fbpx
How ToTekno

Yuk Intip Bagaimana Cara Membuat Watermark di PDF dengan Mudah!

Pada era modern, mendapatkan informasi tentu saja tidak hanya berkutat dan berfokus dari media cetak seperti koran, majalah atau rubik. Namun bisa juga mendapatkannya dari media massa seperti TV, Internet, Website dan juga dokumen online seperti PDF. Nah pernahkan melihat PDF berwatermark? Bagaimana sebenarnya cara membuat watermark di PDF itu?

Pembuatan watermark sendiri memang ditujukan untuk pembaca atau penerima informasi agar bisa mengetahui jelas sumber informasinya. Selain itu bisa meminimalisir kemungkinan plagiarisme dan penyebaran informasi dengan tidak mengatasnamakan sumber pertama. Oleh sebab itu bagi para pemilik berita atau informasi wajib mengetahui cara membuat watermark di PDF, seperti apa?

Mengenal Apa Itu Layanan PDF

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara membuat watermark di PDF maka menjadi lebih komplit lagi untuk membahas apa itu PDF sendiri. Jadi, PDF merupakan sebuah format berkas yang dibuat oleh Adobe System pada tahun 1993 silam dan terus berkembang hingga saat ini. PDF sendiri memiliki kemampuan sebagai dokumen digital untuk memindahkan informasi dan dokumen secara digital.

Layanan PDF sendiri memiliki kesinambungan dan persamaan status dengan dokumen lainnya seperti Ms. Word atau Excel lho. Selain itu layanan PDF sendiri banyak dimanfaatkan untuk membuat dokumen seperti informasi seminar, makalah, jurnal hingga skripsi lho. Namun karena mudahnya transaksi pemindahan dokumen, membuat dokumen PDF banyak plagiarisme, oleh sebab itu menjadi perlu menggunakan watermark di dalamnya.

Memahami Lebih Jauh Apa Itu yang Disebut Watermark

Setelah memahami apa itu layanan PDF, maka menjadi semakin lengkap untuk memahami apa itu watermark bukan. Jadi watermark adalah sebuah tanda air yang muncul pada area belakang dokumen atau kertas yang nampak samar secara visual. Penggunaan watermark sendiri sebagai sebuah tanda dalam dokumen adalah bisa sebagai penjagaan terhadap pemalsuan dokumen atau plagiarisme.

Mengetahui Pentingnya Penggunaan Watermark Pada Sebuah Dokumen atau Foto Khususnya Pada PDF

Nah setelah membahas uraian diatas mengenai pengertian PDF atau Watermark secara ringkas dan sederhana. Maka kini saatnya membahas dan mengetahui pentingnya penggunaan watermark dalam sebuah dokumen atau foto khususnya PDF, apa saja memangnya?

1. Sebagai Penanda Kepemilikan Dokumen atau Gambar

Pentingnya penggunaan watermark pada dokumen atau gambar yang pertama adalah sebagai penanda kepemilikan yang sah. Misalnya sebuah gambar dari Dinas Pariwisata Kota X yang dishare ke social media dengan watermark akan lebih aman daripada non-watermark. Pengguna sosial media juga akan menjadi lebih bisa menilai kepemilikan suatu dokumen atau gambar yang ber-watermark.

2. Meminimalisir Pemalsuan Dokumen

Pentingnya penggunaan watermark lainnya untuk menjaga dokumen adalah sebagai penjagaan dari pemalsuan dokumen. Tentu saja dokumen yang sudah diberikan watermark akan menjadi lebih kuat secara hukum untuk disadur dan dipalsukan. Apalagi jika dokumennya penting, menjadi aman jika diberikan watermark lho!

3. Meminimalisir Tindak Plagiarisme Dokumen

Keuntungan lainnya dari penggunaan atau pembubuhan watermark dalam dokumen adalah meminimalisir tindak plagiarisme dokumen. Maksudnya adalah isi dari sebuah dokumen tertentu misalnya jurnal penelitian tidak akan mudah dicatut seenaknya jika ada watermark. Oleh sebab itu menjadi penting lho memiliki dan menambahkan watermark itu.

4. Melindungi Hak Cipta dan Karya yang Ada

Penggunaan watermark tentu saja bisa melindungi hak cipta dan karya yang dibuat seseorang dari orang lain tak bertanggung jawab. Watermark merupakan tanda bagi suatu dokumen bahwa kepemilikannya sudah sah dari sumber tertentu. Sekalipun akan disebar luaskan tentu saja informan utamanya adalah pihak pertama.

5. Memberikan Keterangan Sumber Terkait Pemberi Informasi

Selain beberapa hal diatas, penggunaan watermark sendiri bisa dijadikan informasi terkait terhadap sumber tertentu. Misalnya saja membuat watermark sebuah logo perusahaan pada dokumen promosi, maka pihak penerima bisa mengetahui alamat perusahaan pengirim. Sehingga informasi yang diberikan bisa tersampai dengan mudah dan cepat bukan?

6. Meminimalisir Penyalahgunaan Dokumen atau Gambar

Pentingnya penggunaan watermark pada dokumen atau gambar juga bisa meminimalisir penyalahgunaan dokumen terkait untuk penipuan. Tentu saja dengan adanya watermark maka tidak sembarangan orang bisa mengakui dokumen terkait. Sehingga dokumen atau gambar yang pengadaannya untuk tujuan tertentu tidak akan diselewengkan dengan tidak bertanggung jawab.

7. Bisa Sebagai Media Promosi Lho!

Selain beberapa hal diatas yang menguntungkan, penggunaan watermark juga bisa lho dijadikan sebagai media promosi. Tentu saja dengan memvisualisasikan suatu logo atau informasi pada dokumen maka pembaca bisa mengetahui sumber penyebarnya. Nah inilah yang kemudian bisa dijadikan sebagai ajang promosi terhadap satu institusi, kantor atau perusahaan tertentu.

Inilah Cara Membuat Watermark PDF dengan Mudah, Yuk Aplikasikan Bersama!

Jadi mengingat pentingnya penggunaan watermark pada sebuah dokumen atau foto khususnya PDF maka jangan sampai mengabaikannya ya. Nah lantas bagaimana sih cara membuat watermark di PDF itu sendiri? Berikut ini adalah uraiannya!

1. Buka Dokumen Terkait yang Ingin Diberi Watermark

Untuk cara membuat watermark di PDF yang pertama dan menjadi sangat mudah untuk dilakukan adalah pertama buka dokumen terkait. Pilih dokumen PDF yang ingin diberikan watermark berupa tulisan atau gambar yang diinginkan. Jika sudah membuka dokumen terkait maka masuk pada langkah lanjutannya.

2. Masuk Ke Menu Tools

Cara membuat watermark di PDF selanjutnya setelah membuka dokumen adalah masuk ke menu Tools. Dimana pada menu inilah kemudian dokumen bisa mengalami pengeditan sesuai keinginan. Jadi jangan sampai salah buka menu ya!

3. Kemudian Klik Pages > Watermark dan Add Watermark

Setelah membuka menu Tools, cara membuat watermark di PDF selanjutnya adalah dengan klik menu Pages. Selesai klik menu Pages maka pengguna bisa menemukan menu Watermark dan klik saja bagian tersebut. Setelah itu klik menu yang bertuliskan Add Watermark sebagai tanda bahwa akan melakukan pengeditan watermark.

4. Pilih Jenis Watermark yang Diinginkan

Lantas cara membuat watermark di PDF selanjutnya adalah dengan tinggal mengatur jenis watermark yang diinginkan. Misalnya ingin mengubah ukuran watermark maka klik menu Absolute Scale. Atau jika ingin mengatur jarak atau rotasi watermark pada dokumen PDF bisa klik menu Rotations.

5. Pilih File dan Klik Browse Bagi Watermark Jenis Gambar

Nah selain bisa mengatur watermark dengan editing tulisan, watermark juga bisa memanfaatkan gambar atau logo lho. Cara memasukannya adalah pilih menu File, klik Browse dan pilih gambar atau logo yang dimasuk. Klik pada bagian belakang PDF dan atur deh.

6. Atur Watermark Sesuai Kebutuhan Pada Menu Options

Untuk menegaskan kembali editing watermark bisa masuk ke menu options. Untuk mengatur warna, besaran dan banyak lainnya. Tanpa ribet tentunya dong!

7. Jika Setting Sudah Selesai Klik Oke

Nah jika dirasa seluruh penempatan dan pengaturan letak, besaran, warna dan terang atau gelapnya watermark sudah sesuai. Maka tentu saja bisa langsung klik Ok pada bagian yang nampak. Kemudian dokumen PDF sudah bisa mendapatkan watermark di belakang dokumennya, selamat mencoba!

Jadi itulah diatas beberapa uraian mengenai PDF juga Watermark secara umum, kemudian pentingnya penggunaan watermark pada dokumen. Hingga sudah dijelaskan pula mengenai bagaimana cara membuat watermark di PDF dengan mudah dan bisa segera diaplikasikan. Untuk menghindari copy paste para oknum yang kurang bertanggung jawab akan menjadi lebih aman jika PDF diberi watermark, selamat mencoba! (BA)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button