fbpx
How ToProductivityPsychology

7 Langkah Ini Ampuh untuk Melatih Kekuatan Otak

Pernahkah Anda mendengar riset ilmiah mengenai neuroplastisitas? Ya, para ilmu dan dokter menyebutkan bahwa jalur komunikasi saraf dan sel pada otak kita akan terus berkembang seumur hidup meski mengalami kemunduran saat usia senja. Oleh sebab itu, manusia sudah selayaknya merangsang pertumbuhan sel dan jalur saraf baru untuk peningkatan kemampuan berpikir. Ada 7 cara melatih kekuatan otak yang bisa Anda coba terapkan untuk meningkatkan kemampuan berpikir dan fungsi otak berikut.

7 Cara Melatih Kekuatan Otak

Seperti apa 7 cara melatih kekuatan otak? Berikut diantaranya:

1. Kebiasaan mengatakan sesuatu yang baik

Ada cara melatih kekuatan otak yang paling jitu dan bisa Anda terapkan setiap hari yaitu berkata-kata baik. Kata positif bisa memberikan sugesti yang baik pula untuk kegiatan Anda dalam seharian. Misalnya kata aku bisa akan menjadi perintah langsung dari alam sadar ke pikiran bawah sadar. Latihan ini akan memberikan efek Anda mengerjakan segala sesuatu dengan sikap yang positif. Bisa!

2. Memiliki gambaran positif tentang tujuan yang hendak dicapai

Cara melatih kekuatan otak untuk berpikir adalah fokus pada tujuan yang positif. Anda bisa membuat daftar catatan mengenai imajinasi atau pengharapan tujuan selama ini. Kalau Anda masih merasa hidup datar saja, sebaiknya buat beberapa daftar impian atau tujuan hidup.

Tempelkan di dinding atau buku catatan Anda yang bisa dibaca setiap hari. Fokus pada imajinasi tersebut akan membuat Anda bekerja lebih giat untuk mewujudkan semua impian tersebut.

3. Selalu berpikiran positif

“Ah, saya tidak bisa melakukan itu.”
“Ah, saya tidak bisa berjualan.”
“Ah, jangan-jangan nanti saya bangkrut lagi.”

Tahukah Anda bahwa kata-kata buruk bisa memberikan sugesti yang negatif pula? Coba Anda ganti kalimat-kalimat negatif di atas dengan kata-kata yang positif. Kata saya bisa, saya mampu, saya luar biasa, bisa memberikan efek yang baik pada jalur pemikiran Anda sendiri. Pikiran yang positif akan menggerakkan tubuh dan hati Anda untuk melakukan hal-hal yang positif pula. Anda pasti mampu mewujudkan ambisi menjadi kenyataan.

4. Mencoba kegiatan yang efektif meningkatkan kinerja otak

Anda harus tahu bahwa banyak cara melatih kekuatan otak dengan kegiatan yang positif seperti membaca, mendengarkan musik, berolahraga, membuat kerajinan tangan, bermain game, mengisi teka-teki silang, dan lain-lain. Anda ingin menjadi orang yang bisa berpikir positif dan memiliki strategi mumpuni, cobalah berbagai hal positif di atas ya!

5. Mengikuti kursus

Cara melatih kekuatan otak khususnya pembuatan jalur baru di otak adalah mengikuti kursus. Cobalah latih kemampuan otak Anda untuk mempelajari hal-hal yang baru dan berinteraksi dengan lingkungan. Anda bisa mengikuti kursus menjahit, kerajinan kayu, memasak, membuat kue, dan hal positif lain.

6. Mempelajari bahasa dan olahraga baru

Otak manusia menyimpan banyak hal yang luar biasa termasuk kemampuan berpikir Anda. Kata siapa otak akan melemah setelah Anda berusia lebih dari tiga puluh tahun? Selama Anda mau mengembangkan kemampuan berpikir dan fungsi otak, kekuatan organ vital ini akan membuat Anda takjub.

Ada banyak cara melatih kekuatan otak seperti mempelajari bahasa dan olahraga baru. Kalau Anda memiliki banyak waktu luang yang digunakan untuk bersantai, cobalah untuk mempelajari bahasa dan olahraga baru. Olahraga golf yang Anda mainkan dengan orang lain bisa meningkatkan kemampuan reaksi. Berbicara atau mengobrol dengan orang lain saja bisa membantu otak mengompensasi dan memproses info baru.

7. Menjalin pertemanan dan komunikasi dengan orang lain

Mulailah langkah atau cara melatih kekuatan otak dengan orang-orang terdekat Anda lebih dulu. Memberikan pelukan atau keramahan pada orang dekat seperti suami, orangtua atau anak akan menyediakan efek yang menenangkan pada otak. Interaksi sosial akan memberikan jalur baru pada otak sehingga kemampuan berpikir dan fungsi otak tetap optimal. Jalin pertemanan dan komunikasi dengan orang-orang baru agar otak Anda terus belajar.

Sebenarnya ada banyak cara melatih kekuatan otak mulai aktivitas fisik, belajar hal baru dan pengembangan kemampuan berpikir yang lain. Anda bisa memulai aktivitas rutin dengan bangun dan bergerak pada pagi hari. Lakukan kegiatan dengan sugesti positif supaya produktivitas Anda bisa meningkat setiap harinya. Yuk, tingkatkan kinerja otak agar Anda menjadi pribadi yang lebih baik sampai usia tua nanti! (pam)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close