fbpx
FoodHealthHow To

Diet Golongan Darah O, Manfaat, Jenis Makanan, dan Cara Melakukannya

Diet golongan darah merupakan salah satu bentuk pengaturan makan yang bisa menjadi alternatif untuk penurunan berat badan. Pengaturan makannya disesuaikan dengan golongan darah masing-masing orang. Salah satunya adalah diet golongan darah O.

Diet golongan darah ini dikhususkan untuk seseorang yang memiliki golongan darah O yang menginginkan pola makan sehat sesuai golongan darahnya. 

Apa sebenarnya manfaat dari diet golongan darah? Mengapa banyak yang tertarik untuk melakukan diet sesuai golongan darah? Simak ulasan di bawah ini, mulai dari manfaat, pilihan jenis makanan, dan cara melakukan diet golongan darah O.

Manfaat Diet Golongan Darah O

Diet golongan darah diyakini memiliki banyak sekali manfaat bagi para pelakunya. Salah satunya adalah dapat menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan. Bagi pemilik golongan darah O yang sering memiliki keluhan pada pencernaan, diet ini akan sangat membantu.

Pemilik golongan darah O memang dikenal sering mengalami masalah pencernaan, sehingga harus benar-benar menjaga makanannya. Melakukan diet golongan darah bermanfaat untuk memahami makanan mana saja yang bersifat racun, netral, dan menyehatkan bagi pemilik golongan darah O.

Pilihan Jenis Makanan Yang Tepat Untuk Golongan Darah O

Ketika melakukan diet golongan darah O, maka seseorang harus mengikuti anjuran yang telah ditentukan. Tidak semua bahan makanan bisa dikonsumsi saat melakukan diet golongan darah. Berikut ini kelompok bahan makanan yang sesuai untuk orang bergolongan darah O:

1. Daging Tanpa Lemak

Pilihan bahan makanan pertama, sebagai sumber protein untuk golongan darah O adalah daging sapi tanpa lemak. Secara umum, pelaku diet golongan darah O harus mengkonsumsi makanan yang memiliki protein tinggi seperti daging sapi.

Namun perlu diingat, tidak semua daging bisa dimakan. Pilih daging sapi yang tanpa lemak. Hindari konsumsi daging babi, karena tinggi kadar lemaknya, dan ini tidak baik bagi golongan darah O.

2. Ikan

Sumber protein lainnya yang bisa dijadikan pilihan untuk orang bergolongan darah O saat melakukan diet adalah ikan. Banyak jenis ikan yang cocok sebagai sumber protein diet golongan darah ini. Seperti ikan kod, ikan haring, ikan tenggiri, dan ikan kembung.

Selain ada ikan yang baik atau direkomendasikan, ternyata juga ada jenis ikan yang tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi orang bergolongan darah O. Adapun jenis ikannya seperti salmon yang diasap, lele, dan gurita.

3. Sayuran Hijau

Sumber vitamin dan mineral yang bersumber dari vitamin sangat disarankan, terutama sayuran yang berwarna hijau. Apa sajakah sayuran berwarna hijau yang terbilang baik untuk pemilik golongan darah O?

Sayuran berwarna hijau yang dimaksud seperti kangkung, selada, dan brokoli. Jenis-jenis sayuran ini sangat bermanfaat bagi pemilik golongan darah O, karena dapat mencegah pembekuan darah serta mengatasi masalah pencernaan.

4. Buah-buahan

Telah dijelaskan bahwa pemilik golongan darah O memang seringkali terserang gangguan pencernaan. Untuk itu, golongan darah O harus selektif dalam memilih buah yang tidak merangsang produksi asam lambung.

Buah yang bisa dikonsumsi seperti ceri, jeruk bali, plum, anggur, raspberry, apel, pir, serta pisang 2 kali dalam seminggu. Dengan konsumsi dalam jumlah serta frekuensi yang benar, maka manfaat buah akan dirasakan lebih maksimal.

5. Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan salah satu sumber lemak yang baik bagi tubuh. Ada dua jenis minyak zaitun yang juga disebut olive oil ini, yaitu virgin olive oil (VOO) dan extra virgin olive oil (EVOO). Keduanya bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Minyak zaitun merupakan sumber lemak dan antioksidan yang tinggi, jadi memang sangat bagus untuk kesehatan. Namun perlu diketahui minyak zaitun ini tidak dapat diolah dengan suhu yang terlalu tinggi karena akan mengalami kerusakan. Akan sangat baik jika dikonsumsi mentah atau hanya untuk menumis bahan makanan saja.

Itulah jenis-jenis bahan makanan yang direkomendasikan untuk golongan darah O dalam menjalankan diet. Dengan mengikuti anjuran jenis bahan makanan di atas dan memaksimalkan konsumsinya, maka hasil yang diperoleh juga akan maksimal. Selain jenis bahan makanan yang baik dikonsumsi, sangat penting mengetahui cara yang harus dilakukan jika ingin melakukan diet golongan darah O.

Cara Diet Golongan Darah O

Dalam melakukan diet atau pengaturan makan, tentu saja ada pedoman atau cara yang harus dilakukan. Demikian juga dengan diet golongan darah O ini. Berikut ini adalah Langkah yang harus dilakukan ketika memutuskan akan melakukan diet golongan darah:

1. Cek Golongan Darah Untuk Memastikan

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum menjalankan diet golongan darah O adalah memastikan jenis golongan darah. Pastikan jika golongan darah adalah O dengan melakukan cek golongan darah bagi yang belum mengetahui golongan darahnya. Setelah melakukan cek golongan darah, maka bisa melakukan diet golongan darah ini.

2. Pilah-Pilah Jenis Makanan Yang Dikonsumsi

Dalam diet golongan darah, dikenal 3 kelompok bahan makanan yang digolongkan sesuai dengan manfaatnya bagi setiap golongan darah. Ada golongan bahan makanan bermanfaat, netral, dan merugikan atau bersifat racun bagi tubuh.

Demikian juga untuk golongan darah O jika ingin melakukan diet golongan darah. Mereka harus memahami bahan-bahan makanan mana saja yang baik, netral, dan racun bagi tubuhnya. Dengan mengetahui kelompok bahan makanan tersebut, maka akan mampu melakukan pengaturan makan dengan baik.

3. Prinsipnya Tinggi Protein dan Rendah Karbohidrat

Untuk golongan darah O, diet golongan darahnya memang memiliki prinsip tinggi protein dan rendah karbohidrat. Hal ini disesuaikan dengan nenek moyang golongan darah O itu sediri yang menganut diet Paleo (Pemburu).

Dengan demikian, pemilihan bahan makanan juga menyesuaikan prinsip tersebut. Pilih bahan makanan yang merupakan sumber protein dan batasi asupan karbohidrat dalam tubuh.

4. Susun Menu Makan Sesuai Kebutuhan

Setelah paham dengan prinsip serta kelompok bahan makanan yang baik dan tidak baik, maka hal yang dilakukakn selanjutnya adalah menyusun menu. Buatlah susunan menu sehari dengan mempertimbangkan kebutuhan tubuh dan jenis makanan yang baik dikonsumsi.

Membuat susunan menu sehari mulai dari sarapan, makanan ringan, makan siang, dan makan malam bisa membantu mengetahui bahan makanan yang dikonsumsi. Dengan demikian, akan lebih mudah memantau dan menghitung makanan yang masuk ke dalam tubuh saat melakukan diet golongan darah.

5. Menghindari Kafein dan Minuman Beralkohol

Untuk golongan darah O, diet golongan darahnya bertujuan untuk menyeimbangkan zat kimia otak seperti dopamine. Dengan begitu, harus menghindari konsumsi kafein dan minuman beralkohol yang dapat mengganggu zat kimia dalam otak. Hidup sehat dengan makanan sehat dan tidak mudah stress adalah yang terbaik.

Demikianlah ulasan lengkap tentang diet golongan darah O yang sangat penting untuk diketahui, khususnya oleh yang memiliki golongan darah O. Dengan melakukan semua anjuran dietnya, maka kesehatan paripurna pun akan didapatkan. Namun penting diingat. Untuk tujuan menurunkan berat badan, tidak cukup hanya diet saja. Tetapi harus dibarengi dengan olahraga teratur. (BA)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button