik, tari Selamat Datang yang berasal dari Papua ini sangat ikonik. Tentunya tari ini bukan satu-satunya macam tari daerah dari Papua, masih ada tari-tari lainnya yang fungsinya berbeda.

Tari Tanggai

Macam tari daerah selanjutnya yang berfungsi untuk sambutan tamu adalah tari Tanggai yang berasal dari Sumatera Selatan. Tari ini menggambarkan keramahtamahan orang Palembang ketika menyambut tamu.

Tari Daerah Untuk Hiburan

Macam Tari Daerah Untuk Hiburan
Tari Daerah Untuk Hiburan

Jika yang dibicarakan adalah tari untuk hiburan, maka akan sangat banyak sekali macam tari daerah yang disebutkan. Hampir 80% tari daerah yang ada di Indonesia digunakan sebagai hiburan. Hal ini juga disebabkan adanya perubahan fungsi dari beberapa tarian.

Seperti misalnya ada tarian yang tadinya hanya ditarikan untuk acara penting saja, seiring berkembangnya waktu tari tersebut mulai sering ditarikan sehingga bisa disebut sebagai tari untuk hiburan.

Bahkan ada beberapa tari yang telah disebutkan sebelumnya juga digunakan untuk hiburan, misalnya tari Pendet dari Bali. Adapun contoh lain tari daerah yang digunakan untuk hiburan antara lain tari Bungong Jeumpa dari Aceh, Kecak dari Bali, Jaipong, Cendrawasih, Kipas Pakarena, Gong, Ronggeng, Reog, Kethuk Tilu, dan masih banyak lagi.

Daftar Nama Tari Daerah dan Asalnya

Di awal telah dijelaskan bahwa pada kesempatan kali ini juga akan disajikan tabel yang berisi macam tari daerah beserta dengan asalnya. Apa yang ada di dalam tabel di bawah ini belum mencakup semua tari daerah. Sebab jika dimasukkan semuanya, akan ada ratusan lebih tari yang ada.

Nama TariAsal Daerah
Tari AngsaJawa Tengah
Tari AnggukDaerah Istimewa Yogyakarta
Tari AndunBengkulu
Tari Alang BabengkaMinangkabau
Tari BalumpaSulawesi Tenggara
Tari BosaraSulawesi Selatan
Tari BedayaDaerah Istimewa Yogyakarta
Tari BekhusekSumatera Selatan
Tari BaduiDaerah Istimewa Yogyakarta
Tari Baksa KembangKalimantan Selatan
Tari CokekDaerah Istimewa Yogyakarta
Tari CampakBangka Belitung
Tari CendrawasihBali
Tari DidongAceh
Tari Datun JuludDayak
Tari DingguSulawesi Tenggara
Tari EbegBanyumas
Tari Ende LioNTT
Tari GumatereMaluku Utara
Tari Gareng LamengNTT
Tari GambuhBali
Tari GambyongJawa Tengah
Tari GandrungBanyuwangi
Tari JaipongJawa Barat
Tari JanggetLampung
Tari Joged LembakRiau
Tari Kancet LedoKalimantan Timur
Tari KecakBali
Tari Kipas PakarenaSulawesi Selatan
Tari LumenseSulawesi Tengah
Tari LegongBali
Tari LensoMaluku
Tari MalintingLampung
Tari MusyohPapua
Tari MengketSulawesi Utara
Tari Ngantat DendanSumatera Utara
Tari PendetBali
Tari PerangKalimantan Tengah
Tari Peule CindeSulawesi Tengah
Tari Rodat CempakoSumatera Selatan
Tari RemoJawa Timur
Tari ReogPonorogo
Tari Radap RahayuKalimantan Selatan
Tari Salai JinMaluku Utara
Tari Selamat DatangPapua
Tari SuanggiPapua
Tari TandakRiau
Tari Tor-TorSumatera Utara
Tari TanggaiSumatera Selatan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, apa yang ada di dalam tabel di atas belum mencakup semua macam tari daerah di Indonesia. Setiap tarian daerah memiliki fungsi masing-masing, makna dan pembawaannya pun berbeda-beda. Jadi, meskipun sekarang di Indonesia sudah ada banyak jenis tari serta aliran musik modern dan band maupun orchestra, tetap saja budaya tari tradisional adalah warisan kekayaan yang tidak ternilah harganya.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button