fbpx
Entertainment

10 Band Indonesia Tahun 2000an Legendaris yang Merajai Saat Itu

Industri musik Indonesia tidak bisa dilepaskan dari adanya Band-band yang sempat merajai industri musik. Mengenang kembali musik Indonesia pada tahun 2000an, perlu ada pemahaman mengenai Band-band tersebut. Untuk itu, pada pembahasan kali ini mari membahas mengenai band Indonesia tahun 2000an yang hits dan menemani masa remaja.

1. Paterpan

Siapa yang tidak kenal band yang digawangi oleh Ariel ini? Peterpan adalah band Indonesia tahun 2000an yang sangat terkenal saat itu dengan lagu-lagunya yang menghibur.Terbentuk di Bandung pada tahun 2000, Peterpan mampu meraih kesuksesan yang gemilang dengan single-singlenya yang mampu membuat orang larut dalam melodi dan musik yang asik. 

Para penggemar band ini pasti tahu cerita dibalik pergantian nama Peterpan menjadi Noah pada tahun 2012 lalu. Tahun 2009 lalu, Peterpan harus melepas sang Keyboardist Andika dan Indra untuk meninggalkan band. 

Kepergian Andika membuat kontroversi mengenai penggunaan nama Peterpan untuk band yang digawangi Ariel tersebut. Mendapat protes dari Ibu Andika saat itu, Ariel dan kawan-kawan memutuskan untuk tidak lagi menggunakan nama Paterpan. 

Sempat vakum beberapa tahun hingga tahun 2012 mereka kembali dengan nama baru yakni NOAH. Nama ini lah yang dikenal hingga kini dan mereka masih eksis hingga saat ini dalam industri musik Indonesia.

2. Ada Band

Band Indonesia tahun 2000an yang juga tidak kalah terkenalnya saat itu adalah Ada Band. Ada Band ini masuk jajaran band legendaries di Indonesia bersama Peterpan di awal tahun 2000. 

Lagu-lagu yang dinyanyikan oleh sang vokalis Baim ini memberikan kesan tersendiri bagi para penggemar dan penikmat musik di tanah air. Band yang dibentuk pada tahun 1997 ini kerap kali gont ganti personel hingga vokalisnya. 

Baim yang merupakan vokalis awal Ada Band memutuskan untuk keluar pada tahun 2001 dan digantikan oleh Donnie. Band yang populer dengan lagu ‘Manusia Bodoh’ ini kembali ditinggalkan oleh vokalisnya pada tahun 2017 lalu dan memutuskan untuk vakum.

3. Letto

Bagi pecinta musik ballad pasti tidak asing dengan band  Indonesia tahun 2000an, Letto. Suara dari sang vokalis Noe sangat cocok untuk membawakan lirik-lirik yang menenangkan. 

Bagi yang pada tahun 2000an masih berada di bangku sekolah pasti sangat akrab dengan lagu ‘Ruang Rindu’ yang dibawakan oleh band yang dibentuk tahun 2004 ini. Hampir semua lagu-lagu yang dibawakan oleh Letto ini memiliki lirik yang sangat puitis dengan makna mendalam. 

Hal ini tidak lepas dari latar belakang sang vokalis yang merupakan anak seorang penyair terkenal pada zamannya. Maka dari itu, tidak heran jika lagu yang ditulis ini layaknya syair puisi yang berpadu dengan melodi indah.

4. Samsons

Band Indonesia tahun 2000an yang juga menemani masa remaja dengan musik-musiknya yang bagus adalah Samsons. Salah satu lagu yang sangat populer dan membekas di hati para penikmat musik tanah air adalah lagu yang berjudul ‘Kenangan Terindah’. 

Seakan tidak lekang oleh waktu, lagu ini bahkan masih eksis hingga sekarang ini. Lirik-lirik lagu dari band ini terkenal sangat cocok dan indah dengan untaian kalimat yang sederhana. 

Sang vokalis Bams bersama anggota band lain sukses di kancah musik nasional dengan lagu-lagunya yang bagus. Samsons pernah vakum selama 3 tahun dan sang vokalis meninggalkan band, namun kemudian diganti oleh vokalis baru Aria Dinata.

5. Nidji

Nidji adalah salah satu band Indonesia tahun 2000an yang memiliki peran yang cukup besar dalam mengenang masa remaja. Band yang digawangi Giring ini sangat legendaries dan banyak mengisi soundtrack film maupun sinetron Indonesia. 

Salah satu lagu dai Nidji yang sangat memorable adalah ‘Laskar Pelangi’ yang merupakan soundtrack dari film berjudul serupa. Nidji bahkan menjadi band yang terkenal di kalangan generasi Z dan kalangan millennial Indonesia. 

Kesuksesan film Laskar Pelangi membuat lagu Nidji menjadi terkenal dan sukses di kancah nasional. Selain mengisi soundtrack film, mereka juga banyak menghasilkan lagu-lagu pop yang keren. Sayangnya, Nidji memutuskan untuk vakum sementara dari industri musik Indonesia.

6. Kerispatih

Band yang juga sangat Legendaris pada tahun 2000 an adalah Kerispatih cs dengan vokalisnya Sammy. Kerispatih juga banyak mengisi soundtrack film dan sinetron di tanah air bersama dengan Nidji dan seakan menjadi kenangan tersendiri. 

Kerispatih memproduksi lagu-lagu dengan lirik yang sendu dan mampu menarik minat para pecinta musik tanah air. Pada tahun 2003, Kerispatih hanya terdiri dari 4 anggota saja tanpa kehadiran vokalis di tengahnya. 

Hingga kemudian pada tahun 2004 Sammy direkrut menjadi vokalis Kerispatih dan mengiringi Kerispatih dengan suaranya yang khas. Sempat terjerat kasus narkoba, Sammy akhirnya hengkang dari grup dan digantikan oleh Fandy tahun 2010 lalu.

7. Padi

Tahun 2000an juga tidak terlewatkan tanpa Padi yang merupakan band legendaries pada tahun tersebut. Padi awalnya merupakan band yang terbentuk dari proyek seni di Universitas Airlangga yang saat itu terdiri dari 5 anggota. 

Terbentuk pada tahun 1997, Padi menyajikan musik dengan instrumen yang khas dan kemampuan anggota yang diatas rata-rata. Padi memenangkan banyak penghargaan di berbagai ajang musik nasional dan memenangkan berbagai kategori. 

Piyu sang gitaris memiliki peran besar dalam terciptanya musik dan lirik lagu dari Padi. Namun hingga 15 tahun Padi berkarya Piyu keluar dari grup untuk karir solonya sebagai musisi. Padi kemudian berganti nama menjadi Musikimia dengan anggota tersisa.

8. Gigi

Band Rock asal Indonesia yang juga terkenal pada tahun 2000 an adalah Gigi yang digawangi oleh Armand Maulana. Gigi merupakan band yang juga banyak memenangkan banyak penghargaan musik berkat lagu-lagu yang mereka produksi. 

Lagu yang sangat terkenal saat itu adalah Bohong yang berhasil merebut perhatian para pecinta musik tanah air. Gigi pernah vakum dari industri musik Indonesia, namun kembali dengan karya-karya yang menarik perhatian. 

Suara serak dari sang vokalis Armand Maulana memang cocok untuk lagu-lagu rock. Tidak hanya lagu rock, Gigi juga memproduksi lagu mellow seperti 11 Januari yang pastinya membawa kenangan pada masa remaja bersama kekasih.

9. Sheila On 7

Band Indonesia tahun 2000an yang juga sangat terkenal melalui karya-karyanya yang menarik adalah Sheila On 7. Berasal dari Yogyakarta, Sheila On 7 membuktikan diri untuk masuk dalam jajaran band legendaris di Indonesia. Genre musik Sheila On 7 ini termasuk ringan namun bisa menarik perhatian banyak remaja seperti lagunya Sephia.

10. Dewa19

Membahas band Indonesia tidak lengkap rasanya jika tidak menyertakan Dewa 19 didalamnya. Band yang terdiri dari 2 vokalis utama ini menghasilkan karya-karya luar biasa dan memenangkan berbagai penghargaan. Lagu yang sangat terkenal dari band ini adalah Pupus yang memiliki lirik yang sendu.

Nah, demikian ulasan mengenai band Indonesia tahun 2000an yang sangat legendaries dan menemani masa remaja. Band-band tersebut kebanyakan telah vakum dan sebagian lagi bubar dan membentuk band baru. Namun tidak sedikit dari band ini yang masih eksis hingga kini. (BA)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button