Artikel

Inilah Contoh Artikel Tentang Pendidikan Yang Baik

Sesuai dengan namanya artikel tentang pendidikan adalah artikel yang membahas semua hal yang terkait dengan pendidikan. Saat ini topik pendidikan masih menjadi pembahasan yang menarik bagi semua orang karena banyak masalah yang terjadi di sana. Sebagai contoh pendidikan anak yang sering kali menjadi perhatian para orang tua.

Contoh Artikel Tentang Pendidikan Anak Usia Dini

Salah satu program pendidikan yang diluncurkan pemerintah adalah pendidikan anak usia dini. Masih terjadi pro dan kontra saat ini saat membicarakan pendidikan anak usia dini. Oleh sebab itu banyak penggiat pendidikan menulis artikel tentang pendidikan anak usia dini untuk mencerahkan. Berikut ini contoh artikel tentang PAUD yang baik dan benar:

Manfaat Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Perkembangan Anak

Di luar pro dan kontra tentang pendidikan anak usia dini, sebenarnya program ini memiliki banyak manfaat bagi perkembangan anak. Anak pada golden age memiliki perkembangan yang pesat dalam segala aspek kecerdasannya. Berikut ini manfaat-manfaat pendidikan anak usia dini bagi perkembangan anak:

1. Membuat Anak Mengikuti Aturan dengan Senang Hati

Dengan memasukkan anak ke taman pendidikan PAUD maka orang tua telah mengajarkan anak untuk mulai disiplin dan mengikuti aturan. Jika di rumah anak akan bermain terus sesuka hatinya akan lain ceritanya jika anak mulai mengikuti pendidikan PAUD.

Anak akan mulai memahami dan mengikuti aturan yang dibuat oleh gurunya dengan senang hati tanpa terpaksa. Hal ini akan sulit jika diajarkan sendiri oleh orang tua di rumah, karena anak kecil memiliki kecenderungan lebih mendengarkan orang lain dibanding orang tua sendiri.

2. Merangsang Perkembangan Emosi-Sosial

Selama berada di pendidikan anak usia dini anak akan berinteraksi dengan teman, guru, dan lainnya. Anak akan belajar bekerja sama, mengikuti aturan main dan lainnya dengan demikian anak akan mulai berinteraksi dengan tepat dengan lingkungannya.

Ketrampilan seperti ini tidak akan didapatkan jika anak hanya berada di rumah saja dan ketrampilan ini dianggap manfaat utama PAUD. Manfaat perkembangan emosi dan sosial ini akan berguna bagi anak dalam jangka panjang untuk menghadapi pergaulan di masyarakat.

3. Merangsang Keinginan Anak Belajar Calistung

Di PAUD mungkin memang belum diajarkan Calistung tapi masih pra Calistung hanya untuk merangsang anak berminat pada kegiatan tersebut. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan di dalam kelas akan merangsang anak untuk mengenal lebih jauh kegiatan membaca, menulis dan berhitung.

Mungkin untuk usia PAUD dan TK masih belajar menghubungkan huruf, tapi kegiatan ini akan sangat berguna karena anak semakin siap menulis. Begitu juga dengan minat baca yang sudah dirangsang mulai PAUD dengan berbagai permainan yang bisa merangsang anak tertarik untuk membaca. Membaca sering kali jadi ukuran orang tua untuk kesiapan anak masuk sekolah dasar.

4. Menambah Kegiatan Anak

Pada sekolah pendidikan anak usia dini anak akan diajarkan berbagai kegiatan salah satunya adalah olah raga. Ini akan menambah kegiatan anak karena mungkin anak jarang atau bahkan tidak pernah olah raga jika di rumah.

Dengan PAUD anak akan menjadi lebih sibuk dengan berbagai kegiatan yang terstruktur dan terjadwal. Anak akan mendapatkan banyak tambahan ketrampilan fisik yang mungkin tidak akan didapatkan di rumah.

5. Lebih Siap Masuk Ke Jenjang Sekolah Lanjutan

Kebiasaan yang sudah terjadi di sekolah baik PAUD atau TK akan membentuk keteraturan waktu beraktivitas anak dan kemandirian. Dengan begitu anak sudah memiliki bekal untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan lanjutannya. Anak akan lebih siap untuk menghadapi pendidikan dasar di SD setelah mengikuti pendidikan anak usia dini.

Itulah manfaat-manfaat yang diberikan pendidikan anak usia dini bagi perkembangan anak itu sendiri. Bukankah manfaatnya sangat banyak dan baik bagi anak dan orang tua dengan memberikan pendidikan usia dini pada anak. Bukanlah hal yang buruk untuk merangsang kecerdasan anak sejak dini dan ini bisa dilakukan di mana pun.

artikel tentang pendidikan

Nah itulah contoh artikel tentang pendidikan yang membahas topik pendidikan anak usia dini. Dengan melihat contoh di atas maka akan semakin mudah jika ingin membuat artikel pendidikan dengan berbagai topik.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close