fbpx
Relationship

Kenali Bahasa Cinta Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Setiap pasangan memiliki panggilan kesayangan yang berbeda-beda. Sepasang kekasih menunjukkan rasa sayangnya setiap waktu dengan menggunakan bahasa cinta. Salah satu bahasa cinta dalam kehidupan yang sering diucapkan yaitu “aku cinta kamu” dan “aku sayang kamu”. Kedua bahasa cinta tersebut sudah tidak asing ditelinga Kita. Namun, ada beberapa pasangan yang jarang menggunakan bahasa cinta.

Jarang mengungkapkan rasa sayang kepada pasangan merupakan hal yang kurang baik. Pasalnya dapat menurunkan tingkat keromantisan pasangan. Mungkin sebagian pasangan malu untuk mengungkapkan rasa sayangnya secara langsung. Oleh sebab itu sebaiknya Anda mengungkapkan dengan menggunakan bahasa cinta dalam kehidupan yang lainnya.

5 Bahasa Cinta Dalam Kehidupan Selain “Aku Sayang Kamu”

Tanpa disadari banyak bahasa cinta yang dapat digunakan oleh Anda. Sebenarnya bahasa cinta dalam kehidupan tidak hanya mengenai aku sayang kamu. Ternyata masih banyak bahasa cinta yang menunjukkan kasih sayang kepada seseorang.

Gary Chapman, Ph.D, seorang konselor pernikahan yang berasal dari Amerika Serikat mengungkapkan bahwa ada beberapa bahasa cinta yang dapat diungkapkan pada pasangan. Berikut merupakan bahasa cinta dalam kehidupan menurut Garry Chapman.

1. Menghabiskan waktu berdua

Menyelesaikan pekerjaan sehari-hari membuat pasangan merasa lelah dan jarang berjumpa. Selesai bekerja, mereka memutuskan untuk istirahat untuk memulihkan energi. Pasangan yang tidak tahan, pasti akan memutuskan agar tidak meneruskan hubungan asmaranya. Padahal hal tersebut dapat diselesaikan dengan meluangkan waktu bersama.

Contohnya hari minggu, pada hari minggu tentunya tidak bekerja. Pasangan dapat menghabiskan waktu seharian lebih. Oleh karena ini menghabiskan waktu bersama termasuk ke dalam bahasa cinta. Hal ini karena memang mengungkapkan rasa cinta yang terpendam selama beberapa hari.

2. Memberi kejutan hadiah

Bahasa cinta dalam kehidupan salah satunya yaitu memberikan hadiah kepada pasangan. Sejak dulu hadiah menjadi simbol untuk mengungkapkan rasa cinta. Bahkan ada pasangan yang membelikan hadiah tanpa melihat harganya, baik itu mahal atau tidak. Paling penting mereka dapat membahagiakan pasangannya. Hadiah yang diberikan bukan dinilai dari seberapa mahal hadiah yang diberikan namun, dilihat seberapa besar usahanya dalam menghadirkan hadiah tersebut.

Hadiah yang diberikan bisa spesial atau sekedar oleh-oleh. Misalkan Anda jalan-jalan ke luar kota, kemudian Anda membawakan buah tangan kesukaan pasangan Anda. Meskipun hanya buah tangan makanan, tetapi pasangan Anda menganggapnya spesial karena dia sangat menyukainya.

3. Sentuhan fisik

Hasil study yang dilakukan oleh Shahmann & Gulledge yaitu sentuhan fisik merupakan hal penting dalam menguatkan hubungan supaya tetap romantis. Sentuhan fisik menjadi bahasa tubuh yang memiliki peranan penting dalam perkembangan perilaku serta tingkah laku sosial.

Apabila seseorang kekurangan sentuhan fisik maka bisa menyebabkan permasalahan terhadap perilaku, emosional dan kehidupan sosialnya ketika beranjak dewasa. Jadi tidak heran jika banyak yang mengungkankan cinta melalui sentuhan. Contohnya seperti memeluk, menggandeng tangan, dan mengelus kepala.

4. Tindakan

Bahasa cinta dalam kehidupan sehari-hari dapat berupa tindakan. Kasih sayang seseorang bisa diungkapkan dengan rela melakukan apa saja demi orang yang disayangi. Tindakan ini biasanya dilakukan oleh orang yang kesulitan dalam mengungkapkan cinta dengan kata-kata.

Mereka lebih memilih mengungkapkannya dalam bentuk tindakan. Misalnya rela mengantarkan pasangan selama berjam-jam untuk berbelanja, ke salon, memberikan semangat kepada pasangan ketika menyelesaikan pekerjaan.

5. Mengatakan kata-kata pujian

Terakhir yaitu mengungkapkan cinta dengan menggunakan kata pujian. Mendapatkan kata pujian dari seseorang bisa membuat seseorang lebih bersemangat. Dalam buku Words Can Cange Your Brain karangan Newbaerg & Waldman menyebutkan kata-kata pujian dapat memperbaiki fungsi otak.

Sering mendapatkan pujian mampu memotivasi kinerja otak sehingga mendorong melakukan kegiatan positif. Terkadang pasangan lebih suka memuji satu sama lain dibandingkan memberikan hadiah, karena kata pujian bisa membangkitkan semangat mereka. Contoh kata pujian yaitu kamu sangat cantik, masakan kamu enak sekali, kamu handal dalam memperbaiki semuanya dan masih banyak lainnya.

Itulah beberapa bahasa cinta dalam kehidupan yang bisa Anda ungkapkan kepada orang kesayangan. Sekarang Anda telah mengetahui bahwa bahasa cinta tidak harus mengungkapkan rasa sayang namun, biasa menggunakan bahasa cinta dalam kehidupan. (pam)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close