fbpx
Artikel

Macam-Macam Sekolah Kedinasan Untuk 8 Bidang Pekerjaan

Mengetahui macam-macam sekolah kedinasan yang ada di Indonesia sudah pasti bisa lebih membantu Anda ketika mencari lanjutan pendidikan. Pastinya Anda sudah mantap dengan keputusan untuk melanjutkan pendidikan di sekolah kedinasan.

Namun sayangnya, Anda belum terlalu mengerti apa saja pilihan sekolah kedinasan yang ada di Indonesia. Keputusan untuk melanjutkan pendidikan di sekolah kedinasan bukanlah keputusan yang bisa dilemparkan. 

Anda akan menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk menyelesaikan pendidikan tersebut. Apalagi jika ternyata tidak sesuai dengan passion atau minat, pasti akan ada kendala-kendala di masa yang akan datang. Kendala-kendala ini datangnya secara tidak langsung. Bisa kendala dari diri Anda sendiri, seperti kurangnya niat dan tekad atau kendala lain yang membuat Anda merasa tidak antusias dengan pendidikan yang diikuti. 

Di Indonesia ada banyak sekali pilihan sekolah kedinasan. Cukup banyak macam-macam sekolah kedinasan yang bisa dipilih, namun harus disesuaikan dengan syarat yang telah mereka terapkan. Di artikel ini Anda akan menemukan macam-macam sekolah kedinasan yang ada di Indonesia. 

Macam-Macam Sekolah Kedinasan

Berikut adalah macam-macam sekolah kedinasan yang bisa anda pilih atau untuk mempertimbangkan

sekaligus. 

1.  Sekolah Kedinasan Militer

Sekolah kedinasan militer juga bisa disebut dengan sekolah kedinasan pertahanan. Sebab memang yang menyelenggarakan sekolah kedinasan ini adalah Kementerian Pertahanan. Contoh macam-macam sekolah kedinasan militer antara lain Akademi Militer, Akademi Angkatan Udara, Akademi Angkatan Laut, dan Akademi angkatan Udara. 

Macam-Macam Sekolah Kedinasan Untuk 8 Bidang Pekerjaan Image 002
Sekolah Kedinasan Bidang Militer

Seperti namanya sekolah kedinasan ini akan melatih siswa untuk menjadi seorang prajurit yang sebenarnya. Dipilih Akademi Angkatan sesuai yang diinginkan Apakah menginginkan Akademi Angkatan Laut Akademi Angkatan Udara atau Akademi Angkatan Darat. Anda juga bisa menyesuaikan dengan passion, apakah ingin menjadi prajurit di laut, udara, atau di daratan.

Memilih sekolah kedinasan militer sangat tepat untuk Anda yang memang ingin mengedepankan pertahanan negara, melatih tubuh, dan tujuan-tujuan lain yang bisa didapat dengan mengikuti militer. 

2. Sekolah Kedinasan Pariwisata

Pasti Anda juga menyetujui bahwa Indonesia juga terkenal di dunia dengan sektor pariwisatanya. Sangat wajar, sebab memang di Indonesia ada banyak sekali destinasi wisata. Setiap tahunnya banyak wisatawan-wisatawan asing yang sengaja datang ke Indonesia untuk menikmatinya. Bahkan bisa dikatakan setiap pulau di Indonesia memiliki pariwisata. 

Apakah anda tertarik untuk melakukan manajemen pariwisata? Mengurus berbagai urusan pariwisata yang ada di Indonesia? Jika demikian maka sekolah kedinasan pariwisata adalah sekolah kedinasan yang tepat untuk Anda. 

Macam-macam sekolah kedinasan pariwisata antara lain Politeknik Pariwisata Palembang, Politeknik Pariwisata Makassar, Akademi Pariwisata Medan dan masih banyak lagi. 

3. Sekolah Kedinasan Kesehatan

Atau mungkin selama ini Anda bermimpi untuk bekerja di bidang kesehatan. Untuk bisa bekerja di bidang kesehatan memang Anda memiliki beberapa pilihan. Bisa dengan melanjutkan pendidikan di universitas dan mengambil jurusan kedokteran atau yang sebidang dengan kesehatan. Bisa juga dengan mengikuti sekolah kedinasan kesehatan. Lagipula tidak sedikit pilihan sekolah kedinasan di bidang kesehatan yang ada di Indonesia.

Ada cukup banyak macam-macam sekolah kedinasan kesehatan yang bisa dipilih yang semaunya dengan unsur politeknik Kesehatan. Anda bisa memilih Politeknik Kesehatan sesuai dengan kota terdekat Anda tinggal.

Macam-Macam Sekolah Kedinasan Untuk 8 Bidang Pekerjaan Image 004
Macam-macam Sekolah Kedinasan Kesehatan

Mengapa demikian? Sebab telah dibuka Politeknik Kesehatan di beberapa kota seperti di Medan, Makassar, Kupang, Jambi, Jakarta, Denpasar, Bandung, Aceh, Yogyakarta, dan masih banyak lagi. Tidak melulu mengikuti sekolah kedinasan akan membuat Anda tinggal di luar kota dan kost, sebab bisa saja disesuaikan dengan kota Anda tinggal.

4. Sekolah Kedinasan Keuangan

Selanjutnya adalah macam-macam sekolah kedinasan yang dipegang langsung oleh Kementerian Keuangan. Satu-satunya sekolah kedinasan keuangan yang ada di Indonesia adalah PKN-STAN atau Politeknik keuangan negara STAN. Politeknik ini memiliki banyak sekali peminatnya tahunnya.

Perbandingan perebutan kursi setiap tahunnya selalu saja menjadi perbandingan yang tinggi. Di akhir artikel Anda akan menemukan perbandingan-perbandingan tersebut,  juga disertai dengan perbandingan sekolah kedinasan yang lain. 

Sebenarnya cukup wajar Politeknik Keuangan Negara STAN banyak diminati banyak lulusan sekolah menengah di Indonesia. Mereka yang berasal dari kota kecil atau kota-kota besar sama-sama berminat untuk masuk ke politeknik ini.

Mungkin kebanyakan memiliki alasan bahwa jika mengikuti sekolah kedinasan ini akan mendapatkan masa depan yang lebih cerah. Juga wajar, karena memang pekerjaan yang bisa didapat dengan menjadi lulusan politeknik ini adalah pekerjaan dengan gaji yang cukup tinggi. Apalagi, setelah Indonesia menjadi negara maju, kesejahteraan pun tentu lebih dipertimbangkan.

5. Sekolah Kedinasan Hukum

Sekolah kedinasan selanjutnya yang bisa dipilih adalah kedinasan hukum dan HAM. Pilihan sekolah kedinasan ini antara lain Politeknik Imigrasi atau POLTEKIM, Politeknik Ilmu Pemasyarakatan atau POLTEKIP, dan masih banyak lagi.

Setelah menjadi alumni sekolah-sekolah kedinasan ini pun Anda akan mendapatkan kesempatan besar untuk bisa bekerja di berbagai instansi. Seperti misalnya menjadi petugas lapas, bekerja di kantor imigrasi, dan pekerjaan-pekerjaan lain yang berada di bidang hukum dan HAM.

6.  Sekolah Kedinasan Perindustrian

Anda yang berasal dari sekolah menengah atas dan bukan sekolah menengah kejuruan tetap memiliki kesempatan untuk bekerja di industri. Bagi lulusan sekolah menengah atas, untuk bisa bekerja di industri pilihannya tak hanya masuk universitas dan mengambil jurusan teknik industri saja, melainkan juga bisa masuk ke sekolah kedinasan.

Sekolah kedinasan yang berada di bawah naungan Kementerian Perindustrian adalah Akademi Teknologi Kulit yang ada di Yogyakarta, Sekolah Tinggi Manajemen Industri di Jakarta, dan Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil.

7.  Sekolah Kedinasan Dalam Negeri

Ada juga macam-macam sekolah kedinasan dalam negeri yang memiliki banyak peminat tiap tahunnya. Salah satunya adalah IPDN atau Institut Pemerintahan Dalam Negeri. Atau mungkin sebelumnya Anda sudah tak asing dengan sekolah kedinasan ini? Setiap tahunnya memang banyak lulusan yang memfavoritkan IPDN, jadi wajar saja jika agak sulit untuk bisa menjadi siswa di sana.

IPDN sendiri sebenarnya merupakan gabungan dari dua sekolah kedinasan, yaitu IIP atau Institut Ilmu Pemerintah dan STPDN atau Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri. Ada alasan mengapa IPDN memiliki banyak peminat. Kebanyakkan yang memilih IPDN untuk pendidikan lanjutan adalah karena setelah lulus mereka otomatis akan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) golongan IIIA.

Mereka yang telah menjadi alumni IPDN juga memiliki kesempatan besar untuk menjadi gubernur, Pemkot, Pemda, atau pejabat di kementerian.

8. Sekolah Kedinasan Perhubungan

Tertarik untuk menjadi bagian sistem transportasi di Indonesia? Berarti Anda mungkin akan tertarik dengan macam-macam sekolah kedinasan perhubungan. Di sekolah kedinasan ini Anda bisa memilih kedinasan yang khusus kelautan, transportasi darat, hingga transportasi udara. Di dalam sekolah kedinasan ini biasanya ditawarkan beberapa jurusan yang lebih spesifik, misalnya saja seperti jurusan teknik untuk membuatnya dan jurusan untuk manajemen.

Adapun beberapa sekolah yang menjadi pilihannya antara lain Akademi Teknik dan Keselamatan Medan, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta, Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia, Sekolah Tinggi Transportasi Darat, dan lain sebagainya. Tentunya sekolah-sekolah kedinasan ini di bawah naungan Kementerian Perhubungan.

Tabel Perbandingan Atau Tingkat Persaingan Sekolah Kedinasan

Seperti yang telah dijanjikan sebelumnya, bahwasannya akan disajikan tabel yang berisi tingkat persaingan dari macam-macam sekolah kedinasan di atas. Tabel ini juga akan memudahkan Anda untuk mempertimbangkan beberapa sekolah kedinasan sekaligus yang telah Anda minati.

Apalagi untuk Anda yang ingin menyesuaikan sekolah kedinasan yang dipilih dengan kemampuan, mengetahui tingkat persaingannya bisa lebih memudahkan.

InstansiSekolahTingkat Persaingan
Kementerian PerhubunganPOLTEKBANG Surabaya1:20
Kementerian PerhubunganATKP Medan1:46
Kementerian PerhubunganATKP Makassar1:27
Kementerian PerhubunganAPI Madiun1:45
Kementerian KeuanganPKN STAN1:20
Kementerian Hukum dan HAMPOLTEKIP1:28
Kementerian Hukum dan HAMPOLTEKIM1:34
Kementerian Dalam NegeriIPDN1:23
Tabel Perbandingan Atau Tingkat Persaingan Sekolah Kedinasan

Apakah menyimak tabel yang berisi tingkat persaingan di atas semakin menginspirasi Anda? Seharusnya bisa, sebab dengan melalui tabel tersebut Anda bisa lebih menyiapkan diri untuk tes dan bisa digunakan sebagai pertimbangan untuk memilih.

Macam-Macam Sekolah Kedinasan Untuk 8 Bidang Pekerjaan Image 006
Tingkat Persaingan Sekolah Kedinasan

Di atas juga telah diberikan banyak sekolah kedinasan yang bisa Anda pilih. Mulai dari sekolah kedinasan di bidang pertahanan atau militer, hukum dan HAM, perindustrian, hingga perhubungan. Selain sangat bisa disesuaikan dengan minat, Anda yang telah menjadi alumni akan lebih mudah dalam mencari pekerjaan yang sesuai. (SR)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button