fbpx
BisnisHow ToLifestyle

Cara Hidup Hemat Mulai Dari Hal Terkecil

Kumkel.comHidup hemat merupakan salah satu gaya hidup yang sangat baik untuk kita semua. Gaya hidup ini sangat penting untuk kehidupan di mass yang akan datang. Beberapa orang mungkin berfikir bahwa gaya hidup hemat tidak memiliki manfaat.

Tentunya, persperktif seperti ini sangat tidak benar, karena dengan berhemat, hidup semakin berkualitas dan dapat mengurangi kepanikan saat anda membutuhkan uang untuk keperluan selanjutnya yang tidak terduga.

1. Memprioritaskan Kebutuhan daripada keinginan

Prioritas hidup seseorang berbeda – beda. Ada beberapa orang lebih mengedepankan gaya hidup mewah dibandingkan dengan kualitas hidupunya. Kualitas hidup tidak melulu mengenai hidup dengan cara gaya hidup mewah, karena ini hanya akan menjadikan anda lebih boros.

Gambar terkait

Orang yang memiliki gaya hidup mewah belum tentu sebanding dengan penghasilan perbulannya. Gaya hidup seperti ini hanya akan membuat anda menumpuk hutang jika penghasilan lebih kecil dari gaya hidup.

Maka, alangkah lebih baik anda menerapkan gaya hidup hemat. Tentu dengan gaya hidup yang hemat, anda akan lebih mudah untuk membeli barang – barang yang anda butuhkan di masa yang akan datang. Usahakan selalu menabung setiap hari, meskipun hanya seribu atau dua ribu.

2. Pengeluaran lebih besar daripada Pendapatan

Kebutuhan sehari – hari sebenarnya inilah yang membuat orang harus mengeluarkan uang. Kebutuhan sandang, pangan dan papan harus menjadi prioritas utama. Tapi kemewahan dari kebutuhan ketiganya bukan lagi sebuah prioritas.

Pendapatan dan pengeluaran setidaknya harus sejajar, meskipun lebih baik jika pendapatannya lebih besar. Namun, jika dirasa sulit, anda sebaiknya meminimalisir kebutuhan anda, seperti makan mewah, baju branded dan lain – lain.

Jika anda tidak dapat menyejajarkan antara pengeluaran dengan pendapatan, maka anda tentunya harus berhutang. Nah, hutang inilah yang di kemudian hari akan memberatkan anda.

3. Menjaga Kesehatan Untuk Hidup Hemat

Banyak  hal yang perlu anda ketahui mengenai kesehatan. Kesehatan ini merupakan suatu hal yang penting karena dengan anda sehat, maka kulaitas hidup anda meningkat. Kualitas hidup yang meningkat akan menambah semangat kerja anda.

Kesehatan anda perlu di jaga dengan baik, karena dengan anda sehat, maka anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk berobat. Menjaga kesehatan adalah kewajiban semua orang demi kualitas hidupnya. Tidak begitu mahal untuk menjaga kesehatan, karena anda hanya menjaga pola hidup sehat.

Pola hidup sehat ini sangat murah, seperti berolahraga debgan rutin, dan makan makanan sehat seperti buah dan sayur. Coba anda bandingkan dengan makanan instan di restoran yang memiliki biaya cukup tinggi untuk membelinya. Perlu anda ingat bahwa makanan instan tidak baik untuk di konsumsi dan memiliki harga yang cukup mahal. Maka, hindarilah makanan instan agar kesehatan anda tetap terjaga.

4. Bijak Dalam Berbelanja

Berbelanja merupakan salah satu hal yang sangat mengasikkan untuk sebagian orang. Namun, tidak dengan dompet anda, karena akan terkuras habis untuk berbelanja. Belanja menjadi salah satu penyakit, terutama untuk wanita, karena mereka bisa saja berbelanja tanpa terkontrol dengan benar.

Hasil gambar untuk bijak dalam belanja

Bijaklah dalam berbelanja, karena kebutuhan anda sebenarnya masih banyak lagi bukan hanya untuk belanja. Jika anda memiliki hobi belanja maka anda harus mendapatkan penghasilan tambahan untuk menutup hasrat keinginan anda dalam berbelanja.

Penghasilan tambahan ini nantinya akan di alokasikan untuk kebutuhan lain yang tidak terlalu penting seperti berbelanja. Selain itu, tempat berbelanja juga sangat mempengaruhi harganya. Anda harus memilih tempat belanja yang tepat agar mendapatkan harga yang sesuai dengan dompet anda.

5. Membawa Bekal

Apakah anda malu membawa bekal untuk bekerja? Jika benar, maka anda salah satu orang yang memiliki gengsi cukup tinggi. Bekal bukanlah salah satu hal yang memalukan karena perlu anda ketahui, bahwa di luar sana sudah banyak yang menggunakan sistem ini untuk berhemat.

Membawa bekal kekantor merupakan upaya hidup hemat yang harus anda lakukan mulai dari sekarang. Hal ini karena, dengan membawa bekal kekantor akan mengurangi budget anda untuk makan siang.

Nah, itulah beberapa upaya untuk hidup hemat. Anda bisa menanamkan hidup hemat kepada diri anda maupun anak anda, karena kebiasaan hidup hemat sangat baik jika ditanamkan sejak dini. (ym)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close