Artikel

Inilah Alasan Pentingnya Pendidikan

Sahabat Kumkel pasti sering mendengar jargon-jargon dan ungkapan-ungkapan yang mengatakan tentang pentingnya pendidikan. Tapi, tahukah kamu, mengapa pendidikan dikatakan penting?

Secara garis besar makna dari pendidikan adalah proses belajar agar dapat memperoleh tambahan pengetahuan. Proses belajar tersebut dapat dilakukan di lembaga-lembaga pendidikan formal seperti sekolah-sekolah dan perguruan tinggi, belajar di lembaga-lembaga non-formal seperti BLK (Balai Latihan Kerja), lembaga-lembaga kursus dan berbagai tempat penyelenggaraan pendidikan non-formal lainnya, serta belajar secara informal di dalam keluarga dan di lingkungan sosial.

Hanya saja, setiap kali mendengar kata ‘pendidikan’, bayangan sebagian besar masyarakat selalu tertuju pada pendidikan yang diselenggarakan di lembaga-lembaga formal. Sehingga acuan dari ungkapan ‘pentingnya pendidikan’, cenderung kepada pentingnya menempuh pendidikan formal.

Terlepas dari dikotomi tentang makna dari pendidikan, mari kita kupas bersama tentang pentingnya pendidikan.

Wahana untuk Menambah dan Memperdalam Pengetahuan

Secara naluri manusia akan terdorong untuk belajar tentang apa saja yang tertangkap oleh panca inderanya. Namun, belajar secara otodidak butuh proses yang lama dan belum tentu menguasai semua dari apa yang dipelajari tersebut mengingat keterbatasan informasi.

Melalui pendidikan, proses belajar tersebut dapat dipercepat dengan hasil yang lebih akurat karena dibimbing oleh guru yang lebih menguasai tentang materi yang dipelajari ditambah berbagai bahan dan materi ajar untuk melengkapi informasi tentang pengetahuan yang dipelajari.

Karena banyaknya pengetahuan di dunia ini yang harus dipelajari oleh manusia, sementara manusia memiliki keterbatasan waktu dalam mempelajarinya disebabkan oleh batasan usia, maka langkah yang tepat adalah belajar dengan wahana pendidikan.

Memberikan Pencerahan

Melalui pendidikan mindset seseorang dapat berubah, karena dari berbagai pengetahuan yang dipelajari akan membuka wawasannya dalam memecahkan masalah, sehingga dalam menilai sesuatu tidak hanya dari satu sudut melainkan dari berbagai dimensi.

Itu sebabnya mereka yang berpendidikan tinggi memiliki kecenderungan lebih bijak dalam memecahkan sebuah persoalan, karena setiap persoalan akan dia pecahkan lewat pemikiran yang komprehensif dengan rujukan dari berbagai pengetahuan yang telah dipelajarinya. Disinilah pentingnya pendidikan akan dapat dirasakan.

Menciptakan Manusia Berkarakter

Melalui pendidikan, manusia diajak untuk berpikir, menganalisa dan memutuskan. Melalui pendidikan pula kepribadian manusia diasah dengan berpedoman pada nilai-nilai serta budaya dan peradaban.

Melatih olah pikir dan mengasah kepribadian melalui pendidikan jika dilakukan terus-menerus secara bertahap dan berjenjang akan membentuk karakter manusia, sehingga memiliki kepribadian yang ulet, tangguh, tidak mudah menyerah, mampu menjawab tantangan global dan dapat menyesuaikan diri dengan peradaban yang berkembang.

Mendukung Pengembangan Karir

Pentingnya pendidikan memang tidak bersinggungan secara langsung dengan karir, pekerjaan atau jabatan, sebab tujuan dari pendidikan lebih kepada penyampaian materi dalam bentuk bekal untuk menghadapi kehidupan dan bukan bekal untuk mendapatkan pekerjaan atau mengembangkan karir kecuali sekolah-sekolah vokasi yang memang mempersiapkan peserta didik untuk mengisi posisi tertentu dalam dunia kerja.

Namun demikian tidak dapat dipungkiri bahwa pendidikan memiliki pengaruh penting dalam pengembangan karir dan untuk mendapatkan pekerjaan. Contoh paling mudah yang dapat ditemui adalah dengan membaca lowongan pekerjaan yang disebarkan di berbagai media.

Dalam lowongan pekerjaan tersebut hampir bisa dipastikan adanya persyaratan berupa ijazah terakhir alias lembaga pendidikan yang menjadi tempat belajar, atau jika tidak, persyaratan yang dibutuhkan adalah ketrampilan dalam bidang-bidang tertentu.

Dengan kata lain, pentingnya pendidikan juga bersinggungan dengan upaya untuk mencari kerja serta pengembangan karir karena untuk bisa memperoleh ijazah dibutuhkan pendidikan, begitu juga agar bisa menguasai ketrampilan pada berbagai bidang juga dibutuhkan pendidikan meski tidak dalam bentuk pendidikan formal.

Mempercepat Kemajuan Suatu Bangsa dan Meningkatkan Kualitas Peradaban

Hanya dengan pendidikan kualitas suatu bangsa dapat meningkat dan dengan pendidikan pula peradaban dapat dibangun. Hal tersebut tidak dapat dipungkiri, karena kualitas sumber daya manusia merupakan potensi terbesar yang dimiliki suatu bangsa dibandingkan dengan sumber daya lainnya dalam bentuk apapun.

Jepang bisa dijadikan contoh. Usai negerinya hancur luluh oleh Perang Dunia II, Jepang yang notabene miskin sumber daya alam dapat segera bangkit dan mampu bersaing dengan negara-negara lainnya di dunia, bahkan sempat merajai perekonomian dunia disebabkan karena pemerintah Jepang sadar akan pentingnya pendidikan, sehingga menomorsatukan pendidikan melebihi bidang-bidang yang lain.

Itulah pentingnya pendidikan yang perlu diketahui agar kita dapat terus terpacu untuk belajar, belajar dan belajar! (ak)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close