fbpx
BisnisProductivity

7 Keahlian yang Sangat Bermanfaat Dalam Kehidupan

Dewasa ini, kehidupan modern membutuhkan skill atau keahlian mumpuni agar Anda bisa bersaing dengan para kompetitor yang lain. Berbekal ijazah atau kecerdasan saja tidak cukup untuk mendukung kehidupan Anda yang lebih baik. Ungkapan hidup itu keras rasanya memang benar. Nah, Anda wajib memiliki berbagai keahlian yang bermanfaat dalam kehidupan agar bisa memiliki jenjang karir yang bagus.

Keahlian yang bermanfaat di era digital

Berikut 7 keahlian yang bermanfaat dan wajib Anda miliki di kehidupan era digital.

1. Bahasa inggris

Seperti yang diketahui bahwa bahasa inggris merupakan bahasa internasional yang berlaku di mana saja. Kalau Anda mau menaklukkan dunia, kuasai bahasa inggris baik speaking, listening dan writing. Kemampuan bahasa Inggris Anda masih pas-pasan, sebaiknya pertimbangkan untuk mengikuti kursus atau pendidikan. Anda juga bisa belajar secara otodidak dengan mendengarkan musik atau menyaksikan film bersub bahasa Inggris ya!

2. Komputer

Keahlian yang bermanfaat dalam kehidupan era modern selanjutnya adalah ilmu komputer. Pastikan Anda menguasai komputer sebaik mungkin mulai aplikasi sederhana seperti word, excel, power point, dan lain-lain. Pekerjaan era digital membutuhkan kemampuan yang bagus di bidang komputerisasi. Anda bisa bekerja part atau full time di depan komputer setiap hari. Jenis pekerjaan yang bisa Anda dapatkan dengan kemampuan komputer sangat banyak lho!

Selamat tinggal pekerjaan konvensional di era globalisasi ini. Kalau Anda mau memiliki karir cemerlang, pastikan menguasai komputer sebaik mungkin. Mau jadi programmer, desain grafis, layouter, dan masih banyak jenis pekerjaan yang membutuhkan kemampuan komputer, pelajari berbagai aplikasi komputer untuk menambah wawasan dan keahlian Anda!

3. Menguasai dunia internet

Dunia internet terus berkembang seiring kemajuan jaman. Kalau Anda tidak mau belajar dan membuka diri, maka kekalahan sudah berada di tangan Anda sejak awal. Pastikan Anda terus belajar mengenai dunia internet seperti online marketing, teknik SEO dan lain-lain. Mau mengembangkan karir profesional atau usaha Anda berbasis online, kuasai dulu media yang hendak membangun branding Anda sendiri.

Bahkan banyak perusahaan besar yang merekrut karyawan dengan kemampuan olah digital dan online marketing lho! Anda bisa menjadi bagian pemasaran yang pandai membuat konten online marketing. Yuk, perbaiki skill Anda di bidang dunia internet ini!

4. Keahlian analisis data

Keahlian yang bermanfaat dalam kehidupan semakin keras adalah analisis data. Analisis data bisa mendapatkan bayaran mahal untuk kemampuan yang diberikan pada perusahaan atau klien. Seorang analisis dibutuhkan perusahaan untuk menentukan keputusan atau kinerja lanjutan yang berdampak pada kemajuan perusahaan kelak. Kalau Anda memiliki keahlian analisa data yang akurat, gaji atau fee besar siap membahagiakan kantong lho!

5. Keahlian komunikasi dan jaringan

Baik bekerja pada orang lain atau mengembangkan usaha sendiri, Anda butuh ilmu networking. Keahlian yang bermanfaat dalam kehidupan khususnya dunia kerja ini wajib Anda miliki. Anda butuh kemampuan komunikasi yang baik dengan karyawan, klien atau pelanggan. Kemampuan ini bisa Anda manfaatkan untuk melihat situasi terkini guna meningkatkan peluang usaha.

Membangun jaringan yang luas bisa mengembangkan karir atau usaha Anda lebih sukses lagi. Pelajari bagaimana cara memikat orang lain dengan bahasa yang baik, tutur ramah dan negoisasi yang tepat.

6. Keahlian multidisiplin

Orang-orang yang disiplin sangat dibutuhkan dalam perusahaan. Bisa jadi Anda dibutuhkan oleh orang atau bos besar tanpa mempedulikan latar belakang pendidikan. Pendidikan tinggi memang dibutuhkan untuk profesi tertentu, tetapi Anda tidak boleh putus asa. Siapa tahu keahlian yang bermanfaat dibutuhkan di bidang lain dalam perusahaan yang sama. Miliki disiplin ilmu lebih dari satu guna mendapatkan peluang pekerjaan yang lebih banyak.

7. Skill tanpa batas

Keahlian yang bermanfaat dalam kehidupan mencakup apa saja? Tidak ada batasan untuk keahlian yang dimiliki masing-masing orang. Hidup terus mengalami perubahan sehingga orang-orang wajib terus belajar hal baru. Ada baiknya Anda memiliki keahlian tanpa batas. Skill yang memiliki nilai jual tentu menjadi keunggulan tersendiri. Anda harus tahu bahwa kemampuan lain sangat mendukung kesuksesan kamu, misalnya kemampuan berpikir, menciptakan keputusan dan strategi terbaik, membuka diri, menerima kritik, dan hal-hal positif lainnya.

Keahlian yang bermanfaat dalam kehidupan modern akan membantu Anda bertahan dan bersaing. Era globalisasi menuntut Anda untuk berkompetisi menjadi pribadi yang terbaik dan dibutuhkan banyak orang. (pam)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close