fbpx
BisnisHow ToTekno

Tips Bagi Pebisnis Untuk Mencegah Serangan Hacker

Untuk Menjalankan Bisnis Online, Keamanan Data Merupakan Salah Satu Keharusan.

Sekalipun Kamu memasang sistem keamanan digital yang kuat di kantormu, data yang kamu akses saat bepergian tak luput dari serangan hacker.

Semua resiko cyber attack dapat saja terjadi disaat kamu memulai bisnis online.

Misalnya layanan wifi atau terminal charger usb di tempat umum. Sebagian besar sarana umum seperti ini minim proteksinya.

Kamu mungkin berpikir bahwa Kamu bukanlah sasaran bagi hacker.

Namun menurut Symantec, hampir 50% dari cyber attack yang terjadi menargetkan bisnis kecil, sementara menurut artikel NY Times, 60% dari semua serangan online menargetkan bisnis kecil dan menengah.

Bukan hanya data produk saja yang dapat diambil oleh hacker, mulai dari informasi klien, rekening bank, data kartu kreditmu, hingga kartu kredit pelanggan bisnismu yang tersimpan dalam perangkat kantormu.

Tentu saja, Kamu mungkin berpikir untuk bisnis yang masih tergolong kategori kecil hingga menengah masih belum memerlukan perlindungan digital yang mahal.

Artikel ini akan memberikan tips mengenai bagaimana melindungi bisnis onlinemu tanpa harus mengeluarkan uang yang banyak :

1. Amankan kata sandi Kamu — gunakan aplikasi kata sandi.

Jika sulit untuk memikirkan kata sandi yang benar-benar aman, dan lebih sulit untuk mengingatnya, maka aplikasi kata sandi merupakan pilihan yang tepat untuk digunakan.

LastPass dan Dashlane menawarkan versi gratis dan berbayar untuk MacOS dan Windows. Kedua aplikasi ini dapat melindungi kata sandi dan membuatnya mudah untuk mengakses akun dari perangkat yang Kamu percayai.

Jika masih ragu dengan kedua aplikasi tersebut, google juga menyediakan password manager yang terintegrasi dengan akun google kamu, dan pastinya layanan ini gratis untuk digunakan.

2. Anjurkan semua karyawan untuk mengenkripsi hard drive mereka.

Tahukah Kamu, sistem operasi yang digunakan pada umumnya telah menyediakan fitur enkripsi data untuk drive storage.

Serangan hacker tak selalu dilakukan melalui internet. Salah satu cara cepat yang dapat dilakukan oleh hacker untuk mengambil data bisnis Kamu adalah dengan mengakses salah satu komputer / hard disk dan langsung menyalin data-data didalamnya.

Itu sebabnya semua karyawan diharuskan mengenkripsi data mereka, sehingga hanya dapat diakses dengan kata sandi.

“File Vault” adalah Fitur enkripsi data pengguna Mac yang bisa diaktifkan melalui “System Preferences.” Sedangkan, Pengguna Windows dapat menggunakan “BitLocker.”

3. Hindari menggunakan layanan SMS — gunakan aplikasi yang mengenkripsi pesan.

Pesan yang Kamu kirim melalui SMS rentan terhadap cyber attack.

Aplikasi pengiriman pesan seperti whatsapp atau line menyediakan enkripsi data untuk memastikan percakapan tentang informasi vital bisnismu benar-benar aman dari serangan langsung hacker.

4. Gunakan fitur Update otomatis dalam sistem operasimu.

Setiap sistem operasi baik itu komputer, tablet dan smartphone memiliki fitur update otomatis yang dapat diaktifkan melalui panel pengaturan, update otomatis berfungsi untuk meningkatkan keamanan aplikasi dan sistem operasi jika ditemukan celah keamanan.

Anjurkan karyawanmu untuk mengaktifkan fitur ini terhadap semua perangkat kantor agar tidak rentan dari serangan hacker.

5. Amankan internet Kamu dengan VPN (Virtual Private Network).

Saat menggunakan internet di tempat-tempat umum, Perangkat Kamu berada di jaringan yang sama dengan pengguna lainnya.

Menggunakan VPN di laptop maupun ponsel dapat mengenkripsi data internet, dan melindunginya dari resiko pencurian data.

Dengan VPN, semua aktivitas internet yang Kamu lakukan saat berada di wifi umum dapat terlindungi, aman dari serangan hacker.

Kesimpulan

Kamu tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk memastikan bisnis onlinemu terlindungi dari ancaman cyber attack!

Cukup mengetahui kapan dan dimana data bisnismu bisa diakses secara langsung, kemudian, biasakan mengambil langkah-langkah sederhana untuk melindunginya sebelum mulai melakukan aktivitas tersebut.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close