fbpx
How ToTekno

Penting! Inilah Tips dan Cara Mengganti Password Wifi yang Mudah Diterapkan!

Dewasa ini, wifi sudah menjadi salah satu bagian penting dari kehidupan manusia yang banyak membantu berbagai hal. Wifi sendiri memungkinkan sebuah perangkat seperti Hp, Laptop atau komputer terhubung dengan layanan internet. Namun bagaimana cara mengganti password wifi dengan mudah?

Dimana tentu saja bagi yang pemilik wifi rumahan, kantor atau fasilitas lainnya terkadang perlu bukan melakukan pergantian password. Hal ini dikarenakan agar tidak sembarang perangkat bisa secara otomatis memanfaatkan jaringan internet yang dimiliki.

Sehingga membuat pembengkakan biaya. Nah tanpa berlama-lama lagi mari kupas tuntas perihal wifi dan ketahui cara mengganti password wifi dengan mudah, seperti berikut ini!

Mengenal Apa Itu Wifi ?

Sebelum lebih jauh membahas mengenai keuntungan penggunaan wifi atau cara mengganti password wifi, maka mari bahas apa itu wifi sendiri. Jadi wifi sendiri dikenal sebagai sebuah teknologi komunikasi nirkabel yang memanfaatkan gelombang radio untuk saling terkoneksi.

Wifi sendiri merupakan kependekan dari Wireless Fidelity yang dewasa ini penggunaannya sudah merambah berbagai sektor kehidupan. Teknologi wifi sendiri seiring berkembangnya zaman sejak ditemukan tahun 1991 silam, kini sudah tidak menggunakan kabel dalam visualnya.

Wifi mampu beroperasi menghubungkan satu perangkat ke perangkat lain secara non-kasat mata dan semakin nampak praktis saja penggunaannya. Cara kerja wifi sendiri adalah mentransmisikan sebuah sinyal gelombang radio kepada perangkat penerima atau tersambung dengan bantuan Router.

Keuntungan Menggunakan Wifi Untuk Menunjang Kehidupan

Nah setelah mengenal pengertian wifi secara lebih mendalam dan mendetail. Maka kini untuk menambah khasanah pengetahuan, mari simak apa saja keuntungan penggunaan wifi itu!

1. Bisa Menghemat Penggunaan Kuota Data dari Biasanya

Tentu saja keuntungan penggunaan wifi untuk menunjang kehidupan diera modern adalah bisa menghemat penggunaan kuota. Jelas dibandingkan dengan memanfaatkan kuota operator biasa untuk ponsel maka wifi menjadi lebih hemat lho untuk digunakan.

Sehingga misalnya saja senang menggunakan laptop, daripada lelah tethering dari kuota ponsel, lebih baik pasang wifi saja. Apalagi tentu saja dibandingkan jaringan pada kuota data internet dari ponsel, penyerapan jaringan wifi lebih stabil.

Sehingga pengguna tidak akan mengalami kendala habis kuota wifi ketika berada dipertengahan bulan seperti menggunakan paket data. Jadi bagi yang sering menggunakan jaringan internet untuk kerja atau  aktifitas lainnya lebih enak beralih ke jaringan wifi.

2. Memungkinkan Digunakan Lebih Banyak Pengguna

Keuntungan lainnya yang bisa didapatkan dari penggunaan wifi ini sendiri selain pernyataan diatas adalah bisa digunakan banyak pengguna lho. Jadi satu server wifi bisa digunakan secara stabil oleh berbagai perangkat dalam satu wilayah wifi atau ruangan. Misalnya saja pasang wifi dirumah, maka tentu saja seluruh perangkat penghuni rumah bisa disambungkan ke wifi.

Tentu saja untuk koneksitasnya menjadi lebih unggul dibandingkan dengan paket data yang terbatas. Misalnya paket data ponsel hanya bisa normal disambungkan atau tethering maksimal 3 perangkat. Maka wifi ini sendiri jumlahnya bisa lebih lho!

3. Koneksi Lebih Stabil

Selain beberapa keuntungan yang sudah dijabarkan diatas, maka keuntungan lainnya yang bisa diraih pengguna wifi adalah koneksi lebih stabil. Didukung oleh perangkat pengatur jaringan yang lebih stabil, maka memungkinkan pengguna untuk mendapatkan jaringan internet yang memadai. Pengguna tidak perlu takut mengalami kejadian ngelag internet yang berkepanjangan dengan memanfaatkan layanan wifi ini!

4. Cocok Bagi Kebutuhan Jaringan yang Lebih Besar

Keuntungan lainnya dari penggunaan wifi dalam kehidupan adalah sangat cocok dimanfaatkan oleh orang,institusi atau keluarga yang membutuhkan jaringan lebih besar. Misalnya saja karena pemakaiannya memiliki banyak perangkat dan harus setiap hari terkoneksi dengan internet maka penggunaaan wifi menjadi tepat. Apalagi seperti yang sudah disinggung di atas bahwasanya koneksi dari wifi sendiri akan lebih stabil dari paket data ponsel lho.

5. Tersedia Berbagai Paket Harga dan Pelayanan

Dewasa ini ada banyak sekali jenis layanan wifi yang menawarkan berbagai paket, harga dan spesifikasi yang didapatkan. Normalnya sendiri paketan wifi perbulan dibebankan pada harga diatas Rp. 150.000,-an, namun masih sangat menguntungkan mengingat bisa dipakai sebulan lamanya. Dibandingkan dengan memanfaatkan paket data ponsel tentu saja pengguna wifi menjadi lebih unggul karena ada banyak fitur dan spesifikasi lanjutan.

Cara Mengganti Password Wifi yang Mudah

Bagaimana Tips Mengganti Password Wifi yang Mudah!

Nah setelah membahas diatas point mengenai apa itu wifi dan keuntungan penerapan penggunaannya dewasa ini. Maka kini mari beralih pada pembahasan mengenai bagaimana cara mengganti password wifi dengan mudah, bagaimana memangnya? Yuk simak uraiannya!

1. Gunakan PC atau Ponsel dan Hubungkan PC ke Internet

Tips dan cara mengganti password wifi yang pertama dengan mudah bisa melalui PC atau ponsel yang dimiliki lho. Namun perlu diperhatikan bahwa perangkat yang digunakan harus pasti terhubung ke internet. Hal ini dikarenakan proses pergantian password nanti akan dilakukan melalui jaringan internet, jadi pastikan koneksi stabil dan tersedia.

2. Masuk Pada Akses Kode 168.1.1

Setelah terhubung ke internet dengan menggunakan PC atau Ponsel yang ada maka langkah selanjutnya adalah dengan memasukan kode tertentu. Kode akses untuk mengganti password wifi adalah 192.168.1.1 dan jangan sampai salah. Jika sudah yakin mengetik kode yang benar maka tekan enter dan nanti akan diarahkan pada halaman selanjutnya.

3. Masukan Username dan Password Akun yang Dimiliki

Kode diatas tadi akan menghubungkan pengguna pada bagian interface awal tahapan cara mengganti password wifi dengan mudah. Jangan lupa untuk ketikan username dan password akun yang terdaftar dan klik login. Bagi yang baru pertama mengganti password wifi ketikan kata admin pada kolom username dan pada kolom password yang ada.

4. Setelah Berhasil Login Klik Menu Network

Tentu saja setelah berhasil login dengan username dan password yang ada, maka nantinya akan masuk tahapan berikutnya. Dimana tahapan ini akan mengarahkan pengguna ke menu network. Untuk menu network ini sendiri berada pada bagian kiri area interface pergantian password wifi.

5. Masuk Ke Bagian WLAN dan Security

Cara mengganti password wifi selanjutnya setelah melalui keempat tahapan diatas adalah dengan mulai masuk pada bagian WLAN.  Bagian ini akan nampak setelah masuk dan klik menu network. Pastikan jangan pencet selain WLAN, setelah klik WLAN maka nantinya akan muncul menu security,tinggal klik deh!

6. Ganti Password dan Submit

Pada bagian security ini nantinya ada menu untuk mengganti password baru yang diinginkan. Untuk ketentuannya sendiri password wifi yang baru terdiri dari minimal 8 karakter dan maksimal 63 karakter. Jika sudah yakin dengan password baru maka pengguna bisa klik submit.

7. Klik Ok, Yes atau Agree dan Password Baru Akan Didapatkan!

Setelah klik submit jika muncul kata oke, yes atau agree maka bisa tinggal di klik saja sebagai bentuk persetujuan. Setelah itu, bisa close interface tersebut dan nikmati password baru. Mudah bukan?

Nah, jadi itulah diatas adalah beberapa uraian mengenai apa itu wifi, keuntungan penggunaannya dan cara mengganti password wifi secara mudah. Sehingga diharapkan melalui uraian dan penjabaran berbagai poin diatas, kini pembaca bisa menjadi lebih mengenal jauh apa itu wifi. Terlebih bagi yang ingin mengganti password wifi yang ada di rumah, kantor atau lokasi kepemilikan lainnya bisa contek uraian diatas ya! (BA)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button