fbpx
Health

Ini Cara Mengatasi Serangan Jantung Mendadak dan Perhatikan 4 Gejalanya

Dewasa ini, penyakit jantung menjadi hal yang begitu mendadak terjadi dan bisa menyerang siapa saja. Terutama orang-orang yang memiliki resiko tinggi, memiliki penyakit seperti darah tinggi, diabetes, obesitas, kolesterol tinggi, dan sebagainya. Maka, cara mengatasi serangan jantung mendadak harus segera dilakukan guna memberikan pertolongan pertama pada penderita. 

Serangan jantung merupakan kondisi di mana keadaan penderita secara mendadak mengalami sumbatan aliran darah, akibatnya oksigen tidak lancar mencapai jantung. 

Kenali Gejala Serangan Jantung Terlebih Dahulu

Untuk memahami seperti apa serangan jantung, maka harus memahami seperti apa gejala serangan jantung tersebut. Sehingga saat gejala muncul, seseorang bisa waspada dengan keadaan dan reaksi yang akan terjadi. 

1. Angina Pektoris

Bagian dada akan terasa nyeri yang begitu menusuk. Rasanya seperti tertekan, sangat berat, dan seakan tertarik sakit. Dan kejadian tersebut berlangsung beberapa menit sejak gejala nyeri muncul. 

Kondisi nyeri pada dada pun mulai menjalar ke bagian lengan. Kemudian pundak pada bagian kiri, nyeri semakin menjalar ke punggung, leher bahkan rahang hingga tulang dada. 

2. Sesak Nafas

Selanjutnya, terasa sesak nafas atau mengalami kesulitan dalam bernafas. Hal ini terjadi karena ketidakseimbangan oksigen di dalam tubuh akibat aliran darah ke jantung tidak lancar. Efeknya, penderita akan mengalami sesak napas dan napas tersengal. 

3. Mual dan Lemas

Mulai terasa mual dan akan muntah, kemudian menjalar sampai ulu hati. Tubuh semakin lemas, yang kemudian akan pusing dan bisa berakibat pingsan

4. Keringat Dingin dan Takikardi  

Keringat dingin akan keluar secara tiba-tiba dari seluruh tubuh sampai tubuh terasa basah. Jantung terasa berdetak lebih kencang dan cepat, bahkan tidak teratur ritmenya (takikardi). Gejala ini akan membuat penderita merasa sangat tidak nyaman.

Dengan memahami gejala saat serangan jantung, maka diharapkan penderita atau orang disekitarnya bisa memberikan pertolongan pertama. Dan orang-orang bisa memahami seperti apa gejala dari serangan jantung yang terjadi. 

Terkena Serangan Jantung Tapi Masih Sadarkan Diri

Serangan jantung terjadi dengan beberapa gejala, dan ada yang terkena serangan namun masih Sadarkan diri. Maka sebaiknya, lakukan cara mengatasi serangan jantung mendadak dengan hal berikut ini : 

  • Saat penderita mengalami serangan jantung mendadak, cobalah untuk menenangkannya. Dan segera, hubungi rumah sakit terdekat untuk meminta bantuan ambulan untuk datang.
  • Dalam jeda waktu menunggu ambulance datang, lakukan bimbingan kepada penderita dengan membimbingnya untuk duduk bersandar pada kursi. atau duduk di lantai dan bersandar pada dinding dengan posisi yang benar. Jaga penderita, agar tetap aman, karena bisa jadi tiba-tiba penderita mengalami pingsan. 
  • Longgarkan pakaian yang dikenakan oleh menderita. 
  • Jika sudah pernah memiliki riwayat penyakit jantung dan tersedia obat nitrogliserin yang diberikan dokter, maka berikan obat secara langsung dan letakkan obat tersebut langsung dibawah lidah.
  • Hindari memberikan makanan dan minuman kepada penderita yang sedang mengalami serangan jantung.
  • Setelah ambulance datang untuk memberikan pertolongan pertama maka selanjutnya penderita dibawa ke IGD terdekat.
  • Berikan bantuan berupa alat nafas bantu dengan aliran oksigen.
  • Jika penderita tiba-tiba pingsan, maka penderita harus segera diberi pertolongan kompresi dada dan paru dengan hati-hati.

Dengan memperhatikan beberapa cara dalam melakukan penolongan pertama pada serangan jantung mendadak. Namun, penderita tidak mengalami pingsan, maka bisa diperhatikan tahapan di atas dengan baik dan benar.

Jika Terkena Serangan Jantung Dan Tidak Sadarkan Diri

Selanjutnya jika penderita mengalami serangan jantung kemudian langsung tidak sadarkan diri. Maka cara mengatasi serangan jantung mendadak dengan tindakan berikut.

  • Hubungi segera rumah sakit terdekat atau mintalah bantuan saudara atau tetangga untuk mencari bantuan ke IGD terdekat dari rumah.
  • Sambil menunggu bantuan tiba, maka berikan pertolongan kepada penderita dengan membaringkan di tempat datar dan lakukan RJP
  • Kompresi dada atau RJP bisa dilakukan dengan cara meletakkan tangan kiri dan tangan kanan berada di atas tangan kiri. Kemudian lakukan tekanan perlahan pada penderita serangan jantung yang pingsan. Bantuan ini dilakukan agar memberikan kelancaran oksigen bagi penderita.
  • Lakukan kompresi dada ini sekitar 100-120 kali permenit dengan kedalaman tekanan sekitar 5-6 cm ke bawah dada. Perlu bergantian saat melakukan kompresi dada agar tidak kelelahan.
  • Jika sudah terlatih, maka bisa memberikan bantuan nafas pada penderita serangan jantung.
  • Tunggulah hingga bantuan datang dan penderita segera dibawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan langsung di bagian IGD.
  • Saat di IGD inilah akan diberikan alat pemicu jantung dan pertolongan penanganan yang lebih serius.

Dengan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menghadapi serangan jantung mendadak kemudian penderita mengalami pingsan di tempat. Maka orang sekitar harus memperhatikan dan segera melakukan pertolongan kepada penderita. 

Jika Terkena Serangan Jantung Mendadak Dan Terjadi Di Luar Rumah

Serangan jantung secara mendadak memang bisa terjadi dimana saja dan kapan saja, apalagi jika penderita sedang tidak bersama anggota keluarga. inilah cara mengatasi serangan jantung mendadak saat berada di luar rumah tanpa pengamanan keluarga.

  • Saat serangan jantung terjadi dan dada terasa begitu sangat nyeri, seger mencari tempat yang aman untuk bisa duduk bersandar.
  • Jika sudah memiliki obat berupa nitrogliserin maka segera konsumsi dan letakkan tablet tepat di bawah lidah.
  • Mintalah bantuan orang sekitar untuk menghubungi rumah sakit terdekat.
  • Tidak disarankan bagi penderita yang mengalami serangan jantung mendadak berkendara sendiri ke rumah sakit.
  • Jika bantuan datang segeralah meminta alat bantu nafas agar memperlancar aliran oksigen ke jantung. Dan dengan meminta bantuan alat nafas mencegah terjadinya pingsan pada penderita.
  • Setelah tiba di IGD maka selanjutnya akan diberikan penangan dan tindak lanjut oleh tenaga medis. Sehingga penderita bisa segera tertolong dan mendapatkan keselamatan sedini mungkin.
  • Kondisi seseorang diluar rumah dan memiliki riwayat jantung memang seharusnya memperhatikan kondisi tubuh dengan membawa obat. Penderita yang telah memiliki riwayat jantung akan lebih waspada terhadap serangan jantung berikutnya.

Sementara bagi penderita yang baru pertama kali mendapatkan serangan jantung mendadak harus segera diberi pertolongan. Sedini mungkin keluarga menghubungi pihak rumah sakit untuk mendapatkan bantuan atau segeralah mendatangi rumah sakit terdekat.

Hal Yang Harus Diperhatikan Penderita Serangan Jantung

Ada beberapa hal yang juga harus diperhatikan jika penderita pernah mengalami serangan jantung. Salah satunya adalah kemungkinan terjadi serangan kedua yang bisa saja terjadi secara mendadak. Biasanya dokter akan merekomendasikan obat apa saja yang harus selalu dibawa oleh penderita. Selanjutnya penderita juga harus memperhatikan pola makan yang sehat dan menjaga kondisi tubuhnya agar selalu terjaga.

Penderita juga harus memperhatikan volume berolahraga, volume olahraga yang dilakukan penderita dengan riwayat jantung harus melakukan olahraga ringan saja. Selanjutnya penderita juga memperhatikan jadwal cek up ke dokter spesialis jantung guna mendapatkan perawatan berikutnya. Biasanya dokter akan memberikan beberapa resep obat yang wajib diminum terus menerus untuk menjaga kesehatan jantung.

Dengan memperhatikan apa saja yang perlu dilakukan dan cara mengatasi serangan jantung mendadak. Diharapkan penderita dan orang sekitar memahami tindakan apa saja yang harus dilakukan. Karena serangan jantung mendadak merupakan hal yang bisa membahayakan nyawa, maka sebaiknya melakukan pertolongan sesegera mungkin.

Semua orang juga berpotensi mengalami serangan jantung secara mendadak. Maka sebaiknya mulai sekarang untuk menjaga pola hidup sehat dan memperhatikan konsumsi makanan yang rendah lemak.

Kurangi mengkonsumsi karbohidrat yang berlebihan dan lakukan general check up untuk memastikan kondisi kesehatan tubuh. Pahami cara mengatasi serangan jantung mendadak untuk keadaan darurat. (BA)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button