HealthHow To

Cara Merawat Kulit Berjerawat

Kumkel.com – Kulit berjerawat merupakan salah satu masalah kulit, di mana terdapat benjolan (kadang memerah) pada kulit karena penyumbatan pori-pori, penumpukan minyak pada kulit, kotoran akibat polusi udara, dan lain sebagainya. Pada umumnya, jerawat muncul pada bagian wajah, dan dalam beberapa kasus, jerawat dapat muncul di bagian punggung, rambut, dada, dan beberapa anggota tubuh lain.

Memiliki kulit yang berjerawat tidaklah mudah, karena jenis kulit yang mengalami masalah ini, biasanya merupakan jenis kiulit yang sensitif. Adapun beberapa cara untuk merawat kulit berjerawat adalah sebagai berikut :

1. Cuci muka secara rutin

Mencuci muka secara rutin menjadi hal yang wajib dilakukan untuk Anda yang memiliki kulit berjerawat. Pasalnya, faktor kebersihan sangat memengaruhi kondisi wajah. Kotoran yang menumpuk pada wajah dapat menyumbat pori-pori yang akhirnya menimbulkan jerawat. Mencuci muka dapat dilakukan paling tidak tiga kali sehari, atau sebelum tidur dan setelah bangun tidur. Jangan lupa menjangkau lekukan-lekukan kecil pada wajah, dapat disertai pijatan-pijatan lembut. Cucilah muka dengan sabun agar hasil yang didapat lebih maksimal.

Gunakan sabun sesuai jenis kulit Anda. Pastikan sabun yang anda gunakan tidak menimbulkan iritasi, alergi, atau reaksi negatif lainnya.

2. Gunakan toner

Ternyata, penggunaan toner juga dapat mengurangi jerawat karena fungsi dari toner sendiri untuk membersihkan dan melembabkan kulit. Pilih varian toner yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Untuk pengaplikasiannya, tuangkan toner pada kapas yang bersih, lalu usapkan pada wajah secara merata. Usahakan arah usapannya searah.

3. Gunakan krim atau obat jerawat

Menggunakan obat jerawat akan sangat membantu penanganan kulit berjerawat. Anda bisa mengaplikasikannya sebelum menggunakan riasan dan pada malam hari sebelum tidur.

Sebelum mengaplikasikannya pada wajah, cobalah untuk mengaplikasikannya pada pergelangan atau punggung tangan. Pastikan tidak ada reaksi seperti ruam merah, iritasi, gatal, ataupun bruntusan. Hal ini dapat membantu Anda dalam memilih obat jerawat yang cocok untuk kulit Anda.

4. Gunakan tabir surya

Mengunakan tabir surya juga salah satu hal yang sangat penting untuk membuat kulit wajah anda terhindar dari paparan sinar UV. Maka, alangkah baiknya kita menggunakan tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan untuk menjaga kulit tetap sehat.

5. Gunakan Masker

Gunakan masker jika perlu untuk membuat jerawat anda hilang. Adapun beberapa bahan alami untuk masker yang bisa membantu mengatasi jerawat antara lain  :

  – Es batu

Es salah satu bahan untuk masker untuk kulit wajah anda yang berjerawat. Gunakan es batu untuk di oleskan di wajah anda. Es batu ini nantinya akan membantu mengecilkan pori-pori di wajah sehingga anda tidak perlu khawatir mengenai jerawat.

Adapun cara lain yakni dengan menempelkan bagian kulit yang berjerawat dengan menggunakan es batu. Kemudian diamkan beberapa menit, lalu bilas dengan air bersih.

  – Putih telur

Masker dari putih telur memang sudah tak asing lagi bagi para kaum hawa. Hal ini karena putih telur sangat ampuh untuk mengusir jerawat saat meradang.

Untuk pemakaiannya, oleskan putih terlur di wajah secara merata (atau bagian yang berjerawat), setelah 15 menit, bilas dengan air. Gunakan 2-3 kali seminggu.

  – Madu

Madu adalah salah bahan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan kulit. Madu bisa anda gunakan sebagai masker, karena madu memiliki kandungan untuk menjaga bakteri baik, sehingga jerawat tidak mengalami peradangan.

Anda bisa mengoleskan madu ke wajah anda, dan tunggu hingga kering, kermudian bilas.

  – Mentimun

Mentimun memiliki kandungan air yang cukup banyak. Jika saat ini wajah anda sedang mengalami pembengkakan dan peradangan, maka mentimun mungkin menjadi solusi yang tepat. Gunakan mentimun untuk masker wajah anda.

Tak hanya menanggulangi mata bengkak akibat kurang beristirahat, mentimun juga mampu memberikan dampak dingin pada kulit wajah serta mengurangi peradangan pada jerawat.

6. Kurangi stress berlebih

Jerawat dapat bermula dari stress. Untuk itu, kendalikan emosi Anda agar tidak stress berlebih. Atur waktu anda agar selalu ada waktu untuk -me time’.

Selain itu jangan lupa untuk selalu merawat wajah sebaik mungkin agar jerawat tidak hadir di kulit anda.

Agar perawatan yang anda lakukan mendapatkan hasil yang optimal, perbaiki pola hidup anda dengan istirahat secukupnya sesuai kebutuhan tubuh, hindari makanan dengan kandungan lemak berlebih, hindari stress berlebihan, dan tentunya olahraga teratur. (ym)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close