fbpx
Bisnis

6 Macam Jasa Keuangan di Indonesia

Macam Macam Jasa KeuanganJasa keuangan adalah istilah yang sudah sering dipakai untuk jenis jasa yang diberikan atau sudah disediakan sebuah industri lembaga keuangan. Industri lembarg keuangan yang dimaksud disini adalah perusahaan asuransi, Bank, sekuritas, perusahaan pembiayaan konsumen dan juga perusahaan kartu kredit. Berikut ini akan kami jelaskan lembaga atau perusahaan apa saja yang bekerja dalam bidang jasa keuangan tersebut.

1. Perusahaan Penjaminan Kredit

Macam jasa keuangan yang pertama adalah perusahaan penjaminan kredit. Ini merupakan sebuah badan hukum yang bekerja dalam bidang keuangan dengan kegiatan pokok dari perusahaan berupa peminjaman kredit pada nasabah.

Perusahaan penjaminan kredit ini memiliki tujuan untuk membantu usaha kecil, usaha menengah dan juga usaha mikro agar bisa mengakses dana dari lembaga keuangan lain seperti contohnya perbankan.

2. Perusahaan Penjaminan Infrastruktur

Salah satu dari macam macam jasa keuangan adalah perusahaan penjaminan infrastruktur yag merupakan salah satu bentuk dari perusahaan persero. Tujuan utama dari perusahaan jasa ini adalah untuk memberikan jaminan pada proyek yang bekerjasama dengan pemerintah, akan tetapi badan usaha ini hanya bergerak pada bidang infrastruktur yang dilakukan dengan menyediakan penjaminan infrastruktur.

3. Lembaga Penyediaan Ekspor Indonesia

Jasa keuangan berikutnya adalah lembaga penyediaan ekspor Indonesia. Berdasarkan Undang Undang Nomor 2 Tahun 009 Tentang Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia. Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia atau LPEI dibentuk dengan tujuan untuk membantu serta mendukung kebijakan yang dilakukan pemerintah untuk mendorong ekspor barang asli dalam negeri ke negar negara tertentu.

4. Perusahaan Pembiayaan Sekunder Perumahan

Fungsi atau tugas dari pendirian perusahaan ini adalah untuk menyediakan segala macam pembiayaan perumahan. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kapasitas pembiayaan perumahan supaya bisa dijangkau masyarakat dari berbagai kalangan.

Sedangkan untuk Indonesia, hanya terdapat satu Perusahaan Pembiayaan Sekunder Perumahan yakni PT SaranaMultigriya Finansial yang sering disingkat menjadi PT. SMF persero.

5. Perusahaan Pegadaian

Pemerintah mempunyai program untuk semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat kelas menengah ke bawah dengan cara mendirikan salah satu dari macam perusahaan jasa yakni perusahaan pegadaian.

Perusahaan pegadaian ini nantinya bisa memudahkan usaga skala mikro, kecil serta menengah untuk mencari pinjaman modal dengan bunga pinjaman yang bisa dikatakan kecil. Selain itu, pemberian pinjaman juga memiliki dasar hukum gadai dan juga fidusia sehingga sudah dipastikan aman.

6. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial

Salah satu dari macam macam jasa keuangan adalah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang disebut juga dengan BPJS. Perusahaan ini berguna untuk memberikan jaminan dalam banyak bentuk seperti jaminan kesehatan, jaminan kematian, jaminan kecelakaan kerja, jaminan pensium serta jaminan hari tua. Jenis jaminan ini juga bisa disesuaikan dengan keperluan serta keinginan anda ketika memakai BPJS.

Demikian ulasan dari kami kali ini tentang beberapa macam jasa keungan yang ada di Indonesia. Nantinya, anda bisa memilih perusahaan penyedia jasa keungan yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan baik itu perorangan dan juga kelompok untuk mendukung kelancaran usaha yang anda miliki.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button