fbpx
HealthHow To

Bau Mulut Tak Sedap? Inilah Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Ampuh!

Kumkel.com – Bau mulut merupakan aroma tak sedap yang keluar dari mulut seseorang karena alasan tertentu. Bau mulut bisa saja menjadi ciri utama sebuah penyakit atau  juga dampak dari sebuah penyakit. Bau mulut tidaklah mudah untuk di hilangkan.

Pasalnya bakteri di dalam mulut dapat hinggap kapan saja, karena hal – hal yang masuk ke dalam mulut seperti makanan. Selain itu, bau mulut juga bisa sangat mengganggu aktivitas seseorang. Adapun beberapa cara untuk menghilangkan bau mulut adalah sebagai berikut :

1. Minum Air Putih

Meminum air putih tentu akan menyehatkan, karena di dalam air putih terdapat banyak zat penting untuk tubuh. Namun, siapa sangka meminum air putih juga dapat menghilangkan bau mulut. Hal ini karena beberapa zat yang membuat mulut kita bau akan di ikut mengalir ke dalam perut.

2. Menyikat Gigi Secara Teratur

Menyikat gigi tidaklah susah. Namun, beberapa orang malas untuk melakukannya. Hal inilah yang menyebabkan bau mulut hinggap di rongga bagian dalam mulut. Menyikat gigi akan membuat bakteri di dalam mulut kabur. Oleh karena itu, sikatlah gigi secara teratur agar bau mulut hilang. Selain itu, jangan lupa menggunakan pasta gigi yang benar – benar terjamin kualitasnya.

3. Gunakan Obat Kumur

Mencuci mulut dengan obat kumur adalah salah satu langkah paling efektif untuk menghilangkan bau mulut. Pasalnya, obat kumur mengandung beberapa hal penting untuk mematikan kuman di dalam mulut. Anda bisa menggunakannya setiap hari secara teratur. Untuk hasil yang lebih maksimal, gunakan setelah anda selesai makan atau setelah menyikat gigi. Efek mintnya akan membuat mulut anda segar kembali.

4. Membersihkan Lidah

Lidah juga merupakan salah satu organ tubuh yang paling banyak menyimpan bakteri. Maka dari itu, anda bisa membersihkan lidah setelah gosok gigi. Gunakan pembersih lidah dengan benar, maka kotoran di dalam lidah akan hilang. Tetapi, berhati – hatilah dalam membersihkan lidah karena lidah merupakan tulang lunak.

5. Makan Permen Karet

Permen karet memiliki rasa yang berbeda dibandingkan dengan permen pada umumnya. Hal ini karena permen karet memberikan efek menenangkan saat dikunyah. Selain itu, permen karet juga dapat membuat mulut anda segar, karena mengunyah permen karet akan membuat gigi anda semakin bersih dan sehat.

6. Makan Buah atau Sayur

Buah dan sayur mengndung banyak nutrisi yang diperlukan tubuh. Tak heran jika mengonsumsi buah sangat dianjurkan untuk semua orang. Mengunyah buah dan sayur dapat membuat gigi anda semakin bersih. Hal ini dikarenakan bakteri yang menempel di gigi akan ikut terbawa dengan buah dan sayur saat di kunyah yang nantinya akan di proses di lambung.

7. Hindari Merokok

Merokok memiliki banyak dampak buruk bagi kesehatan. Selain itu, merokok membahayakan orang lain, yakni para perokok pasif. Merokok juga dapat membuat bau mulut anda tidak sedap dan gigi menjadi kuning. Maka dari itu, mulai dari sekarang kurangilah kebiasaan merokok. Perlahan namun pasti, merokok akan merusak kesehatan anda.

8. Hindari Konsumsi Alkohol

Sama halnya dengan rokok, alkohol juga sangat tidak dianjurkan, karena memiliki dampak buruk untuk kesehatan. Selain itu, beberapa efek mengonsumsi alkohol sangatlah buruk. Salah satu dampak kecilnya dapat membuat bau mulut anda tidak sedap, sehingga nantinya banyak orang yang kurang nyaman dengan anda. Maka dari itu, hindarilah alkohol agar kesehatan selalu terjaga.

9. Periksa Kesehatan Gigi

Kesehatan gigi memang salah satu hal yang harus diperhatikan, karena dengan memiliki gigi yang sehat, mulut akan terjaga kebersihannya. Hal ini tentu dapat membantu mengurangi bau mulut. Oleh karena itu, periksakan gigi dengan teratur agar sehat dan kuat.

10. Membersihkan Gigi Palsu

Jika Anda menggunakan gigi palsu, maka bersihkanlah sebaik mungkin. Hal ini dikarenakan keberishan gigi palsu juga akan mempengaruhi bau mulut anda. Kurangnya kebersihan gigi palsu dapat menyebabkan bau mulut. Maka dari itu, bersihkanlah gigi palsu secara rutin mulai dari sekarang.

Nah, itulah beberapa cara untuk menjaga kesehatan bau mulut. Semoga bermanfaat. (ym)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button