fbpx
Productivity

5 Cerita Motivasi Untuk Penyemangat Kerja Yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Kata motivasi dapat diartikan sebagai sebuah dorongan yang ada dari dalam diri seseorang untuk melakukan suatu tindakan seperti bekerja. Di mana motivasi tersebut bisa didapatkan dari orang lain, dari cerita atau kisah yang dibaca, dan lain sebagainya. Salah satunya adalah dorongan yang didapat dari cerita motivasi untuk penyemangat kerja agar lebih giat dalam melakukan pekerjaan.

Perlu diketahui bahwa dalam melakukan suatu pekerjaan, jangan mengeluh dan lakukan dengan ikhlas. Selain itu, seberapa kecilpun peran yang kita dapat, lakukan dengan sebaik mungkin. Seberapa kecilpun hasil yang kita dapat, tetap berikan kontribusi terbaik. Sehingga pekerjaan tersebut tidak menjadi pekerjaan yang asal-asalan saja, karena tidak mengutamakan kualitasnya.

Apa Saja Cerita Motivasi Untuk Penyemangat Kerja Yang Bisa Dijadikan Inspirasi ?

Sebelum melakukan pekerjaan ini, tentu harus memiliki niat dan motivasi yang  tinggi. Di mana niat tersebut merupakan sebuah keyakinan dalam diri seseorang untuk melakukan sesuatu hal. Sedangkan untuk motivasi ini, bisa didapatkan dari sebuah cerita maupun hal kecil lainnya. Nah, berikut ini merupakan cerita motivasi untuk penyemangat kerja yang bisa dijadikan inspirasi.

1. Cerita Motivasi Jangan Pernah Meremehkan Pekerjaan

Cerita motivasi untuk penyemangat kerja yang pertama adalah cerita yang berjudul ‘Jangan Pernah Meremehkan Pekerjaan’. Di mana cerita ini bermula dengan dua orang pemuda yang mendapatkan pekerjaan. Namun, tidak berpengalaman dalam bidang tersebut.

Pekerjaan yang didapat ini adalah pekerjaan di sebuah kontraktor bangunan. Meskipun bekerja di tempat yang sama, namun mendapat pekerjaan berbeda.

Pemuda yang bernama Yogi ini harus mengerjakan kusen kayu dan daun pintu. Sedangkan Yunus, teman Yogi bertugas dalam mengaduk semen dengan pasir dan memasang batu bata.

Akan tetapi, Yogi meremehkan tugas yang harus dikerjakan dan menganggap pekerjaan Yunus lebih berat. Tiba di saat sebuah rumah yang memiliki desain dan banyak ukiran kayu harus dikerjakan.

Hal tersebut membuat Yogi menjadi putus asa dan mendatangi Yunus dengan tujuan untuk bertukar tugas. Sehingga Yunus pun menyetujui hal tersebut, dan hasil kerjanya juga sangat bagus.

Karena Yunus selalu menanamkan dalam diri tentang niat yang tulus dalam melakukan sesuatu, dan jangan meremehkan pekerjaan tersebut. Maka dari itu, belajarlah jika memang tidak mengetahui cara kerjanya.

2. Cerita Motivasi Yang Berjudul Keledai Tua

Diangkat dari kisah dari seekor keledai tua yang ingin dikubur hidup-hidup oleh sang Pemilik. Bermula ketika keledai tersebut jatuh ke dalam sumur dan tidak bisa naik.

Melihat hal tersebut sang Pemilik ingin menyelamatkan keledai tua ini, tetapi tidak berhasil dan membiarkan keledai tersebut mati. Selain itu, sang Pemilik juga langsung mengambil sekop dan cangkul untuk mengambil tanah.

Akan tetapi keledai tua tersebut selalu berusaha minta tolong untuk dikeluarkan dan tidak dikubur dalam sumur. Namun sang pemilik tidak terpengaruh terhadap hal tersebut dan tetap melakukan tindakannya. Sang pemilik terus mengambil tanah dan dimasukkan ke dalam sumur tersebut yang berisi keledai tua miliknya.

Siapa yang menyangka bahwa tanah yang ditimbun tersebut adalah penolong bagi keledai. Di mana keledai tua ini tidak hentinya menggerakkan badan saat ditimpa dan akhirnya berhasil keluar dari sumur tersebut.

Dari cerita ini dapat ditarik kesimpulan, bahwa kegagalan yang dialami ibarat tanah. Oleh karena itu, kita harus bergerak untuk melepaskan beban yang dimiliki agar bisa meraih kesuksesan.

3. Cerita Motivasi Dari Tukang Bangunan

Cerita motivasi untuk penyemangat kerja ini bermula ketika ada seorang tukang bangunan yang sangat mahir dalam membangun rumah. Sehingga rumah yang dibangun tersebut selalu laris karena desain dan kualitas bahan yang digunakan sangat bagus.

Namun si Tukang Bangunan ini mendapat kabar jika ia akan dipecat oleh bosnya. Benar saja, tak lama keudian si Bos memanggil tukang bangunan ini.

Tukang bangun menemui bos nya dengan perasaan yang resah karena mengetahui tujuan dirinya dipanggil. Namun ternyata, hal tersebut tidak benar karena sang bos menyuruh tukang bangunan ini untuk membangun satu rumah.

Pada saat melaksanakan perintah tersebu,t tukang bangunan ini mengerjakan rumah tersebut dengan asal-asalan dan yang penting selesai. Setelah selesai, tukang bangunan melapor ke bos, dan pada saat yang bersamaan bosnya memecat si Tukang.

Namun si Tukang tidak menyangka diberikan uang yang banyak dan hadiah rumah yang dibangun tadi agar bisa mandiri. Sehingga si tukang ini merasa bersalah kepada bos karena memiliki pikiran negatif.

Pesan dari cerita ini adalah, kita harus mengerjakan pekerjaan dengan sepenuh hati sebagai bentuk syukur.

4. Cerita Motivasi Bertema Gaji dan Rezeki

Kisah ini menceritakan tentang seorang karyawan yang tidak pernah mendapatkan berkah dari gaji yang diterima. Sehingga pada suatu saat, karyawan tersebut datang kepada ustadz untuk meminta solusi.

Ustadz tersebut memberikan solusi dengan meminta kepada bos untuk menurunkan gajinya dari Rp100.000 menjadi Rp75.000. Namun si Karyawan ini berfikir beberapa hari sebelum memantapkan keinginannya.

Gaji dari karyawan tersebut akhirnya diturunkan oleh atasan. Meskipun pada awalnya atasan tersebut merasa heran. Tiga bulan setelah gaji tersebut diturunkan, tidak ada perubahan dalam kehidupan karyawan tersebut.

Akhirnya Ia kembali lagi ke ustad tersebut, dan sang ustad menyuruh untuk menurunkan gajinya menjadi Rp50.000. Beberapa bulan setelah gaji tersebut berubah menjadi Rp50.000, kehidupan dari karyawan ini mengalami perubahan dan mendapat berkah.

Sehingga dapat disimpulkan, bahwa kualitas usaha dari karyawan tersebut seharusnya hanya diberikan gaji Rp50.000 saja. Dan rezeki tidak selamanya berasal dari gaji saja, namun bisa berasal dari hal yang tidak disangka-sangka.

5. Cerita Motivasi Dari Sang Pemimpi

Cerita ini merupakan cerita yang penuh dengan inspirasi dari seorang anak yang memiliki mimpi tinggi. Anak tersebut bernama Robert. Ia mendapat tugas dari gurunya untuk membuat gambar impian.

Namun, perlu diketahui bahwa teman kelas dari Robert rata-rata berasal dari keluarga kaya. Sehingga mereka menggambar mimpi seperti ingin memiliki rumah mewah, mobil mewah, dan lain sebagainya.

Meskipun Robert berasal dari keluarga miskin, tetapi gambar impiannya tidak jauh berbeda dengan temannya. Hingga Robert dipersilakan untuk melakukan presentasi oleh seorang guru. 

Namun, mimik wajah dari guru tersebut tidak seceria saat teman Robert presentasi. Ia meremehkan Robert. Akan tetapi hal tersebut tidak mematahkan semangat Robert dalam mewujudkan impian yang digambarkan tadi.

Sehingga suatu ketika, ada rombongan study tour dari sekolah yang datang ke sebuah peternakan besar dan terkenal. Karena disertai dengan bangunan-bangunan yang megah, seorang guru penasaran dan ingin bertemu dengan pemilik peternakan. Ternyata pemilik peternakan ini bernama Robert, yakni murid yang dulunya diremehkan oleh guru tersebut.

Itulah beberapa cerita motivasi untuk penyemangat kerja agar pekerjaan tersebut bisa dikerjakan dengan sungguh-sungguh. Karena kita harus percaya bahwa tidak ada hasil yang menghianati usaha selagi seseorang tidak mengeluh akan pekerjaan tersebut. Selain itu, jangan meremehkan setiap pekerjaan karena setiap pekerjaan yang dilakukan bernilai pahala jika kita ikhlas. (BA)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button