fbpx
ArtikelHealth

Inilah Wabah Lain Yang Tak Kalah Ganas Dari Virus Corona

Kumkel.com – Pandemi Virus Corona kian menjadi di Indonesia. Hal ini membuat semua orang khawatir. Namun, siapa sangka bahwa faktanya terdapat wabah lain yang dapat mematikan.

Wabah corona ini bukan satu – satunya virus yang mematikan. Beberapa wabah lain juga dapat merusak sistem pada tubuh manusia. Namun, penyebaran virus corona ini yang membuat banyak orang ketar – ketir.

Inilah Wabah Lain Yang Tak Kalah Ganas Dari Virus Corona

Pasalnya, virus ini mudah sekali untuk berpindah dari satu tempat ketempat lain. Selain itu, beberapa penelitian juga menunjukan bahwa virus ini mampu bertahan cukup lama pada benda mati.

Hal inilah yang perlu di waspadai. Pasalnya, bisa saja seseorang tertempel virus di baju ataupun benda yang menempel pada dirinya, kemudian dirinya berkontak langsung dengan orang yang memiliki sistem imun rendah, sehingga akan tertular.

Penyebaran virus ini lebih membahayakan daripada virusnya sendiri.

Maka dari itu, para dokter menyarankan banyak orang untuk berjemur setiap pagi. Berjemur di pagi hari sebelum jam 10 minimal 10 menit dapat meningkatkan daya tahan tubuh manusia..

Wabah Lain Yang Lebih Ganas dari Virus Corona

Berikut ini adalah wabah lain yang lebih ganas dari virus corona adalah sebagai berikut :

1. Black Death

Wabah hitam atau lebih dikenal dengan istilah black death merupakan sebuah wabah yang sangat ganas. Wabah ini pertama kali menyebar di Eropa antara tahun 1345 hingga 1353.

Wabah ini sempat menggegerkan jagat raya. Belum lagi, wabah ini dapat menularkan melalui 3 varian. Varian yang paling dikenal adalah varian Pes.

Varian Pes merupakan penularan melalui kelenjar getah bening yang membengkak. Umumnya, para korban akan mengalami pembengkakan di daeraha ketiak, paha dan leher.

Inilah Wabah Lain Yang Tak Kalah Ganas Dari Virus Corona

Varian lainnya yakni Pneumonia dan Septicemia. Pneumonia merupakan penularan melalui udara yang akan menyerang sistem pernafasan manusia.

Sedangkan Septicemia merupakan penularan melalui aliran darah sehingga akan merusak sistem darah manusia. Pada masa itu, Black Death mampu melumpuhkan perekonomian Eropa di hampir separuh wilayahnya.

2. Flu Rusia

Pada pertengahan tahun 1889 hingga 1890, terjadi wabah influenza yang dapat memusnahkan jutaan manusia di dunia.

Wabah ini biasa dikenal dengan flu asia atau flu rusia. Saat ini, jenis flu tersebut masuk dalam subtipe virus influenza A H3N8 yang mana sebelumnya masuk dalam subtipe H2N2.

3. Flu Spanyol

Jenis wabah ini terjadi saat pertengahan tahun 1918 sampai 1920. Oleh karenanya, flu ini juga dikenal dengan flu 1918. Virus ini dipercaya disebabkan oleh flu jenis A H1N1.

Inilah Wabah Lain Yang Tak Kalah Ganas Dari Virus Corona

Flu Spanyol mulanya mulanya muncul di Perancis dan Afrika Barat, kemudian menyebar ke wilayah Amerika Serikat, hingga ke seluruh dunia.

Pada masa itu, wabah ini menyerang orang muda dan dewasa. Jutaan orang meninggal, dan sebagian lainnya dapat di selamatkan.

4. Flu Asia

Flu ini berasal dari China yang muncul tahun 1956 hingga 1958. Wabah ini dipercaya berasal dari percampuran dari virus lain dan flu burung.

Mulanya, virus ini ditemukan di Guizhou yang kemudian menyebar ke wilayah Singapura, tepat pada bulan Februari tahun1957. Wilayah Hongkong  juga terkena penyebaran wabah ini pada bulan April, kemudian menyusul Negara Amerika Serikat pada bulan Juni, di tahun yang bersamaan.

Inilah Wabah Lain Yang Tak Kalah Ganas Dari Virus Corona

Sekitar 116 ribu jiwa meninggal di wilayah Amerika Serikat karena virus ini. Wilayah lain yang terpapar virus ini juga menyebabkan kematian hingga diperkirakan jutaan jiwa melayang. WHO menetapkan korban yang meninggal akibat virus ini mencapai kisaran 2 juta.

5. Flu Babi

Pada tahun 2009 hingga 2010 terjadi virus yang menggemparkan dunia, yakni Flu Babi. Flu ini masuk dalam tipe A H1N1 yang mana berasal dari 2 endemik manusia, 1 endemik babi dan  endemik burung. Flu babi mulanya muncul di wilayah Meksiko pada tahun 2009, kemudian menyebar ke seluruh penjuru dunia.

Dari data CDC saat itu, virus ini pertahunnya mampu memakan korban hingga milyaran orang, dan membunuh ratusan ribu jiwa. Di tanggal 11 Juni 2009, WHO resmi menetapkan wabah flu babi sebagai pandemi.

Dari penjelasan di atas dapat kita tarik kesimpulan, bahwa sebelum Virus Corona, sebenarnya wabah lain sudah ada, bahkan lebih ganas. Maka dari itu, tetap menjaga kebersihan dan taat dengan himbauan pemerintah.  

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close