HealthHow ToLifestyle

Kenali Penuaan dan Cara Agar Tetap Awet Muda

Apa itu Penuaan?

Pada dasarnya penuaan adalah perubahan yang terjadi pada tubuh kita dikarenakan waktu dan kualitas hidup.

Hampir setiap orang dewasa ingin agar tetap awet muda, dan ada beberapa diantara mereka yang kelihatan lebih tua dari umur sebenarnya dikarenakan penuaan dini.

Penuaan Menurut Para Ahli.

Saat ini banyak penelitian yang dilakukan oleh para pakar dan ilmuwan mengenai proses penuaan.

Salah satu penelitian ini terfokus pada Enzim telomerase yang berfungsi melindungi telomer (bagian paling ujung dari DNA linear yang selalu berulang-ulang) dan mengurangi kerusakan DNA yang diyakini mempercepat proses penuaan.

Semakin panjang telomer, maka semakin minim resiko terjadinya kerusakan terhadap DNA dikarenakan sel-sel tubuh masih memiliki kemampuan untuk memperbarui diri.

Namun, jika semakin pendek telomer maka sel-sel akan berhenti memperbarui diri, sehingga semakin tinggi resiko terjadinya kerusakan terhadap DNA dan tubuh kita mulai mengalami proses penuaan.

Mampukah enzim tersebut direproduksi atau disintetiskan? apakah dapat bekerja dengan baik tanpa efek samping yang membahayakan?

Faktor Penyebab Penuaan.

Selain dari sudut pandang para ilmuwan, tentunya ada faktor-faktor lain yang dapat menyebabkan penuaan dini atau mempercepat proses penuaan.

Penuaan Bisa terjadi dikarenakan banyak faktor, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Kesehatan Mental.

Hal-hal yang merupakan gangguan kesehatan mental seperti : depresi jangka panjang, sering mengurung diri, kecemasan berlebihan, dapat mempercepat proses penuaan dengan memicu timbulnya keriput pada kulitmu.

2. Dehidrasi.

Kekurangan cairan pada tubuh dapat menyebabkan kulit mudah kering, diketahui, proses penuaan lebih cepat terlihat pada mereka yang memiliki kulit mudah kering.

3. Pola Tidur.

Pola tidur yang tidak teratur dapat menyebabkan kulit kusam, keriput, dan lingkaran hitam pada mata anda. 3 Hal ini jelas akan membuatmu terlihat tua.

4. Pola Makan.

Diketahui, mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak gula, lemak jahat, dan karbohidrat olahan seperti : permen, makanan instan, daging berlemak, kentang goreng, dalam jumlah berlebihan akan merusak kolagen pada kulit.

5. Sinar Ultraviolet.

Sengatan sinar matahari langsung pada pukul 10:00 – 15:00 diyakini dapat merusak elastisistas dan kelembapan kulit.
Resiko terlalu lama terkena sengatan matahari langsung yaitu, munculnya garis halus, kerutan dan membuat kulit terasa kering.
Kerutan atau garis halus ini dapat membuat dirimu kelihatan lebih tua.

6. Polusi.

Polusi diyakini dapat menyebabkan gangguan dalam pertumbuhan kolagen yang mempercepat terbentuknya keriput juga membuat wajah terlihat kusam.
Polusi yang dimaksud diantaranya adalah : polusi lingkungan, debu, asap rokok, pemakaian air yang tercampur dengan bahan-bahan kimia, dll.

7. Makeup.

Kebiasaan sering lupa menghapus make-up-mu dapat menyebabkan munculnya jerawat, keriput dan garis-garis halus sehingga wajah tampak lebih tua.
Selain itu penggunaan make-up yang tidak cocok dengan karakter wajahmu dapat memberikan kesan lebih tua.

8. Alkohol.

Alkohol bersifat diuretik yakni mampu menyebabkan dehidrasi dengan cara menarik cairan dari dalam tubuh dan membuangnya bersama urin.
Mengkonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan akan menyebabkan kulit tampak kering dan kusam.

9. Genetika.

Ada juga beberapa orang yang terlihat lebih tua dikarenakan faktor keturunan (genetik).
Gen “aging” yang terbawa sejak lahir dalam diri seseorang dapat membuat dirinya mengalami penuaan dini.
Sebaliknya, ada yang memiliki faktor keturunan untuk tetap terlihat awet muda sekalipun sudah berumur.

Bagaimana Agar tetap Awet Muda?

Setelah mengenali beberapa faktor yang dapat mempercepat penuaan, berikut ini adalah beberapa tips untuk memperlambat proses penuaan dan membuatmu terlihat tetap awet muda.

1. Perbanyak Minum Air Putih.

Memperbanyak konsumsi air putih dapat kamu lakukan untuk mengindari dehidrasi dan menjaga kelembapan kulitmu sehingga tidak mudah kering.

2. Hindari Sinar Ultraviolet Berlebih.

Gunakan tabir surya untuk mencegah atau mengurangi efek dari sengatan sinar UV berbahaya disaat kamu beraktivitas diluar rumah.
Jika sering bepergian, gunakan kacamata / topi / pakaian tertutup lainnya yang dapat melindungi kulitmu dari sinar matahari langsung.

3. Perbanyak Asupan Antioksidan.

Antioksidan yang terdapat pada buah-buahan dan sayuran bermanfaat untuk melawan radikal bebas yang berasal dari pola makan buruk, dan polusi.

4. Istirahat yang Cukup Setiap Hari.

Ketika kita beristirahat, terjadi proses regenerasi sel-sel tubuh yang dapat mencegah penuaan dini.
Untuk menjaga kesehatan mental dan tubuh, salah satunya yaitu dengan mendapatkan waktu istirahat yang cukup.

5. Olahraga Teratur.

Berolahraga dapat membantu melancarkan aliran darah, sehingga sel – sel tubuh dapat aktif beregenerasi. Selain itu, melalui olahraga kotoran dan racun dari dalam tubuh juga dapat terbuang bersama keringat.

6. Rajin Membersihkan Kulit.

Dalam menjaga agar kulit tidak mudah kusam, keriput, dan timbulnya garis-garis halus, maka dianjurkan agar kamu secara rutin untuk membersihkan kulitmu.
Bagi perempuan, biasakan untuk menghapus makeup sebelum tidur.

7. Mandi Menggunakan Air Dingin.

Mandi menggunakan air dingin diyakini dapat mengencangkan kulit.
Sebaliknya jika terbiasa mandi menggunakan air panas, ternyata dapat menyebabkan kulit kehilangan kelembapannya sehingga mudah kering dan kusam.

Kesimpulan

Cepat atau lambatnya seseorang mengalami proses penuaan tentunya tidak bisa dihindari.

Beberapa hal yang telah dibahas diatas semoga dapat membantumu untuk mengenal dan mencegah terjadinya proses penuaan dini.

Dengan menjalankan tips-tips di atas secara konsisten, kamu berpeluang untuk meningkatkan kualitas hidup secara signifikan dan selalu tampil muda.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close