fbpx
Artikel

Karya Seni Rupa Daerah Indonesia yang Jadi Daya Tarik Internasional

Seni rupa daerah adalah salah satu daya tarik warga dunia atau internasional pada Indonesia. Indonesia tak hanya menarik para wisatawan dengan wisata alamnya, melainkan juga keseniannya. Apa saja kesenian daerah yang telah menjadi daya tarik internasional?

Jenis Karya Seni Rupa

Sebelum masuk ke pembahasan apa saja jenis karya seni rupa daerah di Indonesia yang sudah dikenal dunia, ketahui terlebih dahulu apa saja jenis seni rupa. Sebab, yang namanya ‘seni rupa’ bukan merupakan definisi untuk satu jenis atau tipe seni saja. di dalamnya masih dikelompokkan menjadi beberapa kelompok yang sifatnya lebih spesifik.

Seni Lukis

Seni Rupa Daerah
Jenis Karya Seni Lukisan Jawa

Jenis yang pertama adalah seni lukis, yang mana sering dianggap menjadi seni satu-satunya dalam seni rupa. Padahal, masih ada dua jenis seni lagi yang masuk dalam golongan seni rupa. Seperti namanya, seni lukis merupakan salah satu cabang dari seni rupa yang pengaplikasiannya dalam bentuk dua dimensi.

Kebanyakkan media yang digunakan adalah kanvas, namun pada beberapa seni lukis daerah yang ada di Indonesia ada yang mengaplikasikannya ke atas kaca, kemasan, dan media lainnya. Bahkan tidak menutup kemungkinan salah satu cabang seni rupa ini diwujudkan di atas permukaan kayu.

Selain media, yang dibutuhkan untuk mewujudkan seni ini adalah pewarna. Bisa itu cat minyak, cat air, atau jenis pewarna lainnya. Apa saja bisa dilukis, termasuk potret wajah, panorama alam, binatang, abstrak, dan lainnya.

Seni Kriya

Seni kriya juga menjadi salah satu cabang seni dalam seni rupa. Seni kriya merupakan seni yang diwujudkan berdasarkan keterampilan tangan manusia dan tentunya dengan memperhatikan nilai estetika. Adanya suatu benda dengan nilai estetika, fungsional, dan diciptakan berdasarkan keterampilan manusia bisa disebut sebagai seni kriya.

Adapun macam-macam seni kriya berdasarkan media atau bahan pembuatannya dibagi menjadi kriya kulit, batu, logam, keramik, tekstil, dan kayu. Sedangkan jika dibagi berdasarkan teknik pembuatannya, seni kriya dibagi menjadi kriya bordir, anyaman, tenun, batik, dan ukir.

Seni Pahat

Sedangkan seni pahat adalah seni yang dibuat dengan teknik pahat atau ukir. Media yang bisa digunakan untuk memahat atau mengukir adalah batu, kayu, dan logam. Bentuk apa saja yang diinginkan bisa diaplikasikan melalui seni ini. Contoh wujud dari seni ini antara lain furniture, topeng, patung, dan lainnya.

Contoh Karya Seni Rupa Daerah di Indonesia

Berikut adalah contoh beberapa karya seni rupa daerah yang sudah ada di Indonesia beserta asalnya.

Nama Seni RupaAsal Daerah
Batik Tujuh RupaPekalongan
Batik Mega MendungCirebon
Batik ParangJawa Tengah
Batik SoganSolo
Batik PrianganTasik
Batik Pring SedapurMagetan
Tenun AdatNusa Tenggara Timur
Tenun SongketSumatera (Padang, Riau, Jambi, Lampung)
Kerajinan PerakYogyakarta
ArcaBali, Magelang, Yogyakarta
Wayang KulitYogyakarta, Solo
Wayang GolekSunda
Wayang BeberJawa Tengah
Wayang KlithikJawa Timur
Kipas Kayu CendanaBali
Topeng BarongBali
GerabahYogyakarta
Getah NyatuKalimantan
NokenPapua
Anyaman Tikar PandanNatuna
AngklungJawa Barat

Seni Rupa Daerah yang Menjadi Daya Tarik Internasional

Setelah mengerti apa saja jenis seni rupa daerah dan contoh-contoh beserta asalnya, saatnya mengetahui seni rupa daerah apa yang sampai sekarang ini memiliki daya tarik bagi warga dunia. Ternyata, tidak hanya satu atau dua kesenian dari Indonesia saja yang berhasil menarik perhatian mereka, melainkan ada cukup banyak. Hal ini pun wajar karena memang setiap seni rupayang berasal dari Indonesia memiliki keunikan masing-masing.

Berikut adalah beberapa seni rupa dari Indonesia yang berhasil menarik perhatian warga dunia dan beberapa memang sudah didistribusikan ke negara lain untuk dikenalkan.

Batik

Seni Rupa Daerah
Kegiatan Membatik

Banyak jenis atau motif batik yang merupakan karya seni rupa daerah dari Indonesia yang menarik perhatian warga dunia. Malahan, bisa dikatakan batik lah yang memiliki banyak peminat dibanding seni-seni yang akan disebutkan dalam daftar ini. seni rupa seperti batik memang bisa dimaklumi jika banyak yang menyukainya, apalagi bagi orang-orang dari luar negeri.

Batik dibuat dengan kain putih dan lilin yang memiliki pigmen warna. Kian yang ada di gambar dengan pewarna tersebut sehingga menghasilkan gambar atau motif yang unik dan kemudian digunakan untuk berpakaian. Batik dihadirkan dalam bentuk pakaian langsung dan juga ada yang ditawarkan sebagai lembaran kain.

Bukan hanya warga Indonesia khususnya Jawa saja yang senang memakai batik, orang dari luar negeri pun kalau mendapat kesempatan akan senang memakainya. Dari tabel di atas bisa diketahui apa saja motif batik yang berasal dari daerah, yaitu seperti batik motif parang, mega mendung, tujuh rupa, priangan, dan masih banyak lagi.

Tenun Songket

Setelah batik, masih ada lagi seni rupa daerah yang diwujudkan dengan media kain dari Indonesia, yaitu tenun songket. Songket memang juga dikenal berasal dari Melayu, yang mana tepatnya dari Malaysia dan Brunei Darussalam. Namun jika yang dibicarakan adalah tenun songket nusantara, maka akan dijumpai kain tenun songket yang berasal dari Pulau Sumatera.

Tenun songket dari Malaysia atau Brunei Darussalam berbeda dengan tenun songket nusantara. Jika keduanya berjejeran dan diperhatikan akan ada sedikit perbedaannya. Tenun songket yang biasa dibuat di Padang, Riau, Lampung, dan sekitarnya juga sukses menjadi daya tarik bagi warga dunia. Tak sedikit wisatawan asing yang mencari tenun songket nusantara untuk dibawa pulang ke negaranya karena keindahannya.

Wayang Kulit

Tentu saja wayang kulu juga masuk dalam daftar ini. wayang kulit adalah seni rupa daerah yang berasal dari Surakarta dan Yogyakarta. Ada sedikit saja perbedaan antara wayang kulit yang berasal dari Yogyakarta dan yang berasal dari Surakarta, namun keduanya dibuat dengan kulit sapi atau kulit domba. Wayang kulit dibuat dengan karakter yang berbeda-beda sesuai dengan yang diinginkan pembuatnya. Biasanya, karakter yang dibuat diadaptasi dari kisah Mahabharata.

Gerabah

Gerabah dari Kasongan, Yogyakarta, juga berhasil menarik perhatian warga dunia dan menjadi pilihan oleh-oleh untuk wisatawan asing yang berlibur di Yogyakarta. Gerabah yang dipilih bisa berdasarkan dekoratifnya atau fungsionalnya, bisa dipilih yang ukurannya kecil atau yang besar, dan juga bisa dipilih sesuai dengan bentuknya.

Adapun sebagai pilihannya adalah gerabah dalam bentuk guci, alat masak, alat aromaterapi, gerabah bentuk naga yang ikonik, dan bentuk-bentuk lainnya dengan dekorasi yang berbeda-beda.

Arca Candi

Seni Rupa Daerah
Arca Candi Borobudur

Arca pada kompleks candi juga menarik perhatian internasional, apalagi arca yang ada di Candi Prambanan dan Candi Borobudur. Arca-arca ini otentik dibuat oleh orang-orang zaman dahulu dan memiliki bentuk dengan nilai estetika yang tinggi. Sangat wajar para wisatawan asing sengaja datang ke Yogyakarta, Jawa Tengah, Bali, atau daerah lainnya untuk bisa melihat langsung arca-arca ini.

Kesenian daerah yang berasal dari Indonesia memang memiliki keunikan masing-masing. Tak hanya unik, semuanya jelas memiliki nilai estetika sehingga bisa disebut sebagai seni rupa.

Batik, tenun songket, arca candi, gerabah, dan apa yang telah disebutkan di atas berhasil menjadi daya tarik internasional. Bahkan, banyak turis yang mencari keindahan budaya ini sehingga bisa menjadi tambahan income untuk masyarakat dan tabungan bagi anak cucu.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button