ArtikelBisnisProductivity

Jenis Pekerjaan Mahasiswa Dalam Bidang Jasa

Mengapa pekerjaan mahasiswa bidang jasa cukup penting?  Tak ada salahnya mahasiswa berfokus pada kuliah dan mencari pemasukan lebih. Apalagi jika proses kurang didukung dengan finansial yang baik, rasanya kuliah sambil bekerja akan menjadi jawaban yang tepat.

Jenis-Jenis Pekerjaan Jasa untuk Mahasiswa

Ada tiga jenis pekerjaan bidang jasa mahasiswa yang cukup baik untuk Anda yang masih kuliah, bahkan semuanya dinilai tidak akan mengganggu waktu kuliah.

Waiter

Di sekitar kampus pastinya ramai akan tempat nongkrong dan rumah makan. Menjadi kesempatan besar untuk menambah pemasukan dengan menjadi waiter atau pelayan di salah satu tempat tersebut.

pekerjaan mahasiswa bidang jasa sebagai waiter

Mahasiswa juga akan lebih diuntungkan karena letaknya yang mungkin tidak jauh dengan kost atau tidak jauh dengan kampus.

Tentor les privat

Menawarkan jasa, dengan menjadi tentor les privat mahasiswa tak perlu lelah untuk berdiri atau mengerjakan hal yang menggunakan fisik. Pekerjaan inj mengharuskan mahasiswa datang ke rumah siswa atau datang ke lembaga bimbingan belajar untuk mengajari siswa.

Editor foto, video dan media lainnya

Tak memandang jurusan kuliah, hampir siapa saja bisa melakukan pekerjaan ini asalkan memiliki skill.

Manfaat Mahasiswa Mulai Bekerja di Bidang Jasa

Lebih disiplin waktu

Bekerja tentu membuat mahasiswa lebih disiplin terhadap waktu, hal ini dilatih oleh lingkungan kerjanya dan atasan.

Mendapatkan penghasilan sebelum lulus kuliah

Siapa saja pasti akan merasa bangga dan bersyukur jika bisa berpenghasilan sebelum lulus kuliah, dan inilah yang didapat jika mahasiswa kuliah sambil bekerja.

Lebih dapat memetakan potensi diri

Bekerja saat kuliah akan membuat mahasiswa memahami diri sendiri tentang bakat yang ia miliki.

Tips Menyeimbangkan Pekerjaan dan Perkuliahan

Tetap memprioritaskan kuliah

Tetap prioritaskan kuliah di atas kerja, jika hal ini sudah tertanam di benak maka bekerja bukan lagi menjadi alasan untuk menyelewengkan kuliah.

Menghindari wasting time

Daripada mengikuti perkumpulan yang kurang jelas tujuannya atau hangout, lebih baik manfaatkan waktu untuk menyelesaikan tugas yang sempat tertinggal saat bekerja.

Memiliki jadwal yang terstruktur

Misalnya saja, di hari Senin jam sekian sampai jam sekian kuliah, kemudian dilanjutkan sampai jam tertentu bekerja, kemudian di hari Selasa, dan seterusnya. Jadwal ini akan lebih membantu dan membuat acara bekerja dan kuliah tidak acak-acakan. (SR)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close