fbpx
Productivity

Intip 8 Kiat Sukses Usaha Dagang Yang Harus Dilakukan

Usaha merupakan kegiatan yang dilakukan dengan harapan untuk mendapatkan suatu keuntungan atau keberhasilan. Dalam kegiatan usaha, tentu memiliki banyak ragam seperti usaha ternak, usaha dagang, dan lain sebagainya. Salah satunya adalah usaha dagang yang biasanya dilakukan di luar maupun di dalam rumah. Selain itu, kiat sukses usaha dagang juga perlu untuk diketahui sebelum memulai usaha tersebut.

Mengapa hal tersebut perlu untuk diketahui? Dengan tujuan agar usaha dagang yang dilakukan bisa berjalan dengan baik. Dalam hal ini usaha dagang tersebut bisa mendapatkan banyak keuntungan dibanding kerugian. Karena dalam menjalankan usaha ini tidak semudah yang dibayangkan oleh banyak orang. Maka dari itu berikut ini merupakan paparan mengenai kiat sukses usaha dagang yang harus dilakukan.

1. Memiliki Niat Yang Baik Sebelum Memulai Usaha

Niat merupakan kiat sukses usaha dagang pertama yang harus dimiliki sebelum memulai suatu usaha agar usaha tersebut bisa berjalan dengan lancar. Di mana niat tersebut harus berasal dari dalam hati seseorang yang akan memulai usaha tersebut. 

Selain itu, usaha dagang yang baik adalah usaha dagang yang dimulai dari nol dan memiliki berbagai rintangan yang harus dilewati. Rintangan atau hambatan ini merupakan salah satu ujian dalam usaha dagang yang dijalankan. Selain itu, hambatan yang terjadi ini biasanya berasal dari niat seseorang yang tidak kuat. 

Niat yang tidak kuat tersebut bisa saja menggagalkan usaha yang dijalani. Dengan kata lain bahwa usaha tersebut berhenti di tengah jalan dan modal yang digunakan menjadi sia-sia.

2. Menyiapkan Konsep Dagang Yang Kreatif

Setelah memiliki niat yang sudah mantap dan matang maka harus menyiapkan konsep usaha dagang yang akan dijalani. Konsep usaha tersebut bertujuan agar bisa merancang hal apa saja yang akan dilakukan dalam menjalankan usaha dan tersusun secara sistematis. 

Di mana konsep yang bisa dibuat seperti menentukan jenis usaha dagang yang akan dibuka, bagaimana pemasaran nya, dan lain-lain. Di samping pembuatan konsep, seseorang juga harus memiliki ide kreatif dalam membuat strategi pemasaran usaha. 

Seperti membuat promosi usaha dengan memanfaatkan berbagai media yang ada baik online maupun offline. Selain itu, dalam pemilihan usaha dagang juga harus melihat apa yang dibutuhkan masyarakat dan belum pernah dijual oleh seseorang.

3. Membuat Visi Misi Yang Terarah dan Menjaga Nama Baik Brand

Visi misi merupakan sebuah keinginan yang ingin diterapkan dalam sebuah usaha dagang. Sehingga visi misi yang akan dibuat harus bersifat jelas, terarah, dan terukur. Selain itu, pembuatan visi misi menjadi salah satu hal yang membedakan usaha dagang dengan usaha lainnya. 

Karena tidak semua usaha yang dijalankan memiliki visi misi yang sama. Melihat hal tersebut sehingga nama baik brand usaha juga harus dijaga dengan baik. Karena nama brand tersebut memiliki peranan yang sangat penting di mata semua pelanggan. 

Dalam menjaga nama baik brand ini sebaiknya dilakukan dari awal karena memberikan pengaruh positif. Dalam menjaga nama baik ini bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti jujur, ramah, menjaga kualitas produk, dan lain-lain.

4. Memberikan Harga Yang Bersahabat Kepada Pelanggan

Kiat sukses usaha dagang selanjutnya adalah dengan memberikan harga yang bersahabat saat melakukan penjualan. Karena harga merupakan hal yang juga memiliki pengaruh besar dalam laku tidaknya suatu barang dagang yang ditawarkan. 

Adapun prinsip yang harus diterapkan dalam menentukan harga ini adalah yang penting harga tersebut bisa memberikan keuntungan. Di mana keuntungan yang didapatkan tersebut jangan melihat dari besarnya saja. Namun sebelumnya seseorang harus memperbanyak pelanggan atau mitra yang akan menjadi langganan tetap. 

Karena dari banyaknya pelanggan atau mitra tersebut bisa membangun sebuah kerja sama antar usaha dagang. Sehingga seseorang bisa juga meningkatkan cara berkomunikasi yang baik.

5. Mencari Mitra Dengan Orang Sekitar

Dalam mencari mitra sebaiknya mencari orang di sekitar kita atau orang terdekat dan hal ini merupakan kiat sukses usaha dagang. Jika sudah memiliki pelanggan yang semakin hari semakin banyak, barulah bisa mencari pelanggan yang berada di luar daerah. 

Namun dalam mencari pelanggan di luar daerah sebaiknya mengetahui beberapa teknik untuk menarik minat pelanggan tersebut. Seperti memiliki kemampuan dalam hal berkomunikasi dengan pelanggan di luar daerah. 

Selain itu, bisa juga menawarkan produk dengan harga yang lebih murah dibanding harga jual di pasar. Maka dari itu pelanggan juga bisa mendapatkan keuntungan meskipun tidak besar. Sehingga tidak ada yang dirugikan dalam kerja sama yang dilakukan tersebut.

6. Bisa Menguasai Pasar

Dalam menguasai pasar tentu hal yang dilakukan adalah dengan menjaga nama baik brand seperti yang dijelaskan pada poin sebelumnya. Di mana cara menjaga brand tersebut adalah menjaga kualitas produk, memiliki sifat jujur, dan lain sebagainya. 

Dengan kata lain bahwa orang yang menguasai pasar adalah orang yang bisa dipercaya dalam memberikan pasokan barang dagang kepada pedagang lainnya. Namun dalam menyediakan pasokan barang dagang tentu membutuhkan modal yang besar. 

Karena modal yang besar tersebut memiliki peranan yang sangat penting. Akan tetapi modal yang besar bisa menjadi modal kecil jika orang yang memiliki usaha dagang ini dipercaya oleh para supplier. Sehingga bisa melakukan transaksi tanpa mengeluarkan modal yang besar dalam sebuah produk.

7. Mampu Merubah Pembeli Untuk Dijadikan Sebagai Mesin Promosi

Ketika sudah mendapatkan banyak pelanggan tetap dalam usaha dagang kita, maka hal tersebut bisa diubah menjadi mesin promosi. Akan tetapi harus memiliki strategi terlebih dahulu sebelum melakukan tindakan ini. 

Di mana pelanggan tersebut harus promosikan usaha dagang kita namun memberikan beberapa perjanjian. Seperti memberikan persentase keuntungan jika mendapat pelanggan baru. Selain itu, memberikan bonus kepada pelanggan tetap sehingga tidak berpaling ke pedagang yang lain. 

Di samping melakukan hal tersebut juga harus mengutamakan pelayanan yang ramah agar pembeli merasa nyaman. Maka dari itu, secara tidak langsung usaha dagang bisa berkembangan dengan pesat melalui promosi dari pelanggan.

8. Bekerja Cerdas dan Meningkatkan Investasi

Biasanya orang lebih mengutamakan kerja keras pada saat melakukan usaha. Namun kerja keras tersebut harus disertai dengan kerja yang cerdas dengan memanfaatkan akal dan ilmu pengetahuan. 

Melihat dari pemanfaatan akal dan ilmu pengetahuan bisa mengurangi penyebab resiko. Selain itu, bisa juga memanfaatkan peluang yang ada dengan cepat.

Selain bekerja dengan cerdas, peningkatan investasi juga harus dilakukan oleh pedagang terhadap dagangannya. Perlu diketahui bahwa pengertian investasi dalam usaha dagang bukan hanya terkait dengan materi dan wawasan saja.

Akan tetapi kemampuan yang dimiliki dalam berusaha juga merupakan sebuah investasi. Sehingga pedagang bisa sukses dan resiko kerugian menurun.

Itulah beberapa paparan mengenai kiat sukses usaha dagang yang harus dilakukan dalam memulai usaha dagang dari nol. Meskipun memulai usaha dari nol dan mendapatkan banyak rintangan namun hal tersebut harus dilalui dan jangan putus asa. Karena tidak selamanya usaha yang dijalankan bisa berjalan dengan mulus tanpa adanya rintangan. (BA)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button