Bisnis

5 Ciri Ciri Perusahaan Jasa yang Wajib Diketahui

Ciri Ciri Perusahaan Jasa yang Wajib Diketahui – Berbagai jenis usaha untuk memenuhi kebutuhan bisa muncul akibat dari beragamnya kebutuhan masyarakat sekarang ini. Umumnya, peluang usaha seperti ini lebih mudah ditangkap pelaku usaha yang inovatif, kreatif dan juga visioner. Sebuah perusahaan sendiri tidak hanya selalu menghasilkan barang namun juga menawarkan produk jasa seperti contohnya konsultan, jasa cleaning service, laundry dan lain sebagainya. Berikut ini akan kami jelaskan tentang ciri ciri perusahaan jasa yang wajib anda ketahui karena memiliki peluang yang sangat baik sekarang ini.

1. Kegiatan Operasional Utama Adalah Menjual Jasa

Perusahaan jasa merupakan perusahan yang menghasilkan atau menjual jasa. Untuk itulah, pendapatan paling utama dari perusahaan ini diperoleh dari penjualan jasa. Untuk membuat bisnis bisa dikenal luas, maka dibutuhkan cara meningkatkan pelanggan dan pengunjung yang paling tepat.

2. Tidak Mempunyai Persediaan Produk Fisik

Ciri perusahaan jasa berikutnya adalah tidak mempunyai persediaan dalam bentuk produk secara fisik. Ini diakibatkan karena produk yang dijual adalah barang namun tidak berwujud sehingga perusahaan juga tidak akan memiliki persediaan produk ini secara fisik. Untuk itulah, produk yang dihasilkan dari perusahaan jasa tidak bisa disimpan atau dilihat, namun manfaatnya bisa dirasakan oleh konsumen.

3. Butuh atau Tidak Butuh Produk Barang Berwujud

Ciri ciri perusahaan jasa selanjutnya adalah membutuhkan atau tidak membutuhkan produk barang yang berwujud pada proses produksi jasa. Meski memang produk yang dijual adalah jasa sehingga tidak butuh produk barang dalam proses produksi, namun perusahaan jasa mungkin saja butuh barang berwujud untuk melancarkan operasional atau proses produksinya.

Sebagai contoh sebuah perusahaan jasa transportasi umum tentu akan butuh kendaraan sebagai alat transportasi seperti mobil, taksi, kapal, sepeda motor dan lain sebagainya. Tanpa adanya alat transportasi, maka perusahaan jasa transportasi juga tidak akan bisa menjalankan usahanya.

4. Jasa yang Diberikan Tidak Selalu Sama Persis

Karena perusahaan jasa menghasilkan produk tergantung dari masing masing kebutuhan konsumen, maka ciri perusahaan jasa selanjutnya adalah produk yang diberikan tidaklah selalu sama untuk setiap konsumen meski tips membangun jaringan bisnis tetap sangat dibutuhkan. Ini menyebabkan mahal atau tidaknya harga jasa tidak bisa ditetapkan secara general pada semua konsumen.

5. Tidak Ada Harga Pokok Produksi atau Penjualan

Harga pokok produksi atau harga pokok penjualan merupakan penghitungan atau pemakaian bahan baku, bahan setengah jadi dan juga bahan jadi sehingga bukan menjadi ciri perusahaan jasa.

Produk barang biasanya ada pada perusahaan yang mengolah serta menjual produk barang seperti contohnya perusahaan manufaktur. Untuk itulah sebuah perusahaan jasa tidak memiliki penghitungan harga pokok produksi atau penjualan dalam pelaporan keuangan.

Itulah tadi ulasan dari kami tentang beberapa ciri perusahaan jasa yang sangat berbeda dengan perusahaan yang menjual produk fisik. Semua ciri ini haruslah diketahui khususnya bagi anda yang memang ingin mendirikan sebuah perusahaan di bidang jasa.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close