How ToTekno

Internet Kamu Lambat? Begini Cara Mengatasinya

Teknologi merupakan bagian dari kehidupan modern yang tidak bisa lepas begitu saja. Pernahkah Kamu merasakan bagaimana berpisah dari ponsel pintar sehari saja? Bisa dikatakan kalau kaum Millenial tidak bisa lepas dari gadget dan internet ke mana-mana. Lalu, bagaimana kalau internet di ponsel pintar Kamu mengalami macet atau lamban? Sebelum kelabakan, sebaiknya Kamu tahu cara mengatasi internet lambat berikut!

Cara Mengatasi Internet Lambat

Beberapa hal yang menyebabkan internet macet pada ponsel bisa Kamu atasi dengan beberapa cara berikut :

1. Memblokir iklan

Iklan yang masuk ke ponsel pintar Kamu bisa menghabiskan prosentase kuota internet hampir 80 persen lho! Jangan heran kalau kuota internat ponsel Kamu bakal cepat habis sebelum masa tenggang. Cara mengatasi internet lambat akibat iklan terus-terusan ini, Kamu bisa memblokir iklan di browser.

Gunakan browser yang memiliki fitur add blocker atau sistem yang memblokir iklan masuk secara otomatis. Kamu juga bisa gunakan pemblokir iklan terpisah jika ingin mendapatkan informasi produk atau jasa terbaru dari iklan.

2. Kompres gambar

Semakin hari ponsel pintar selalu berkembang dengan berbagai aplikasi atau fitur yang keren. Salah satu fitur yang selalu ada pada ponsel pintar adalah Data Saving. Sebaiknya ponsel pintar Kamu terpasang fitur yang efektif mempercepat laju koneksi internet Kamu.

Cara mengatasi internat lambat pada ponsel kesayangan adalah mematikan muatan gambar atau kompres gambar ke browser yang lebih kecil. Setidaknya loading halaman di situs pencarian ponsel Kamu bakal berjalan lebih lancar. Jadi, tak perlu risau koneksi internet Kamu melambat dan bikin bad mood ya!

3. Menghapus cache

Semakin lama digunakan, ponsel Android kesayangan Kamu bakal terasa lebih lemot. Kenapa ya? Ternyata setiap aplikasi yang ada di ponsel pintar Kamu menyimpan cache yang bisa semakin besar dan mengurangi performa smartphone. Kalau Kamu diamkan saja, ponsel pintar akan membuat proses data pun semakin berat.

Sebaiknya Kamu rutin membersihkan satu per satu aplikasi yang menyimpan cache di ponsel pintar. Cukup unduh aplikasi pembersih cache yang akan mendukung internet ponsel Kamu berjalan lebih cepat dari sebelumnya.

4. Menggunakan VPN

VPN tidak hanya berguna membuka situs diblokir oleh pemerintah atau mengubah alamat IP. Ternyata VPN bisa mengatasi masalah koneksi internet di ponsel pintar yang melambat. Kalau Kamu terhubung dengan IP yang tepat, performa internet di ponsel bakal lebih stabil.

Beberapa cara mengatasi internet lambat di atas bisa Kamu coba terapkan kalau mengalami hal yang sama. Tak hanya koneksi internet di ponsel pintar saja, Kamu yang suka online via browser laptop atau PC juga berpotensi mengalami internet lamban. Sebaiknya ketahui penyebab masalah internet terlebih dahulu untuk mengatasi akar permasalahan dan cara mengatasi internet lambat tersebut.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Internet Lambat Pada PC

Penyebab internet pada laptop atau PC lamban bisa dikarenakan Kamu jarang membersihkan cookies, cache dan history situs website yang dimasuki, membuka tabs terlalu banyak, perlu upgrade antivirus, pengguna sinyal Wifi yang terlalu banyak, dan lain-lain. Kalau Kamu menggunakan modem atau Wifi portable, sebaiknya periksa kembali kondisi perangkat yang menghubungkan ke internet. Kondisi modem yang panas bisa berimbas pada koneksi atau siapa tahu layanan internet Kamu memang terbatas.

Jika Kamu memang tidak bermasalah dengan kuota internet, tetapi layanan internet masih saja lemot, bisa mencoba cara ampuh atasi hal tersebut. Ada beberapa cara mengatasi internet lambat pada laptop atau PC yang bisa Kamu coba sendiri di rumah antara lain mengatur bandwith internet yang telah terhubung ke PC atau laptop, lakukan Disc Clean Up & Disc Defragment, install software antivirus baru, upgrade browser internet terbaru, dan upgrade hardware laptop atau PC Kamu.

Kalau Kamu tidak ingin melakukan upgrade hardware laptop secara total, bisa coba melakukan perubahan kecil antara lain mengganti hard disk optical dengan SSD, mengganti RAM lebih berkualitas, mengganti processor baru, dan lain-lain. Langkah mengubah ini bisa membantu Kamu mendapatkan koneksi internet yang lebih cepat.

Kamu memang harus mengeluarkan uang lebih untuk melakukan cara mengatasi internet lambat di PC ini. Daripada Kamu jengkel dengan koneksi internet lamban, kenapa tidak mencoba tips bermanfaat di atas? (pam)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close