fbpx
ArtikelBisnisProductivity

Harus Survive! Ini 3 Kategori Cara Mendapatkan Uang di Era New Normal

Cara mendapatkan uang di era new normal tentu sedikit berbeda dengan masa sebelumnya, entah itu saat karantina mandiri atau saat sebelum covid19 mulai mewabah. Saat ini, Anda mungkin sedang mencari informasi yang berhubungan dengan pergerakan ekonomi dalam fase new normal. Kejadian yang menimpa banyak orang semasa covid19 tak lain adalah pemutusan hubungan kerja atau sulitnya sebagian besar UMKM untuk berkembang. Sehingga membuat situasi ekonomi semakin terpuruk.

Namun tidak perlu khawatir, dalam memasuki era new normal, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar Anda bisa mulai bekerja kembali dan tetap memiliki penghasilan. Cara mendapatkan uang di era new normal yang akan dibahas ini bersifat umum, berlaku untuk siapa saja dengan latar belakang apa saja.

Entah sebelumnya Anda adalah karyawan yang dirumahkan, pebisnis yang tidak kunjung mendapatkan pemasukan, atau Anda yang sebelumnya freelancer dan ingin menambah pemasukan. Maka dari itu, rupanya informasi cara mendapatkan uang di era new normal mungkin dibutuhkan untuk menambah inspirasi supaya roda kehidupan tetap berjalan dengan baik.

Dengan cara-cara yang akan dibahas ini, diharapkan tak lama lagi Anda sudah bisa mendapatkan pemasukan lebih yang sehingga cukup untuk keseharian atau mungkin menabung. Simak satu per satu caranya dan pilih mana yang paling relate dengan keadaan Anda.

Cara Mendapatkan Uang di Era New Normal Untuk Freelancer

Jika sebelumnya Anda adalah seorang freelancer, boleh jadi pandemi kemarin tak berpengaruh pada pekerjaan atau pada pemasukkan. Namun bisa jadi pandemi mempengaruhinya juga. Di era new normal ini ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan yang termasuk dalam cara mendapatkan uang di era new normal.

– Perbaiki Portofolio

Sebagai seorang freelancer pastinya Anda sudah memiliki portofolio sebelumnya. Bisa itu berupa konten artikel, desain, fotografi, dan lain sebagainya. Mungkin sebelumnya Anda menggunakan portofolio yang sudah lama sekali dibuat dan kurang update.

Untuk era new normal ini sebaiknya Anda perbarui saja portofolio yang dimiliki. Baru kemudian pamerkan portofolio tersebut ketika Anda melamar pekerjaan yang baru atau pada klien yang mencari jasa Anda. Secara tidak langsung cara ini masuk sebagai cara mendapatkan uang di era new normal.

– Perbanyak Relasi

Meskipun Anda seorang freelancer tetap menjadi ide yang baik jika Anda mengusahakan perbanyakkan relasi. Siapa tahu, saat memperbanyak relasi nanti Anda menemukan seseorang yang mencari-cari jasa Anda namun tak menemukannya. Bukankah akan menjadi pertemuan yang menguntungkan?

Hal ini sangat menguntungkan, apalagi jika relasinya adalah orang luar negeri yang sudah mengetahui bahwa Indonesia adalah negara maju. Dengan memperbanyak relasi, tak menutup kemungkinan Anda bisa bertemu dengan seseorang yang juga sebidang. Di sana bisa terjadi sharing dan ilmu serta wawasan Anda pun bertambah.

– Memanfaatkan Sosial Media

Cobalah untuk memanfaatkan sosial media supaya jasa atau skill yang Anda tawarkan ditemukan oleh orang lain, terutama orang lain yang memang mencari jasa Anda. Lagipula sama sekali tak sulit untuk memanfaatkan sosial media sebagai platform memamerkan portofolio dan mengiklankan jasa Anda.

Sosial media sendiri ada banyak sekali jenisnya, Anda pun juga bisa membuat website supaya portofolio terasa lebih profesional. Malahan juga sudah ada platform-platform khusus untuk freelancer yang ingin menawarkan jasanya.

Cara Mendapatkan Uang Di Era New Normal Untuk Pengusaha

Cara mendapatkan uang di era new normal yang akan dibahas juga berlaku untuk Anda seorang pengusaha. Pengusaha memang memiliki pemasukkan yang tidak pasti. Namun bisa jadi pandemi kemarin telah membuat usaha Anda oleng. Karenanya, ikuti saja beberapa cara sederhana berikut.

– Mengadakan Promosi

Jika benar bisnis Anda sempat oleng karena pandemi, maka era new normal adalah waktu untuk bangkut kembali. Tarik lagi perhatian calon pelanggan atau pelanggan dengan promosi. Promosi juga menjadi solusi bagi mereka, sebab kebanyakkan dari mereka pun juga sedang mengalami kesulitan ekonomi.

Untuk bisa tetap memenuhi kebutuhan namun dengan harga yang lebih murah pastinya adalah apa yang mereka inginkan. Maka dari itu, jangan ragu untuk mengadakan promosi.

– Marketing Secara Online

Terus lakukan marketing secara online untuk memperluas pasar seluas-luasnya. Anda pasti sudah paham betul bahwa kini banyak orang yang memenuhi kebutuhannya melalui internet. Karenanya, ambil kesempatan ini untuk menambah pemasukan bisnis atau usaha.

Bisa dengan memanfaatkan sosial media, memanfaatkan marketplace untuk menjualkan produk Anda, membuat website perusahaan supaya terkesan menjadi usaha yang profesional, dan banyak hal lainnya. Malahan banyak yang menilai bahwa marketing secara online lebih efektif dibanding marketing secara offline.

– Membuat Inovasi Produk

Era new normal adalah era yang berbeda dengan waktu sebelum pandemi datang dan berbeda pula dengan era karantina kemarin. Kali ini Anda bisa membuat inovasi untuk kembali menarik perhatian pelanggan.

Bisa dengan mewujudkan produk yang inovatif sekaligus solutif, atau mewujudkan produk atau jasa yang sekiranya dibutuhkan di era new normal ini. Anda harus menyadari bahwa yang memasuki era new normal tak hanya Anda saja, melainkan semua orang di luar sana.

Cara Mendapatkan Uang Di Era New Normal Sebagai Mantan Karyawan

Cara mendapatkan uang di era new normal yang selanjutnya berlaku untuk Anda mantan karyawan. Bisa jadi sebelumnya Anda adalah seorang karyawan yang pekerjaannya terdampak covid19 dan membuat perusahaan memutus kerjasama dengan Anda. Tak perlu lagi meratapi nasib, Anda harus tetap bergerak supaya tetap mendapatkan pemasukkan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan.

– Rajin Cek Informasi Lowongan Kerja

Waktu inilah yang tepat untuk rajin mengecek lowongan pekerjaan. Di zaman sekarang ini tak sulit untuk menemukan lowongan, karena di dunia internet saja Anda sudah bisa menemukan ribuan lowongan. Baik bersumber dari website, aplikasi, maupun sosial media.

– Memulai Kerja Freelance

Jika lowongan yang Anda cari rupanya banyak yang freelance atau paruh waktu, sebaiknya jangan ragu untuk mencoba. Anda pasti sudah tidak tahan lagi dengan masa menganggur karena pandemi ini, dan salah satu cara solutif supaya Anda tetap berpenghasilan adalah melakukan pekerjaan yang memang bisa dilakukan.

Tidak ada salahnya karyawan yang tadinya bekerja secara full time kemudian menjadi freelancer. Lagipula dengan menjadi freelancer pasti akan ada pelajaran yang didapat, wawasan yang lebih luas, dan bisa untuk sambil menunggu mendapatkan pekerjaan tetap.

– Memperluas Relasi

Penting untuk lebih memperluas relasi ketika Anda mencari pekerjaan baru. Jika Anda setuju bahwa relasi Anda saat ini sudah banyak, maka jangan pernah ragu untuk terus memperluas relasi. Bisa dari yang sederhana-sederhana saja, misalkan membuka obrolan dengan rekan lama atau dengan orang baru yang satu tujuan.

– Menabung dan Berinvestasi

Setelah mendapatkan tambahan uang dan rupanya sisa setelah memenuhi kebutuhan sehari-hari, Anda bisa mulai menabung. Supaya menabung bisa memberikan Anda uang atau passive income maka sebaiknya uang tersebut diinvestasikan saja. Selain membuat uang yang disimpan aman, Anda juga akan mendapatkan pemasukkan ketika Anda tidak melakukan apa-apa. Bukankah ini terdengar solutif?

Atau mungkin sebelumnya Anda telah memiliki sekian rupiah untuk ditabung. Daripada hanya ditabung dan tidak ‘bergerak’ di dalam rekening, sebaiknya diinvestasikan saja. Secara tidak langsung berinvestasi juga masuk dalam bahasan cara mendapatkan uang di era new normal.

Ada banyak investasi yang dipilih berdasarkan jenisnya. Namun kali ini akan disuguhkan tabel yang berisi perbandingan antara satu investasi dengan investasi lain supaya Anda bisa lebih mudah memilih. Investasi-investasi yang ada di tabel berikut adalah investasi yang dinilai pas untuk skala mantan karyawan atau siapa saja yang sudah bisa mulai menabung.

Jenis InvestasiJangka WaktuCompoundingTingkat KesulitanKeuntungan dan RisikoLikuiditasModal Awal
EmasPanjangTidakMudahRendahTinggiRendah
P2P LendingPendek-panjangYaSedangVariatifRendahSedang
Reksa DanaPendek-panjangTidakSedangVariatifTinggiRendah
Valuta AsingPendekYaSulitTinggiTinggiSedang
CryptocurrencyPendek-panjangYaSulitTinggiSedangSedang
Tabel Perbandingan Investasi

Kini Anda tak akan kesulitan lagi untuk menemukan uang di era new normal ini. Sebab beberapa cara mendapatkan uang di era new normal sudah Anda ketahui. Anda hanya perlu menyesuaikan dengan keadaan Anda yang sekarang. Selamat mencoba dan semoga sukses! (SR)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button